kumparan
search-gray
Woman9 Maret 2019 19:56

66, 7 Persen Pria Lebih Banyak Menyicil saat Berbelanja

Konten Redaksi kumparan
66, 7 Persen Pria Lebih Banyak Menyicil saat Berbelanja (1173066)
com-Ilustrasi Belanja Foto: Thinkstock
Jika dulu perempuan yang identik dengan kecintaannya terhadap belanja, kini berbelanja juga ternyata digemari oleh para pria.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data yang dihimpun oleh kartu kredit digital Kredivo kepada 50 ribu sampel penggunanya yang bertransaksi pada November 2018 hingga Januari 2019, pria ternyata cenderung lebih aktif dalam berbelanja online dibandingkan perempuan.
66, 7 Persen Pria Lebih Banyak Menyicil saat Berbelanja (1173067)
com-Ilustrasi Fashion Pria Foto: Shutterstock
Dalam berbelanja, rupanya pria lebih suka menggunakan layanan cicilan. Ada sebanyak 66,7 persen pria yang menggunakan layanan cicilan di e-commerce saat berbelanja. Sedangkan hanya 33,3 persen perempuan yang menggunakan layanan cicilan tersebut.
Fashion menjadi kategori produk yang paling banyak dibeli pria. Dari total pengguna Kredivo yang berjenis kelamin pria, sebanyak 39,3 persen pria membeli produk fashion dan aksesori. Disusul dengan 36,8 persen pengguna pria membeli gadget dan sisanya membeli perlengkapan rumah tangga.
Sedangkan dari total pengguna perempuan di Kredivo, 55 persen perempuan membeli produk fashion dan aksesori, 41 persen produk kesehatan dan kecantikan, dan sisanya 26,2 persen adalah perlengkapan rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Namun jika dilihat dari total nilai belanja, kategori gadget berada di peringkat pertama mengalahkan kategori fashion. Pembelian gadget oleh pria mencapai 51 persen dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gadget oleh perempuan mencapai 38 persen dari total keseluruhan nilai transaksi.
66, 7 Persen Pria Lebih Banyak Menyicil saat Berbelanja (1173068)
Ilustrasi Bermain Handphone Foto: Thinkstock
Menurut beberapa studi yang dikutip dari Harvard Business Review, pria cenderung lebih berani mengambil risiko daripada perempuan, termasuk juga dalam hal keuangan. Perbedaan gender inilah yang mempengaruhi aktivitas otak dalam memperhitungan risiko dan mengambil tindakan.
"Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman. Kredivo membantu mereka dalam hal ini," demikian ujar Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo, dalam pernyataan resminya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan Anda, lebih suka belanja dengan sistem cicilan atau membayar tunai?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white