kumparan
20 Agustus 2019 17:04

Timnas Basket 3x3 Putra Targetkan Emas SEA Games

Basket 3x3
Aksi tim putra Indonesia di Basket 3x3. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) membentuk Timnas Basket 3x3 putra untuk berlaga di SEA Games 2019. Sebanyak 15 pemain dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) mulai Selasa (20/8/2019).
ADVERTISEMENT
Basket 3x3 merupakan cabang anyar di SEA Games. Ya, sebagai salah satu negara yang lekat dengan basket, tuan rumah Filipina menggelar cabang ini untuk SEA Games tahun ini.
Karena masih baru, maka PP Perbasi berani menargetkan merebut medali emas. Pasalnya, peta kekuatan negara-negara pesaing juga belum jelas.
“Target kami medali emas. Ini ‘kan sama-sama tidak tahu kekuatan lawan-lawan. Basket 3x3 baru pertama di SEA Games. Saya percaya target tersebut sanggup diwujudkan Timnas Basket 3x3,” tutur Danny Kosasih sebagai Ketua PP Perbasi.
Persiapan Timnas Basket 3x3 pun dibuat matang. Anak asuh Ali Budimansyah bahkan merancang pemusatan latihan dan try out di luar negeri.
“Sekarang ada 15 pemain, tersisa 14 karena satu pemain cedera. Besok akan diseleksi dan dikerucutkan menjadi delapan pemain. Tanggal 6-9 September nanti ada turnamen FIBA 3x3 di Maladewa," ujar Rama Datau, manajer Timnas Basket 3x3, Selasa (20/8).
Basket 3x3
Aksi Indonesia di 3x3 Asia Challenge 2017. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho
"Kami juga masih komunikasi dengan FIBA untuk mengikuti turnamen lain. Soalnya, dari delapan pemain itu, empat pemain tampil di Maladewa, empat pemain lain di turnamen lain,” katanya.
ADVERTISEMENT
Tak kelar di situ, try out terakhir sebelum berlaga di SEA Games, digelar di Serbia. Rama menuturkan pemilihan Serbia lantaran negara tersebut terkenal kuat dan paling berkembang dalam basket 3x3.
“Tim butuh menguatkan mental berlaga di internasional. Setelah pulang dari dua turnamen, skuat dikerucutkan menjadi enam pemain. Nah, enam pemain itu akan pelatnas seminggu di Serbia pada Oktober sekaligus latih tanding.
Sepulang dari Serbia, Timnas Basket 3x3 putra masih meminta bermain di dua turnamen untuk persiapan final. Setelah itu, barulah dipilih empat pemain terbaik yang akan dibawa ke SEA Games.
“Kami masih meminta FIBA untuk ikut minimal dua turnamen lagi. November sudah dikerucutkan menjadi empat pemain,” kata Rama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan