kumparan
search-gray
Woman2 Januari 2018 16:30

10 Tips Makeup untuk Kamu si Pemilik Wajah Kering

Konten Redaksi kumparan
Gunakan tips ini untuk wajah kering
Gunakan tips ini untuk wajah kering. (Foto: Pexels)
Jenis kulit apa yang kamu miliki? Kulit berminyak? Atau kulit kering?
ADVERTISEMENT
Biasanya, kulit kering sering mengalami permukaan yang kasar dan mengelupas. Hal inilah yang kadang menjadi kendala untuk membuat pulasan makeup dengan hasil yang halus dan mulus, tanpa adanya kesan 'cakey' pada wajah. Namun, sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan makeup yang baik untuk kulit wajah kering.
Dilansir Boldsky, ternyata terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya. Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum 10 tips makeup untuk pemilik wajah kering:
1. Cuci Wajah
Cuci wajah
Cuci wajah. (Foto: Thinkstock)
Selalu cuci bersih wajah sebelum memakai makeup. Pastikan kamu menggunakan pembersih wajah yang lembut dan cocok untuk kulit kering. Hal tersebut akan membantu menghilangkan kotoran dari kulit, serta akan membuat kulitmu terlihat segar dan lembut.
2. Lakukan Exfoliasi
Lakukan exfoliasi
Lakukan exfoliasi. (Foto: Thinkstock)
Sangat penting untuk membuang sel kulit mati pada wajah, karena akan membuat kulit terhindar dari kusam dan kering. Begitu sel kulit mati diangkat, kulit akan terlihat bersih, segar, dan lembut. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan scrub buatan sendiri yang terbuat dari minyak kelapa dan gula.
ADVERTISEMENT
3. Gunakan Pelembab
Gunakan pelembab
Gunakan pelembab. (Foto: Thinkstock)
Kulit kering perlu dilembabkan secara teratur. Fokuskan pelembab di bagian terkering pada wajah, seperti hidung dan dahi. Menggunakan pelembab akan membantu mempertahankan kelembaban di kulit. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan pelembab agar kulit tidak terlihat berminyak.
4. Aplikasikan Primer Wajah
Oleskan primer
Oleskan primer. (Foto: Thinkstock)
Mengaplikasikan primer pada wajah dapat memberi kesan mulus dan lembut. Selain itu, primer juga berguna untuk membantu agar polesan makeup melekat kuat di wajah. Cukup gunakan dua sampai tiga titik krim primer pada wajah, lalu oleskan merata.
5. Pakai Foundation Cream
Gunakan foundation cair
Gunakan foundation cair. (Foto: Thinkstock)
Kulit kering membutuhkan banyak kelembaban, sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan foundation bertekstur cair atau krim. Foundation cair akan membantu melembabkan kulit, serta mencegah makeup agar tidak 'cakey' di bagian yang kering.
ADVERTISEMENT
6. Oleskan Eye Primer
Gunakan eye primer
Gunakan eye primer. (Foto: Pixabay)
Eye primer akan membuat kelopak mata kamu menjadi lembab, namun tanpa membuatnya terlihat terlalu berminyak. Selain itu, eye primer dapat mempermudah pengaplikasian eyeshadow serta menonjolkan warnanya. Oleskan satu titik eye primer pada kedua kelopak mata menggunakan ujung jarimu.
7. Gunakan Lip Balm
Gunakan lip balm
Gunakan lip balm. (Foto: Pixabay)
Mengoleskan lip balm pada bibir dapat menghindarkanmu dari bibir yang pecah-pecah. Selain itu, lip balm juga dapat membantu menjaga kelembaban bibir sehingga dapat mempermudah pengaplikasian lipstik atau produk bibir lainnya.
8. Gunakan Liquid Highlighter
Gunakan highlighter
Gunakan highlighter. (Foto: Thinkstock)
Jangan gunakan highlighter berbentuk bubuk, karena highlighter bubuk tidak akan menempel lama pada kulit. Sebaiknya gunakan highlighter berbentuk cair, agar hasil lebih maksimal dan tahan lama
9. Gunakan Kuas
Gunakan kuas
Gunakan kuas. (Foto: Thinkstock)
Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan kuas besar untuk mengaplikasikan produk makeup pada wajah kering. Selain lebih menempel, penggunaan kuas ini lebih efisien dibandingkan menggunakan jari tangan.
ADVERTISEMENT
10. Gunakan Lipstik Glossy
Gunakan lipstik glossy
Gunakan lipstik glossy. (Foto: Pixabay)
Hindari untuk menggunakan lipstik dengan hasil matte, lipstik matte hanya akan membuat bibir kamu kering, dan tidak mampu memberikan kelembaban secara maksimal. Sebaiknya gunakan lipstik glossy untuk memberikan tampilan segar pada bibir.
Semoga bermanfaat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white