Bola & Sports
·
13 Oktober 2020 19:57

Tips Sehat #YogaDiRumahAja dari Aprishi Allita

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Sehat #YogaDiRumahAja dari Aprishi Allita (243433)
Ilustrasi Yoga. Foto: Shutterstock.
Berada di rumah aja di masa pandemi ini bukan berarti tubuh tidak perlu bergerak aktif. Di rumah pun, kamu bisa melakukan olahraga dan berbagai aktivitas fisik. Justru, di masa seperti ini, berolahraga teratur semakin penting agar daya tahan tubuh semakin baik dan kesehatan terjaga.
Salah satu olahraga yang kini cukup populer dilakukan ketika di rumah adalah yoga. Tidak perlu repot membeli banyak peralatan; dengan matras dan pakaian yang nyaman pun kamu bisa melakukan yoga. Yoga juga bukan hanya baik untuk fisik, tapi juga pikiran.
Karena Yoga memiliki banyak manfaat, dan cukup digemari, Sun Life Indonesia dan kumparan mengajak lebih banyak masyarakat untuk yoga di rumah melalui Positive Talks bertajuk “Tetap Sehat dengan #YogaDiRumahAja”.
Positive Talks tersebut diadakan via Zoom pada Rabu (29/4) pukul 16:00–17:30 WIB. Aprishi Allita selaku guru yoga dan meditasi berbagi mengenai tips yoga, bahkan mempraktikkan sendiri gerakan-gerakan yoga di rumahnya.
Menurut guru yoga yang kerap disapa Prishi ini, bagi yang sudah terbiasa berolahraga di rumah, bisa melakukan kardio 1-2 kali sehari seperti jalan, treadmill, bersih-bersih, lalu ditambah dengan stretching 2-3 kali dengan yoga. Sementara itu, bagi yang baru memulai rutinitas disarankan berolahraga dengan porsi yang lebih ringan.
Prishi juga memberikan tips bagi yang ingin berolahraga saat puasa.
“Untuk yang berpuasa, aku sarankan kurangi olahraga berat yang pastinya memicu jantung seperti kardio yang berat, alat olahraga di rumah yang berat. Aku sarankan tetap kardio seperti jalan di dalam rumah, bersih-bersih, aktivitas fisik lainnya. Itu bisa dilakukan satu hingga dua kali sehari, tergantung masing-masing individu. Kuncinya adalah listen to your body,” ujar Prishi.
Prishi sendiri memilih yoga sebagai olahraga yang sering ditekuninya karena berbagai alasan. "Yoga tidak terlalu membutuhkan ruang yang lebar, terus bisa kapan aja. Umur berapa pun dari orang tua hingga anak kecil bisa melakukannya. Yoga juga bisa dijadikan momen spending time together dengan keluarga," tuturnya.
Terlebih, di masa pandemi ini, yoga bisa berguna sebagai aktivitas fisik positif untuk menghabiskan waktu di rumah aja sekaligus mengurangi rasa khawatir akan situasi yang terjadi.
"Kita tidak akan terlalu khawatir karena yoga bisa merelaksasikan pikiran. Jadi ketika pikirannya sudah lebih tenang dan rileks, maka dia tidak lagi merasakan kekhawatiran atau kecemasan," jelas Prishi.
Kemudian dalam Positive Talks kali ini, Prishi juga mempraktikkan berbagai gerakan yoga sederhana yang bisa diikuti pemula. Mulai dari menarik dan mengembuskan napas perlahan, stretch tangan dan kaki ke atas, bawah, dan samping, serta posisi-posisi dasar yoga.
Para peserta yang mengikuti Positive Talks tersebut sangat antusias, terutama kala peserta mempraktikkan gerakan yang dicontohkan Prishi di rumah. Kelas tersebut diikuti oleh berbagai usia; bahkan ada ibu yang ditemani anaknya ketika yoga.
Prishi juga memberikan tips yoga bagi pemula. Bagi yang baru memulai, jangan paksakan untuk melakukan gerakan yoga yang sulit, jika sudah sampai batasnya maka tidak usah dipaksakan. Jika lelah, boleh duduk atau istirahat kapan pun, dan jika haus boleh diselingi minum bagi yang tidak berpuasa. Mengutip kalimat Prishi, listen to your body.
Untuk pemula, disarankan waktu yoga 45 menit. Setelah itu, baru bisa ditambahkan 60 hingga 90 menit. Setelah selesai praktik yoga, para peserta mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan Prishi untuk bertanya-tanya.
Dengan berbagai manfaat dari yoga di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba dan membiasakan olahraga ini terlebih ketika masa physical distancing di rumah aja. Yuk, #YogaDiRumahAja!
#YogaDiRumahAja merupakan rangkaian ketiga dari kelas Positive Talks bertajuk “Mental Sehat, Fisik Kuat, Pandemi Lewat”. Ada berbagai topik menarik seputar kesehatan mental, fisik, hingga finansial yang akan bermanfaat di masa pandemi ini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Sun Life Indonesia