kumparan
13 November 2018 16:42

Ronald/Annisa Kalahkan Zhang/Liu, Praveen/Melati Atasi Tuan Rumah

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti
Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Ronald/Annisa Saufika seharusnya melawan Takuro Hoki/Wakana Nagahara (Jepang) di babak kualifikasi Hong Kong Terbuka 2018. Namun, keduanya mendapat promosi sehingga bisa langsung tampil di babak pertama.
ADVERTISEMENT
Di fase gugur 32 besar ini, Ronald/Annisa membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan kelima turnamen asal China, Zhang Nan/Li Yinhui. Bahkan, mereka hanya butuh 28 menit untuk merebut tiket babak kedua dari rival peringkat 12 dunia itu dengan kemenangan 21-14 dan 21-15.
Membuka gim pertama di Hong Kong Coliseum, Selasa (13/11/2018) sore WIB, pukulan Zhang yang gagal menyebrangi net membuat Ronald/Annisa unggul 1-0. Kembali tersangkut, gantian Li yang memberikan poin cuma-cuma bagi wakil Tanah Air.
Ronald/Annisa bisa menjaga keunggulan tersebut hingga 7-3, utamanya lewat kesalahan-kesalahan Zhang/Liu. Setelah itu, skor tertahan menjadi 7-7 karena pertahanan Ronald/Annisa beberapa kali dibobol.
Namun, ganda campuran peringkat 30 dunia ini bisa kembali mengamankan keunggulan, kali ini di skor 10-8. Satu pengembalian tak sempurna dan satu pukulan out membuat Ronald/Annisa mengubah skor menjadi imbang 10-10. Beruntung, satu pukulan Zhang yang melebar keluar membuat Ronald/Annisa unggul 11-10 di interval.
ADVERTISEMENT
Setelah jeda, permainan menjadi alot. Skor tertahan dari 11-11 ke 12-12. Berikutnya, Ronald/Annisa sudah bisa mengunci permainan dan unggul 18-14, sementara rival asal China itu masih sering melakukan kesalahan sendiri.
Game point 20-14 disegel Ronald/Annisa, satu smes keras Annisa yang tepat membelah ke tengah Zhang/Liu membuat gim pertama bisa ditutup dengan keunggulan 21-14.
Di gim kedua, Zhang/Nan tertinggal jauh. Keduanya hanya bisa menciptakan skor imbang di angka 1-1 dan 2-2. Selain itu, torehan skor Ronald/Annisa tidak terkejar, termasuk kala mengunci keunggulan 8-6 ke 12-6.
Match point kemudian dipastikan di skor 20-14. Meski sempat berubah menjadi 20-15, jumping smash Ronald mampu membuat shuttlecock Li Yinhui tersangkut. Dan, tiket ke babak kedua berhasil direbut Ronald/Annisa lewat keunggulan 21-15 di gim kedua ini.
ADVERTISEMENT
Setelah kemenangan itu, laga berlanjut dengan jadwal pertandingan antara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Chang Tak Ching/Ng Wing Yung (Hong Kong), masih di court yang sama.
Praveen/Melati bisa melanjutkan tren positif Ronald/Annisa dan melaju ke 16 besar. Melawan wakil tuan rumah, Praveen/Melati menang tiga gim dengan skor akhir 18-21, 21-15, dan 21-15 lawan Chang/Ng selama 46 menit di babak pertama Hong Kong Terbuka 2018.
Ganda campuran Praveen/Melati
Penampilan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Jepang Terbuka 2018. (Foto: Dok. PBSI)
Pada gim pertama, Praveen/Melati sempat tertinggal 0-2, sebelum menyamakannya menjadi 2-2. Chang/Ng kemudian "ngebut", membuat Praveen/Melatih tertinggal 2-6 dan 6-11 di interval gim.
Usai jeda, laga mulai sengit. Praveen/Melati mengejar di skor 14-15, tapi tak dimungkiri bahwa beberapa poin yang mereka dapat merupakan bonus dari kesalahan lawan. Di luar itu, smes Praveen juga masih moncer membobol pertahanan Chang/Ng.
ADVERTISEMENT
Kendati begitu, Praveen/Melati hanya sebatas mampu memberikan perlawanan ketat. Sampai akhir gim pertama, tidak sekali pun mereka bisa melampaui perolehan poin Chang/Ng. Lalu, ketika pukulan Melati jatuh di bidang sendiri, gim pertama pun lepas. Chang/Ng memenanginya dengan kedudukan 21-18.
Di gim kedua, Praveen/Melati sudah bisa mengunci pola permainan di menit awal. Hasilnya langsung terlihat: Mereka bisa unggul jauh 11-6 saat interval. Dominasi ini berlanjut ketika mereka mendapatkan game point pada kedudukan 20-14.
Melati tampil lebih agresif ketika melihat kans untuk menyamakan kedudukan ada di depan mata. Sebuah sambarannya di depan net pun memastikan gim kedua itu menjadi milik dirinya dan Praveen. Mereka unggul 21-15.
Pada gim penentuan, Praveen/Melatih berhasil menjaga konsistensi, meskipun Chang/Ng masih memberikan perlawanan ketat. Skor sempat sama kuat pada angka 3-3, lalu 5-5. Meski begitu, Praveen/Melati berhasil mengatasi agresivitas sang lawan dan unggul 11-5 saat interval.
ADVERTISEMENT
Smes-smes keras Praveen dan pergerakan liat Melati menjadi kunci. Tidak jarang pula Melati menyambar shuttlecock tepat di depan net.
Praveen/Melati pun terus unggul, pertama-tama 17-10 lalu 19-15. Match point 20-15 lantas dikemas ketika Chang/Ng salah berkordinasi dan membiarkan pukulan Melati masuk. Pada akhirnya, smes Praveen memastikan keunggulan 21-15 dan merebut tiket babak kedua Hong Kong Terbuka 2018 dari rival tuan rumah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan