Piala Sudirman: Tim Bulu Tangkis RI Berangkat ke Finlandia Malam Ini

21 September 2021 21:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Piala Sudirman: Tim Bulu Tangkis RI Berangkat ke Finlandia Malam Ini (11216)
searchPerbesar
Indonesia gagal melaju ke Final Piala Sudirman 2019 di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Sabtu (25/5/2019). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Tim bulu tangkis Indonesia memulai petualangan mereka di Piala Sudirman 2021. 38 anggota tim berangkat ke Vantaa, Finlandia, untuk mengikuti gelaran bergengsi itu pada Selasa (21/9) malam pukul 21:00 WIB.
ADVERTISEMENT
11 pemain putra, 9 pemain putri, 8 pelatih teknik dan fisik meluncur ke Finlandia dengan pesawat Turkish Airlines nomor TK57 via Istanbul. Selain itu, ada pula dokter, masseur, terapis, psikolog, analis video, dan anggota pendukung lain yang turut berangkat.
Rencananya, Piala Sudirman akan digelar mulai dari 26 September hingga 3 Oktober 2021. Tim Indonesia akan melakukan karantina selama empat hari sebelum mulai bertanding di Piala Sudirman. Setelah itu, ada Piala Thomas dan Piala Uber yang digelar di Denmark pada Oktober mendatang.
"Kita sudah siap. Mohon doanya dari seluruh rakyat Indonesia agar tim bisa bermain lepas dan menampilkan performa terbaik," ucap Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI jelang keberangkatan tim di bandara Soekarno-Hatta, dalam pernyataan Resmi, Selasa (21/9).
ADVERTISEMENT
"Semoga pula Indonesia bisa merebut Piala Sudirman yang sudah lama terbang untuk dibawa kembali ke Tanah Air," lanjut dia.
Piala Sudirman: Tim Bulu Tangkis RI Berangkat ke Finlandia Malam Ini (11217)
searchPerbesar
Tim RI untuk Piala Sudirman 2021. Foto: PBSI
Indonesia mengirim tim kuat untuk Piala Sudirman. Pada pos tunggal putra, ada nama Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Shesar Hiren Rhustavito.
Lalu, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma akan menjadi pilihan di sektor tunggal putri.
Peraih emas Olimpiade 2020, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu, juga dibawa ke Finlandia. Mereka akan dilapisi oleh Siti Fadia/Ribka Sugiarto.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Praveen Jordan/Melati Oktavianti juga diandalkan di sektor ganda campuran, dengan Rinov Rivaldy/Pitha Mentari sebagai pelapis. Sektor ganda putra Indonesia membawa skuad yang kuat. Ahsan/Hendra, Marcus/Kevin, dan Fajar/Rian diikutsertakan.
Piala Sudirman: Tim Bulu Tangkis RI Berangkat ke Finlandia Malam Ini (11218)
searchPerbesar
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon pada babak semi final Piala Sudirman 2019 di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China, Sabtu (25/5/2019). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Indonesia akan memulai kiprahnya di Piala Sudirman dengan bersua Rusia pada 26 September mendatang. Setelahnya, Indonesia akan bersua Kanada pada 27 September. Baru di laga terakhir fase grup, Indonesia akan bertanding melawan Denmark 29 September.
ADVERTISEMENT
"Harapan saya di Piala Sudirman kali ini bisa mendapat hasil yang maksimal. Kita punya peraih medali emas Olimpiade di ganda putri, pemain nomor satu dunia di ganda putra, Jojo dan Ginting di tunggal putra juga bagus. Merata lah kekuatannya jadi semoga tahun ini kita bisa membawa pulang Piala Sudirman," tutur Hendra Setiawan.
"Kans semua tim fifty-fifty, tergantung nanti bagaimana di lapangannya saja. Semoga semua bisa bermain lepas," ucap Hendra.
Ada sejumlah pemain muda yang ikut berangkat untuk mengikuti Piala Sudirman ini. Hendra mengaku siap mendukung para pemain muda tersebut.
"Saya senang dan welcome dengan pemain-pemain muda yang masuk tim. Sangat bagus untuk mereka karena ini menjadi pengalaman buat mereka bagaimana tampil di ajang beregu yang besar," kata Hendra. "Saya lebih banyak kasih masukkan saja ke mereka nanti," lanjut Hendra.
Piala Sudirman: Tim Bulu Tangkis RI Berangkat ke Finlandia Malam Ini (11219)
searchPerbesar
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melawan Kim Astrup/Mathias Boe di babak grup Piala Sudirman 2019. Foto: Dok. PBSI
Sementara itu, Greysia Polii meminta doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Saya lihat kebersamaan dan kekompakan tim kali ini begitu kental. Ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk merebut Piala Sudirman," ujar Greysia.
"Kami juga memohon doa restu seluruh rakyat Indonesia agar bisa bermain maksimal dan memetik sukses di Finlandia nanti," pinta peraih emas Olimpiade Tokyo bersama Apriyani Rahayu itu.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020