kumparan
1 Agu 2018 10:05 WIB

3 Tips Menjaga Work-Life Balance untuk Kaum Urban

com-Ilustrasi Pekerja (Foto: Thinkstock)
Sebagai kaum urban, masyarakat Jakarta pasti selalu disibukkan dengan berbagai aktivitas yang padat, khususnya soal pekerjaan. Beban pekerjaan yang terus bertambah, belum lagi tenggat pekerjaan yang terus mengejar, seringkali membuat hidup seseorang tidak seimbang dan berujung menimbulkan stres.
ADVERTISEMENT
Pekerjaan memang penting, tapi bukan berarti segalanya. Berikut beberapa tips yang Anda bisa terapkan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
Tentukan skala prioritas
Sebagai pekerja yang cerdas, ada baiknya Anda mengatur waktu dan skala prioritas untuk setiap tugas yang masuk. Buatlah list khusus pekerjaan yang masuk dan kapan deadline-nya. Dengan begini, Anda bisa bekerja lebih efektif dan efisien, tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, tanpa harus mengganggu waktu libur yang seharusnya digunakan untuk mengistirahatkan pikiran Anda.
Stop memaksakan diri
Anda sering menerima atau mengirim email di luar jam kerja atau ketika weekend? Atau mungkin Anda sering membawa pulang tugas ke rumah? Kalau jawabannya iya, berarti work-life balance Anda cukup buruk. Kalau sudah terjadi, mulailah pelan-pelan untuk menghentikan kebiasaan ini dengan tidak memaksakan diri agar semua pekerjaan harus cepat selesai. Nikmatilah waktu libur, beristirahat, lakukan hobi yang Anda sukai, biarkan pekerjaan dilakukan saat waktunya bekerja.
ADVERTISEMENT
Maksimalkan kecanggihan teknologi
Jika sehari-hari Anda sudah disibukan dengan berbagai beban pekerjaan yang membuat stres. Jangan tambah tingkat stres adanya dengan berbagai hal dengan birokrasi yang berbelit-belit. Maksimalkan kecanggihan teknologi yang kini bisa membantu Anda hanya dalam sentuhan jari. Salah satunya seperti teknologi mobile banking yang akan memudahkan Anda dalam urusan perbankan.
Berbicara soal mobile banking, salah satu bank swasta nasional Indonesia, PermataBank baru saja meluncurkan inovasi mobile banking terbarunya yang bernama PermataMobile X, sebuah aplikasi yang akan memudahkan berbagai urusan transaksi perbankan penggunanya. Pembaharuan dari PermataMobile ini ditujukan untuk memberikan waktu luang bagi para nasabahnya dari berbagai kesulitan masalah perbankan dan mewujudkan #IndonesiaTanpaStres. Untuk info lebih lanjut mengenai PermataMobile X klik di sini.
ADVERTISEMENT
Seimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda, jangan sampai masalah pekerjaan mempengaruhi kehidupan pribadi yang akhirnya membuat tingkat stres dalam diri semakin meningkat. Berkerja cerdaslah, jangan bekerja keras.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan PermataBank.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan