kumparan
13 November 2018 14:11

Ruselli dan Dinar Lolos ke Babak Pertama Hong Kong Terbuka 2018

Ruselli Hartawan
Penampilan Ruselli Hartawan di kualifikasi Hong Kong Terbuka 2018. (Foto: Dok. PBSI)
Dua tunggal putri Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Ruselli Hartawan dan Dinar Dya Ayustine, harus lebih dulu melakoni kualifikasi pada Selasa (13/11/2018) untuk mengikuti Hong Kong Terbuka 2018 BWF World Tour Super 500.
ADVERTISEMENT
Hasilnya, Ruselli dan Dinar lolos ke babak pertama turnamen Level 4 berhadiah total 400 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 5,8 miliar ini. Bertanding di Hong Kong Coliseum, Ruselli lebih dulu mengamankan tiket ke 32 besar.
Melawan wakil Taiwan, Lee Chia Hsin, Ruselli menang mutlak dua gim langsung dengan skor 21-7 dan 21-16 selama 20 menit. Gim pertama sangat mudah dikuasai Ruselli hingga merengkuh keunggulan 18-6.
Kesalahan Lee juga menyumbang cukup banyak poin untuk Ruselli. Usai pertandingan, Ruselli mengatakan, babak kualifikasinya ini dijadikan sebagai ajang mencoba lapangan pertandingan.
"Saya belum bisa mengukur penampilan saya karena lawan tidak bermain di kemampuan terbaiknya. Pada pertemuan sebelumnya, pertandingan kami cukup ramai. Soal pertandingan tadi, saya memanfaatkan pertandingan ini untuk uji coba lapangan," kata Ruselli dilansir laman resmi PBSI, Selasa (13/11).
ADVERTISEMENT
"Kondisi lapangannya cukup baik, tapi shuttlecock agak berat. Targetnya mau tampil maksimal dulu. Di babak pertama saya akan bertemu Chen Xiaoxin dari China. Bola-bola belakangnya lumayan bagus. Peluang saya tetap ada," ujarnya.
Kemudian, dari court berbeda, kabar baik selanjutnya diteruskan Dinar Dya Ayustine yang mengalahkan pemain Taiwan lain, Chiang Ying Li. Hanya, Dinar harus berjuang di tiga gim dengan skor akhir 24-26, 21-12, dan 21-11 selama 50 menit pertandingan di kualifikasi Hong Kong Terbuka 2018 ini.
Usai pertandingan, Dinar cukup menyesal kala kehilangan momen di keunggulan 20-18. Dengan pengembalian yang sulit dari Chiang, Dinar banyak melakukan kesalahan sendiri dan balik tertinggal 24-26.
"Kontrol bola lawan cukup baik, lob dan chop-nya bagus. Di game pertama, saya terbawa permainan lawan yang pelan, pemain Taiwan memang stroke-nya bagus," kata Dinar kepada PBSI.
ADVERTISEMENT
"Di game kedua dan ketiga, dia seperti sudah habis, jadi pergerakannya lambat dan serangan saya bisa menembus pertahanannya. Sebelumnya saya pernah juga bertemu dia dan kalah. Permainan dia cukup bagus, bola-bola tipuannya bagus," imbuhnya.
Di babak pertama yang berlangsung pada Rabu (14/11), Dinar dijadwalkan bertemu Cheung Ngan Yi (Hong Kong). Jika lolos ke babak kedua, Tai Tzu Ying kemungkinan besar menjadi lawan Dinar.
Adapun bagi Ruselli, jika mampu melewati Chen Xiaoxin (China), maka Sayaka Sato yang merupakan andalan Jepang atau Ratu Bulu Tangkis Thailand, Ratchanok Intanon, siap menjadi penghalang di babak kedua Hong Kong Terbuka 2018.
PBSI sendiri tidak menurunkan Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani di Hong Kong. Lengkapnya sektor tunggal tersaji di skuat putra dengan hadirnya Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Ihsan Maulana Mustofa. Ketiga tunggal putra pun akan bertanding di babak pertama pada Rabu (14/11).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan