kumparan
3 Januari 2020 19:01

Valentino Rossi Akan Tentukan Masa Depannya di Pertengahan MotoGP 2020

Valentino Rossi
Valentino Rossi di tes pramusim MotoGP 2020. Foto: PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP
Valentino Rossi sudah melihat ujung kariernya di MotoGP. Menilik kontraknya bersama Yamaha, musim 2020 bisa menjadi perjalanan terakhir The Doctor di balapan motor paling elite sejagat.
ADVERTISEMENT
Waktu yang dimiliki Rossi untuk menentukan masa depan pun tak terlalu lama. Sosok yang akan berusia 41 tahun pada 16 Februari itu mengisyaratkan setidaknya bakal mengumumkan kelanjutan karier di pertengahan musim 2020.
"Saya berharap punya waktu lebih lama untuk berpikir, tapi sayangnya di MotoGP sekarang semua ditentukan awal tahun. Saya butuh lebih banyak waktu, mungkin di pertengahan musim nanti," kata Rossi kepada La Gazzetta dello Sport.
"Saya akan berbicara lebih dulu dengan Lin Jarvis dan Yamaha untuk mengetahui bagaimana mereka melihat situasi saya sekarang," tutur pemilik 115 kemenangan di MotoGP tersebut.
Valentino Rossi
Valentino Rossi finis ketiga di GP Italia 2018. Foto: TIZIANA FABI/AFP
Meski usianya semakin senja, Rossi tak menutup rapat-rapat kemungkinan untuk terus melanjutkan karier di MotoGP. Namun, dengan mempertimbangkan performanya di musim depan lebih dulu.
ADVERTISEMENT
Penampilan Rossi di musim 2019 lalu terbilang jauh dari memuaskan. Dari 19 seri, Rossi cuma dua kali naik podium tanpa pernah juara. Di klasemen akhir pebalap, Rossi cuma ada di peringkat ketujuh.
"Saya banyak berdiskusi dengan ayah dan ibu saya. Mereka ingin saya terus balapan, tapi Anda harus realistis. Saya ingin-ingin saja terus balapan, tapi kami harus lebih kompetitif dari musim lalu," jelas Rossi.
"Jika tidak lebih baik, ada baiknya saya tidak memperpanjang kontrak dan menurut saya semua akan baik-baik saja setelahnya," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan