kumparan
24 Agustus 2017 11:00

7 Inspirasi Olahan Kerang yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

OLAHAN KERANG
Ilustrasi olahan kerang dara (Foto: Thinkstock)
Udang goreng, cumi goreng, dan ikan bakar mungkin sudah sering kamu santap. Namun, bagaimana dengan olahan kerang? Apakah kamu juga termasuk ke dalam penggemar hidangan seafood yang satu ini?
ADVERTISEMENT
Rasanya yang gurih serta teksturnya yang lembut membuat kerang mudah diolah dalam bentuk apa saja. Baik ditumis, dibakar atau bahkan dibuat sup, ternyata tak akan menghilangkan rasa gurih dan kekenyalan dari kerang itu sendiri.
Bagi kamu yang memiliki sisa kerang di rumah dan bingung untuk mengolahnya, kumparan (kumparan.com) telah merangkum beberapa olahan kerang yang bisa kamu jadikan inspirasi sebagai hidangan bersantap dengan keluarga. Apa saja? Yuk intip ulasan berikut:
1. Kerang Saus Tiram
Loading Instagram...
Mungkin kerang bumbu saus tiram menjadi olahan yang paling disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasa gurih kerang yang berpadu dengan asinnya saus tiram menghasilkan rasa umami yang begitu lezat.
Irisan jahe dan bawang bombay pun akan membuat aroma hidangan ini semakin menggiurkan. Olahan yang satu ini tentunya bisa bikin siapa saja merasa ketagihan. Cocok disantap dengan seporsi nasi hangat.
ADVERTISEMENT
2. Sate Kerang
Loading Instagram...
Di beberapa wilayah di Indonesia seperti Makassar, sate kerang menjadi olahan unggulan. Di sana, hidangan ini dikenal dengan nama sate pokea yang dibuat dari kerang kupas, lalu dibumbui dengan bumbu merah dan kemudian dibakar di atas bara api.
Kamu juga bisa membuat sate kerang dengan menggunakan kerang dara atau kerang hijau yang dibumbui dengan bumbu kuning. Kemudian, sate tersebut dipanggang atau dibakar sampai bumbu meresap ke dalam daging kerang.
3. Kerang Saus Padang
Loading Instagram...
Saus padang memang menjadi saus andalan dalam mengolah seafood, termasuk juga kerang. Biasanya, kerang diolah dengan menggunakan perpaduan saus tomat dan saus sambal.
Untuk melengkapi saus padang, tambahkan irisan bawang bombay untuk menambah aroma hidangan. Bawang putih yang dicincang serta taburan gula dan garam akan menambah kenikmatan seporsi kerang saus padang.
ADVERTISEMENT
4. Oseng Kerang
Loading Instagram...
Jika ingin kerang yang lebih simpel, kamu bisa buat oseng kerang. Cukup menumis bumbu halus, mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit bagi yang suka pedas. Kemudian, tambahkan daun salam dan laos yang sudah digeprek untuk membuat aroma hidangan semakin nikmat. Tuangkan kerang yang sudah dikupas dan terakhir tambahkan galam serta gula sebagai penambah rasa.
5. Tumis Kerang Asam Pedas Manis
Loading Instagram...
Mungkin rasanya cukup mirip dengan saus padang, namun rasa asin melengkapi perpaduan rasa dari hidangan ini. Kecap manis dipilih untuk memberikan citarasa manis, sedangkan rasa asam didapat dari air asam Jawa yang bisa kamu tuangkan saat bumbu sedang dimasak. Rasa pedas didapatkan dari irisan cabai rawit dan juga cabai merah keriting. Bagi yang mau, tambahkan sedikit saus tiram untuk memberikan rasa gurih pada masakan. Yum!
ADVERTISEMENT
6. Tumis Kerang Hijau
Loading Instagram...
Tumis kerang juga menjadi salah satu olahan favorit keluarga yang paling sering dibuat karena bahannya yang mudah ditemukan, serta cara membuatnya yang terbilang tak rumit. Kamu hanya perlu menumis semua bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.
Tambahkan daun salam, lengkuas, dan gula merah untuk menguatkan rasa serta aroma. Baik kerang hijau atau kerang dara cocok digunakan dalam hidangan ini.
7. Kerang Saus Mentega
Loading Instagram...
Dan olahan kerang favorit yang terakhir adalah kerang saus mentega. Untuk membuatnya tak memerlukan bahan yang sulit, karena semua bahan umumnya telah tersedia di dapur kamu.
Bawang putih, bawang merah, kecap Inggris dan juga kecap asin menjadi bahan utama dalam mengolah lezatnya kerang saus mentega. Penggunaan margarin adalah kunci di balik kelezatan hidangan ini. Irisan bawang bombay dan jahe mampu memperkuat aroma dari kerang saus mentega.
ADVERTISEMENT
Manakah favorit kamu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan