kumparan
26 April 2019 9:59

10 Tahun ZAP: Dari Door to Door ke 1 Juta Treatment Kecantikan Setahun

Fadly Sahab, CEO & Founder ZAP Clinic
Fadly Sahab, CEO & Founder ZAP Clinic. Foto: Media Buffet
Bisnis di dunia kecantikan menjadi salah satu bisnis yang kian berkembang dan menggiurkan di Tanah Air. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya brand kecantikan lokal yang kian menjamur, juga klinik-klinik kecantikan yang berlomba-lomba menawarkan treatment terbaik mereka. Salah satunya, ZAP.
ADVERTISEMENT
ZAP atau yang lebih dikenal dengan ZAP Clinic, hadir sejak 2009 silam, dan telah melalui berbagai lika-liku bisnis untuk tetap bergengsi di dunia kecantikan Indonesia. Mulanya, ZAP Clinic adalah sebuah layanan berkonsep home service untuk treatment hair removal menggunakan laser. Pelayanan door to door itu dilakoni hingga tahun 2013.
Melihat perkembangan dan peluang yang besar, di 2014, Fadly Shahab, pendiri ZAP Clinic, akhirnya memutuskan untuk 'mentransformasi' servis tersebut menjadi klinik kecantikan khusus perempuan berbasis laser.
"Jadi kita mulai ZAP Clinic ini dari nol. Modal saya sendiri pun dulu tidak lebih dari 50 juta. Kini, di 2018 kemarin, setidaknya kami sudah melakukan satu juta lebih treatment kecantikan untuk pelanggan dalam setahun," papar Fadly Sahab, pendiri ZAP Clinic di Blue Jasmine Restaurant, Jakarta Selatan, Kamis (25/4).
ZAP Premiere laser, ZAP Clinic
ZAP Premiere teknologi laser spesialis kulit dan kelamin. Foto: Nuryatin Phaksy Sukowati/kumparan
Dari door-to-door dan bermodal di bawah 50 juta, dalam perjalanan 10 tahun, kini ZAP terus tumbuh dengan memiliki 900 lebih karyawan yang 94 persen didominasi oleh perempuan, 170 lebih dokter estetika, 35 dokter spesialis kulit kelamin, dan 38 cabang di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Mesin laser kami juga bisa dibilang peralatan kecantikan paling mahal dan canggih di dunia. Sekarang sudah ada 50 unit mesin Alma Rejuvenation dari Jerman, dan 19 unit Fotona dari Slovania," tambahnya.
ZAP Clinic pun menghadirkan ZAP Premiere yang mengusung konsep five star beauty clinic. ZAP Premiere dikhususkan untuk penanganan dan servis kecantikan yang lebih kompleks dari dermatologis profesional. Sedangkan ZAP Clinic, lebih fokus ke perawatan kulit untuk masalah sehari-hari.
Loading Instagram...
Keunikan dari treatment laser di ZAP ini adalah biayanya yang terbilang sangat terjangkau. Contohnya, di ZAP Clinic, Anda sudah bisa melakukan prosedur kecantikan menggunakan laser dimulai dengan harga Rp 199 ribu hingga Rp 1 juta saja. Dan di ZAP Premiere, perawatan laser tersebut berkisar dengan harga Rp 299 ribu hingga Rp 4 juta.
ADVERTISEMENT
"Semua ini menggunakan teknologi dari Jerman dan dilakukan oleh dokter ahli. Jadi memang kami tawarkan terjangkau dengan berbagai jenis prosedur laser. Mulai dari Photo Facial, Acne Treatment, PRP, dan masih banyak lagi," jelasnya.
ZAP Clinic
ZAP Clinic Foto: ZAP Clinic
Tak sampai disitu, mengawali 10 tahun berjaya di industri kecantikan, ZAP juga akan menghadirkan perawatan khusus untuk pria, yang disebut MEN/O/LOGY. Sama seperti ZAP Clinic dan ZAP Premiere, MEN/O/LOGY akan berfokus pada teknologi laser dengan menggabungkan tema barber dan grooming.
"Rambut itu kan jadi concern utama pria, jadi di MEN/O/LOGY ini kami akan menghadirkan treatment khusus rambut untuk pria, seperti pencegah kebotakan, pemulihan rambut, hingga menjaga agar rambut tetap hitam," tambahnya.
MEN/O/LOGY akan hadir di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, dengan rencana pembukaan di pertengahan Juni 2019. Kita nantikan saja, ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan