kumparan
29 Mei 2018 5:31

Prancis Terbuka: Hujan Ganggu Laga Perdana Rafael Nadal

Rafael Nadal di Prancis Terbuka 2018. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Prancis Terbuka adalah gelaran Grand Slam andalan Rafael Nadal. Sejak 2005, sudah 10 kali pria Spanyol itu menjadi kampiun di Roland Garros, dan salah satu gelarnya diraih pada tahun 2017 lalu. Karenanya, tak heran Nadal menatap ajang tahun ini dengan begitu antusias.
ADVERTISEMENT
Tapi apa daya, laga pertamanya di Prancis Terbuka 2018 tak berakhir seusai ekspektasi. Tidak, Nadal tidak kalah. Hanya saja, laganya di babak pertama menghadapi Simone Bolelli harus terhenti di tengah-tengah set ketiga karena hujan deras.
Pertandingan yang berlangsung Senin (28/5/2018) malam waktu setempat harus ditunda dan rencananya bergulir Selasa (30/5/2018). Padahal, Nadal sudah unggul dua set dengan skor 6-4, 6-3 di laga itu, meski di set ketiga dia sedang tertinggal 0-3 dari Bolelli.
Kemenangan petenis unggulan pertama turnamen itu pun harus tertunda. Padahal, unggulan-unggulan turnamen lainnya sudah berhasil memastikan tiket ke babak kedua, meski ada juga yang sudah angkat koper dari Roland Garros.
Novak Djokovic, pemilik satu gelar Prancis Terbuka, sudah lolos ke babak kedua. Petenis yang jadi unggulan 22 turnamen itu berhasil mengalahkan petenis asal Brasil Rogerio Dutra Silva dalam tiga set langsung dengan skor 6-3, 6-4, dan 6-4.
ADVERTISEMENT
Mengikuti jejak Djokovic, ada petenis unggulan ketujuh, Dominic Thiem. Pria berpaspor Austria itu juga berhasil menang mudah tiga set atas lawannya, Ilya Ivashka, dengan skor 6-2, 6-4, dan 6-1. Thiem sendiri merupakan semifinalis turnamen tahun lalu.
Langkah Djokovic dan Thiem juga diikuti oleh John Isner (unggulan 9), Diego Schwartzman (unggulan 11), Richard Gasquet (unggulan 29), Roberto Bautista Agut (unggulan 13), hingga Sam Querrey (unggulan 12. Namun, beberapa unggulan lain harus bernasib apes.
Seperti Stan Wawrinka, sang juara Prancis Terbuka 2015 yang harus angkat koper lebih cepat dari Roland Garos usai kalah di babak pertama. Petenis asal Swiss yang kini jadi unggulan 23 turnamen itu takluk lima set dari petenis Spanyol, Guillermo Garcia-Lopez, dengan skor 2-6, 6-3, 6-4, 6-7 (tie break 5-7), 3-6.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan