kumparan
26 Desember 2018 17:42

7 Film tentang Fashion untuk Anda Pecinta Dunia Mode

Rekomendasi Film Fashion
Rekomendasi Film Fashion (Foto: dok.IMDB)
Film merupakan salah satu media yang cukup efektif menyampaikan pesan kepada banyak orang. Film juga sering digunakan untuk mengungkap secara emosional dari sebuah peristiwa yang pernah terjadi, salah satunya adalah peristiwa dalam dunia fashion.
ADVERTISEMENT
Meski ada begitu banyak infomasi mengenai dunia mode dan referensi gaya melalui internet, salah satu medium yang dapat dijadikan referensi dalam dunia mode adalah dengan menonton film bertema fashion.
Bagi pecinta mode, film The Devils Wears Prada dan Clueless tentu telah menjadi daftar wajib yang ada di list tontonan. Namun, sesungguhnya banyak pula film bertema fashion yang menyenangkan di luar sana untuk Anda jadikan inspirasi. Apa saja?
1. Ocean's 8
Ocean's 8
Poster film Ocean's 8 (Foto: Warner Bros.)
Film berdurasi 2 jam ini bercerita tentang rencana perampokan terbesar di acara Met Gala yang dipelopori oleh Debbie Ocean yang diperankan oleh Sandra Bullock. Bersama timnya ia berupaya mencuri kalung berlian lansiran Cartier senilai USD 150 juta (setara dengan 2 Triliun).
ADVERTISEMENT
Tak main-main kalung berlian bernama Jeanne Toussaint lansiran Cartier tersebut merupakan salah satu koleksi ikonik Cartier dari tahun 1930-an dan Anna Hathaway di Ocean's 8 menjadi orang yang mengenakan potongan simbol sejarah Cartier di lehernya.
Dalam film berlatar Met Gala ini Anda juga akan disuguhkan dengan sosok cameo Anna Wintour. Bahkan kita akan dibawa ke ruang kantor Vogue, karena salah satu dari tim pencuri di film ini menyusup ke dalam untuk mengetahui detail acara.
Selain itu Kim Kardashian, Kendall Jenner, Kylie Jenner, Katie Holmes, Olivia Munn, Dakota Fanning, Heidi Klum, Serena Williams, Gigi Hadid, Hailey Baldwin, Zac Posen, sampai Hamish Bowles turut muncul di film ini. Tak ayal Ocean's 8 menjadi salah satu film fashion yang berhasil dibuat dengan kerjasama Vogue.
ADVERTISEMENT
Karena film ini menggunakan Met Gala sebagai latarnya, banyak item fashion mewah yang bermunculan. Jangan lewatkan momen saat Rihanna berganti pakaian dari kostum hacker-nya (jaket hoodie dan celana gombrong), ke gaun merah yang sangat sensual dan mewah untuk menghadiri Met Gala.
2. Crazy Rich Asians
Crazy Rich Asians
Crazy Rich Asians (Foto: Dok. Warner Bross Pictures )
Film yang diadaptasi dari novel best seller karya Kevin Kwan ini mengisahkan budaya dan keglamoran gaya hidup kaum jetset etnis Tionghoa di Asia. Selain jalan ceritanya yang penuh drama dan romantis, Crazy Rich Asians juga memanjakan penonton lewat kostum mewah para pemainnya.
Para tokoh utama seperti Rachel Chu, Peik Lin Goh, Eleanor Sung-Young, Astrid Leong-Teo, dan Araminta selalu tampil fashionable dalam balutan gaun desainer ternama. Mulai dari rancangan Ralph Lauren, Dior, desainer lokal Asia seperti Carven Ong hingga aksesoris lansiran Bulgari dan Chopard menghiasi jajaran busana pemain Crazy Rich Asians.
ADVERTISEMENT
3. Funny Face
Funny Face (NOT COVER)
Funny Face. (Foto: Dok. Imdb)
Selain Breakfast at Tiffany's, mari menyelami film klasik yang dibintangi oleh Audrey Hepburn lainnya, yakni Funny Face. Film komedi romansa musikal garapan Stanley Donen ini akan membawa Anda menyelami sebuah perjalan ke Prancis yang sarat akan nuansa percintaan yang manis. Bersiaplah untuk dimanjakan oleh landscape kota Paris yang indah dan berbagai rancangan busana karya Hubert de Givenchy yang dikenakan Audrey Hepburn.
4. The September Issue
The September Issue (NOT COVER)
The September Issue. (Foto: Dok. Imdb)
Majalah Vogue merupakan salah satu media terbesar yang menjadi role model di indsutri fashion, tak hanya berperan sebagai media, Vogue juga dikenal menjadi sebuah wadah penyelenggara berbagai acarafashion terbesar di dunia mode seperti Met Gala. Tak heran, istilah 'kitab fashion' pun melekat pada citra Vogue.
ADVERTISEMENT
Melalui 'The September Issue', perjalanan pembuatan majalah Vogue edisi September 2007 dirangkum dengan apik dalam film dokumenter ini. Anda akan melihat bagaimana proses pembuatan majalah mode asal Amerika tersebut mulai dari pemotretan fashion hingga pemilihan foto oleh Anna Wintour. Selain itu, kehidupan Wintour dan direktur kreatif Vogue Amerika, Grace Coddington, juga dibahas dalam film ini.
5. Dior and I
Dior and I (NOT COVER)
Dior and I. (Foto: Dok. Imdb)
Satu lagi film dokumenter fashion yang dapat menambah wawasan Anda di dunia fashion, Dior and I. Film yang dirilis pada 2014 ini mengisahkan tentang perjalanan Raf Simons semenjak pertama kali didapuk menjadi Creative Director rumah mode Dior pada 2012 silam.
Saat menyaksikan film ini Anda akan disajikan dengan berbagai koleksi haute couture pertama Raf Simons sebagai direktur artistik Dior. Film ini juga dibintangi oleh Marion Cotillard, Isabelle Huppert, Jennifer Lawrence dan Sharon Stone.
ADVERTISEMENT
6. Coco Before Chanel
Coco  Before Chanel (NOT COVER)
Coco Before Chanel. (Foto: Dok. Imdb)
Film yang dirilis tahun 2009 silam ini bercerita tentang tokoh legendaris di dunia mode, Coco Chanel yang diperankan oleh Audrey Tautou. Film ini berkisah tentang awal perjalanan hidup Coco sebelum ia kemudian menjadi perancang busana terkenal dan menjadi salah satu tokoh penting dalam dunia mode di abad ke-20.
Coco Before Chanel juga sempat masuk dalam nominasi BAFTA Awards dan Academy Award untuk nominasi film dengan desain kostum terbaik.
7. The True Cost
The True Cost (NOT COVER)
The True Cost. (Foto: Dok. Imdb)
Saat bangunan Rana Plaza, pabrik pakaian di Bangladesh, runtuh dan membunuh lebih dari 1.000 buruh pada 2013, seorang sutradara bernama Andrew Morgan, menyadari jika ia tak tahu bagaimana cara pakaiannya terbuat. Ia sadar jika dirinya tidak sendiri, karena banyak orang Amerika yang tidak tahu siapa yang membuat pakaian mereka, dari mana asalnya, bagaimana kondisi pabrik tempat buruh bekerja dan berapa upah para buruh.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, ayah dari empat orang anak yang menetap di Los Angeles tersebut memutuskan untuk melakukan investigasi yang tertuang dalam film dokumenter berjudul The True Cost, yang bercerita mengenai efek samping dari konsumsi pakaian fast fashion.
Dalam filmnya, Morgan mewawancarai para buruh pabrik yang dibayar rendah untuk membuat produk seperti Nike dan GAP, yang diketahui pernah menggunakan tenaga buruh anak pada 1990.
Film dokumenter ini mengeksplorasi topik-topik seperti siapa yang benar-benar membuat pakaian kita, bagaimana hak-hak buruh yang terabaikan, dan berapa harga lingkungan (limbah) yang dihasilkan untuk pakaian yang berakhir di lemari pakaian kita. Selain itu juga, terdapat sesi wawancara dengan Stella McCartney, sebagai salah satu desainer yang dikenal mengusung konsep sustainability dalam fashion.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan