kumparan
search-gray
Woman11 Februari 2018 12:14

5 Bahan Dapur yang Bisa Mengatasi Masalah Kulitmu

Konten Redaksi kumparan
Masker wajah
Masker wajah pengganti krim malam (Foto: Thinkstock)
Memiliki kulit bersih dan terbebas dari masalah merupakan impian banyak orang, termasuk kamu dan kumparan (kumparan.com).
ADVERTISEMENT
Demi memiliki kulit yang sehat dan cantik, dibutuhkan banyak usaha. Butuh ketelatenan, kesabaran, dan biaya yang tak sedikit. Banyak perempuan yang rela merogoh kocek hingga belasan juta untuk merawat kulit di klinik kecantikan ternama.
Namun, tahukah kamu jika bahan-bahan yang ada di dapur bisa dijadikan senjata ampuh untuk mempercantik kulit?
Dilansir Boldsky, ini ikuti lima tips perawatan kulit yang bisa kamu dapatkan dari bahan murah meriah yang ada di dapur. Apa saja?
1. Putih Telur untuk Si Pori-Pori Besar
Masker Putih Telur
Masker putih telur (Foto: Thinkstock)
Kaya akan protein yang menguntungkan untuk kulit, putih telur bisa membersihkan dan menutup pori-pori besar pada kulitmu.
Taruhlah lapisan putih telur pada kulit wajahmu yang sedikit basah. Tunggu sampai putih kering menempel dan mengering pada wajahmu. Setelah kering, bersihkan secara merata dengan air.
ADVERTISEMENT
Aplikasikan secara rutin setiap minggunya.
2. Mentimun untuk Mengatasi Si Mata Panda
Mentimun
Mentimun (Foto: Thinkstock)
Mentimun kaya akan antioksidan yang mampu menerangkan ‘dark circle’ di bawah matamu.
Potonglah dua potong mentimun dengan tipis, lalu tempelkan pada matamu. Tunggu 20 hingga 25 menit, dan basuhlah wajahmu dengan air hangat.
Untuk hasil terbaik, gunakan tiga sampai empat kali dalam sehari.
3. Baking soda untuk Si Kulit Kusam
Ilustrasi Masker Baking Soda
Ilustrasi Masker Baking Soda. (Foto: Thinkstock)
Baking soda dapat berperan sebagai bahan exfoliating yang ecara efektif mampu menghilangkan sel kulit mati yang ada di dalam pori-pori.
Ambilah setengah sendok teh baking soda, lalu campurkan dengan dua sendok teh air. Aplikasikan kepada wajahmu secara merata dan pijat selama dua sampai tiga menit. Setelahnya, cuci dengan bersih dengan air hangat.
ADVERTISEMENT
4. Tomat untuk Si Kulit Gosong
Sup Tomat
Sup Tomat. (Foto: Thinkstock)
Tomat diketahui memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan. Bahkan, dapat lebih efektif dibanding dengan produk-produk yang bisa kamu temukan di banyak gerai.
Caranya, ambil bagian dalam tomat lalu taruhlah di sekitar area yang terkena luka bakar matahari, taruhlah 15-20 menit. Jika sudah selesai, bersihkan dengan air hangat.
5. Bubuk kunyit untuk Si Jerawatan
Kunyit
Ilustrasi kunyit (Foto: Thinkstock)
Kunyit diketahui dapat melawan jerawat lebih baik dari produk apapun. Jika dilakukan secara rutin, dapat membantu membersihkan wajahmu terhindar dari jerawat.
Campurkan bubuk kunyit dengan satu sendok teh air mawar. Lalu aplikasikan ke seluruh wajahm selama lima sampai 10 menit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white