kumparan
search-gray
Bola & Sports15 Mei 2020 20:44

MotoGP Prancis 2020 Ditargetkan Bergulir pada Oktober

Konten Redaksi kumparan
MotoGP Prancis 2020 Ditargetkan Bergulir pada Oktober (68926)
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi pada MotoGP Prancis 2019 Foto: twitter/yamahamotogp
Harapan untuk menggulirkan MotoGP 2020 masih ada. Hal ini ditunjukkan dengan keseriusan pengelola Sirkuit Le Mans mempersiapkan diri agar GP Prancis bisa bergulir di sana pada Oktober.
ADVERTISEMENT
Gara-gara pandemi COVID-19, ada 11 seri balapan yang ditunda dan dibatalkan Dorna Sports. GP Prancis yang harusnya digelar pada 15-17 Mei, menjadi salah satu seri balapan yang terkena imbasnya.
Dorna memang belum mengumumkan jadwal baru dari MotoGP Prancis, tapi pengelola sirkuit Le Mans optimistis bisa menggelar balapan pada awal Oktober.
Kondisi virus corona di Prancis sendiri belum mereda. Menurut data Worldometers, ada lebih dari 178 ribu kasus positif COVID-19 dengan korban meninggal dunia mencapai lebih dari 27 ribu hingga Kamis (15/5/2020). Pemerintah Prancis sebelumnya membolehkan aktivitas olahraga digelar kembali setelah September.
"Sebagai penyelenggara kejuaraan dunia MotoGP Prancis, kami bekerja terus-menerus untuk mencoba menggelar balapan di Le Mans pada dua pekan awal Oktober," tulis pernyataan tertulis di laman resmi MotoGP.
ADVERTISEMENT
"Kemungkinannya belum dikonfirmasi, tapi dalam beberapa pekan ke depan kami berharap ada perkembangan positif dari segi situasi kesehatan. Kami juga menyadari ada ketidakpastian karena aturan kerumunan massa dari pemerintah," lanjut pernyataan itu.
Di tengah kondisi penuh ketidakpastian ini, Dorna tetap menunjukkan optimisme bisa menggelar MotoGP 2020. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, sudah memberi kemungkinan balapan tahun ini hanya akan bergulir di wilayah Eropa.
MotoGP Prancis 2020 Ditargetkan Bergulir pada Oktober (68927)
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, melaju di Sirkuit Le Mans. Foto: Dok. Box Repsol
Dengan langkah itu, MotoGP musim ini besar kemungkinan hanya akan bergulir 10-12 seri. Ada beberapa skenario tambahan seperti menggelar dua balapan di sirkuit yang sama dan berlangsung tanpa penonton.
Kabar terbaru, Dorna sedang mempersiapkan seri pertama MotoGP di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 dan 26 Juli. Ezpeleta menyebut Dorna sudah menemui kesepakatan dengan pemerintah daerah Andalusia terkait rencana tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kesepakatan dengan pemerintah daerah Andalusia sudah tercapai. Kami menetapkan dasar-dasar protokol jalannya balapan. Kami menjelaskannya kepada mereka dan mereka merasa bisa menerima itu dan mengirimkannya ke pemerintah Spanyol," jelas Ezpeleta.
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white