kumparan
21 Januari 2020 14:15

Tidak Kapok, Rossi Kembali Jajal Motocross Sebelum Arungi MotoGP 2020

Valentino Rossi
Sebelum MotoGP 2020, Valentino Rossi berlatih motocross. Foto: Instagram: valeyellow46
Valentino Rossi memang tak punya rasa kapok. Sebelum mengarungi MotoGP 2020, pebalap berusia 40 tahun tersebut kembali menjalani persiapan dengan membalap motocross.
ADVERTISEMENT
The Doctor sempat dilarang menjajal olahraga ekstrem tersebut selama dua tahun ke belakang. Alasanya karena Rossi sempat mengalami cedera parah usai kecelakaan motocross di bulan Agustus 2017.
Saat itu Rossi mengalami patah tulang tibia dan fibula di kedua kakinya sehingga absen di GP San Marino. Tiga bulan sebelumnya, Rossi juga kecelakaan saat berlatih motocross.
Loading Instagram...
Akan tetapi, ketika itu Rossi 'hanya' terluka di bagian dada dan perut sehingga masih mampu mengikuti GP Italia. Dua kecelakaan beruntun di 2017 dan sederet larangan dari kerabat dan ayahnya, Graziano Rossi, ternyata tak bikin Rossi kapok kembali ke lintasan motocross.
Dalam beberapa hari sejak pekan lalu, Rossi bersama pebalap MotoGP lain beserta murid-muridnya di VR46 Academy berlatih dengan motocross di Tre Ponti Mx Track, Ravenna, Italia.
ADVERTISEMENT
"Ini (motocross) adalah latihan yang sudah saya lakukan sejak berumur 18 tahun dan sesuatu yang sudah saya lakukan lebih dari 200 kali," kata Rossi pada 2017 lalu setelah kecelakaan.
Valentino Rossi
Valentino Rossi menjajal motocross. Foto: Instagram: valeyellow46
Dari unggahan di Instagram pribadinya, Rossi terlihat beraksi di atas lintasan tanah. Beberapa pebalap MotoGP seperti Marc Marquez memang memilih motocross untuk mempersiapkan diri mengarungi balapan satu musim.
"Anda harus bereaksi sangat cepat untuk menemukan cara agar tidak kehilangan kecepatan. Motocross sangat membantu untuk mencegah kecelakaan atau merespons motor dengan lebih baik saat membalap di MotoGP," jelas Marquez kepada Speedweek tahun lalu.
Rossi sendiri akan kembali turun ke lintasan balap MotoGP dalam uji coba pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan