Bola & Sports
·
6 Desember 2020 20:34

Pengamat Senior MotoGP: Marc Marquez Mungkin Absen Total di 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengamat Senior MotoGP: Marc Marquez Mungkin Absen Total di 2021 (414796)
Pebalap MotoGP untuk Repsol Honda, Marc Marquez. Foto: JOSE JORDAN / STR / AFP
Marc Marquez dipastikan tak bisa tampil penuh di MotoGP 2021. Itu karena The Baby Alien baru saja melakukan operasi ketiga pada awal Desember 2020 dan harus menjalani pemulihan hingga enam bulan.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, andai tak ada perubahan pada kalender sementara MotoGP 2021 (total 20 seri, belum termasuk cadangan), Marquez akan melewatkan sembilan seri sepanjang Maret-Juni. Si pebalap nomor 93 mungkin baru bisa comeback pada seri ke-10 di Kymi Ring, Finlandia, 11 Juli 2021.
Namun, apakah benar begitu? Pengamat senior MotoGP, Carlo Pernat, menilai bahwa Marquez boleh jadi malah tak akan turun mengaspal sama sekali di musim depan.
"Itu adalah operasi yang sangat sulit yang melibatkan beberapa spesialis. Dia akan melakukan pemeriksaan dalam sebulan untuk melihat apakah semuanya berjalan dengan baik," kata Pernat, dikutip dari GPOne.

Marc Marquez terancam tak bisa berpartisipasi di MotoGP 2021

Pengamat Senior MotoGP: Marc Marquez Mungkin Absen Total di 2021 (414797)
Pebalap Repsol Marc Marquez selama kualifikasi MotoGP Spanyol 2020 di Circuito de Jerez, Jerez, Spanyol, (18/7). Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS
"Menurut saya, banyak kemungkinan Marc tidak akan balapan di 2021, meski saya berharap itu terbukti salah dengan fakta," lanjut pria 72 tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Pernat berpendapat, kalaupun sudah selesai pemulihan enam bulan, tidak akan mudah bagi Marc Marquez untuk ujug-ujug balapan lagi. Bahkan, untuk sekadar naik motor pun mungkin dia harus kembali membiasakan diri.
"Untuk pulih setelah operasi, dia akan membutuhkan enam bulan, dan kita harus ingat bahwa dia belum pernah mengendarai motor selama setahun," tutur Pernat.
"Jadi, perlu beberapa bulan untuk melihatnya lagi dalam balapan. Setelah lama dirawat di rumah sakit, dia akan membutuhkan lebih banyak waktu," sambungnya.
Pengamat Senior MotoGP: Marc Marquez Mungkin Absen Total di 2021 (414798)
Pebalap Repsol Marc Marquez selama kualifikasi MotoGP Spanyol 2020 di Circuito de Jerez, Jerez, Spanyol, (18/7). Foto: Marcelo Del Pozo/REUTERS
Marquez mengalami cedera gara-gara terjatuh ketika balapan di seri pertama MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez pada Juli lalu. Awalnya, pebalap Honda itu diprediksi cuma akan menepi selama 2-3 balapan.
Namun akhirnya, Marquez tak pernah kembali hingga MotoGP 2020 beres. Untuk itu, sang juara dunia 8 kali mengakui kegegabahannya sekaligus juga mengkritik dokter.
ADVERTISEMENT
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.