Bola & Sports
·
20 September 2019 15:01

Tekuk Wakil India, Anthony Ginting ke Semifinal China Terbuka

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tekuk Wakil India, Anthony Ginting ke Semifinal China Terbuka (129031)
Pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok pada babak kedua Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubara
Harapan Indonesia pada sektor tunggal putra di China Terbuka 2019 masih hidup usai Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak semifinal. Tiket didapatkan Anthony usai mengalahkan wakil India, Sai Praneeth, Jumat (22/9/2019) sore WIB.
ADVERTISEMENT
Berlaga di Court 2 Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, China, Anthony kudu melewati pertarungan tiga gim. Setelah bertanding selama 55 menit, Anthony akhirnya memastikan kemenangan 16-21, 21-6, dan 21-16.
Anthony sudah tertinggal jauh sejak awal gim pertama dengan skor 1-5, pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat, itu tak mampu merebut momentum dari Praneeth sehingga kian tertinggal 3-8. Praneeth pada akhirnya mampu unggul 11-4 saat interval.
Keunggulan cukup jauh ini bikin wakil India bermain lebih tajam dan kuat dalam bertahan selepas interval. Reli-reli panjang yang intens tersaji bisa dilewati Praneeth untuk menjaga momentum meski sempat dikejar menjadi 14-11.
Sebaliknya, Anthony yang bisa mengejar tak mampu melanjutkan momentum itu karena beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Alhasil, pengembalian keluar dari Anthony bikin Praneeth mampu merebut gim pertama dengan kemenangan 21-15.
ADVERTISEMENT
Apa yang terjadi di gim pertama tak diulangi oleh Anthony saat melakoni gim kedua. Pemain berusia 22 tahun tersebut langsung tancap gas dengan meneror Praneeth lewat serangan bertubi. Memang, skor sempat ketat di awal dengan 4-4.
Namun, setelah unggul 5-4, Anthony mampu melanjutkan performa ciamiknya dengan menutup interval gim kedua dengan 11-5. Praneeth tak memberi perlawanan berarti setelahnya, sehingga Anthony mampu menutup gim kedua dengan kemenangan telak 21-6.
Tekuk Wakil India, Anthony Ginting ke Semifinal China Terbuka (129032)
Pebulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok pada babak kedua Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubara
Gim pemungkas berjalan ketat pada awalnya, Anthony cuma unggul tipis 3-2. Sempat menjauhkan angka menjadi 6-3, Praneeth perlahan mendekatkan jarak 5-6 dan akhirnya menyamakan 6-6. Skor ini terjadi tak terlepas dari kesalahan beruntun yang dilakukan oleh Anthony.
Momentum ini bisa dilanjutkan Praneeth untuk membalikkan kedudukan menjadi 7-6, 8-6, dan akhirnya masuk ke interval dengan keunggulan 11-7. Namun, Anthony mampu menahan momentum sang lawan berlanjut setelah interval.
ADVERTISEMENT
Perlahan tapi pasti, Anthony dengan skema serangan drop shot dan permainan depan net mampu menyamakan skor menjadi 12-12 dan 13-13, lalu berbalik unggul 15-13. Lantas, smes-nya yang tak bisa dikembalikan Praneeth bikin keunggulan menjadi 16-13.
Meski reli-reli panjang terjadi setelah skor ini, Anthony bisa konsisten menjaga pola permainan yang bikin Praneeth kerap mati langkah mengejar bola di depan net. Setelah unggul 19-15, Anthony akhirnya memastikan kemenangan dengan 21-16.