kumparan
17 Desember 2019 13:36

Tanpa Doncic, Mavericks Putus Rentetan 18 Kemenangan Bucks

Bucks, Mavericks (P)
Kristaps Porzingis menembak bola. Foto: USA Today via Reuters/Jeff Hanisch
Dallas Mavericks punya segudang alasan untuk menyerah sebelum berperang pada Selasa (17/12/2019) pagi WIB. Sebab, mereka harus bertamu ke markas jagoan Wilayah Timur, Milwaukee Bucks, tanpa pemain bintangnya, Luka Doncic.
ADVERTISEMENT
Sehari sebelumnya, Doncic divonis menderita cedera pergelangan kaki. Pemuda asal Slovenia itu diharuskan absen setidaknya sampai dua pekan. Selain melawan Bucks, Doncic diprediksi akan melewatkan pertandingan kontra Boston Celtics, Philadelphia 76ers, dan Toronto Raptors.
Itu baru satu kabar buruk. Kabar buruk lainnya, Bucks sedang panas-panasnya. Jelang partai di Fiserv Forum ini, Bucks memegang rekor 18 kemenangan tanpa putus. Plus, tentu saja, Bucks memiliki pemain bintang yang sulit sekali ditandingi dalam diri Giannis Antetokounmpo.
Di atas kertas, Bucks semestinya bisa mengatasi perlawanan Mavericks. Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian. Di ujung cerita, tim tamulah yang sukses keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 120-116. Kemenangan ini memantapkan Mavericks di urutan tiga Wilayah Barat.
Bucks, Mavericks (C)
Guard Mavericks, Delon Wright, beraksi di laga melawan Bucks. Foto: USA Today via Reuters/Jeff Hanisch
Kunci kemenangan Mavericks ada di kuarter pertama. Lewat kontribusi pemain-pemain seperti Kristaps Porzingis dan Seth Curry, waralaba asal Texas itu berhasil mengoleksi 36 poin dan unggul sampai tujuh bola atas tim tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Keunggulan 14 angka itu memberikan bantalan bagi Mavericks untuk menjalani sisa laga tanpa terlalu khawatir. Meskipun Bucks akhirnya bisa bangkit, terutama di kuarter kedua dan keempat, Mavericks tetap bisa menjaga keunggulan dan meraih kemenangan.
Di laga ini sendiri Antetokounmpo menggila. Megabintang asal Yunani tersebut mencatatkan 48 poin dan 14 rebound. Namun, kolektivitas Mavericks membuat itu semua jadi tak berarti.
Meskipun Porzingis sebagai topskorer Mavericks hanya bisa meraih 26 poin, bantuan yang dia dapat dari rekan-rekannya sangat besar. Total, ada lima pemain Mavericks lain yang berhasil mencatatkan poin dua digit, termasuk Curry. Sebaliknya, dari kubu Bucks, hanya ada tiga yang bisa melakukan itu selain Antetokounmpo.
Syukurnya, Bucks belum tergeser dari puncak klasemen menyusul kekalahan ini. Mereka masih unggul empat kemenangan atas Sixers yang duduk di urutan kedua klasemen.
ADVERTISEMENT
Spurs Buang Keunggulan dan Akhirnya Takluk
Houston Rockets
Russell Westbrook dan James Harden merayakan kemenangan Rockets atas Spurs. Foto: USA Today via Reuters/Troy Taormina
Dalam 'Derbi Texas' yang berlangsung di Toyota Center, tuan rumah Houston Rockets berhasil membalikkan situasi tatkala berhadapan dengan San Antonio Spurs. Setelah tertinggal selama tiga kuarter, Rockets akhirnya bisa memetik kemenangan 109-107.
Kemenangan Rockets ini tak bisa dipisahkan dari peran dua bintangnya, Russell Westbrook dan James Harden. Dari dua orang ini lahir 59 poin, termasuk dua angka krusial yang jadi penentu kemenangan di pengujung laga. Khusus Westbrook, dia juga mencatatkan 10 rebound.
Hasil ini jelas tidak membantu Spurs yang terancam gagal lolos ke playoff untuk kali pertama sejak 1997. Tim asuhan Gregg Popovich itu kini terpaku di urutan 12 klasemen Wilayah Barat, sedangkan Rockets mantap di peringkat lima dengan rekor 18-9.
ADVERTISEMENT
Hasil lengkap NBA, Selasa (17/12/2019):
Detroit Pistons 119-133 Washington Wizards
Toronto Raptors 133-113 Cleveland Cavaliers
Houston Rockets 109-107 San Antonio Spurs
Memphis Grizzlies 118-111 Miami Heat
Milwaukee Bucks 116-120 Dallas Mavericks
OKC Thunder 109-106 Chicago Bulls
Phoenix Suns 110-111 Portland Trail Blazers
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan