kumparan
25 Januari 2018 7:33

7 Manfaat Kantong Teh Bekas, Melindungi Tanaman hingga Pedicure Alami

7 manfaat lain kantong teh bekas
7 manfaat lain kantong teh bekas (Foto: Pixabay)
Biasanya saat membuat teh hangat, kita seringkali membuang kantong teh yang telah digunakan. Padahal, benda satu ini memiliki segudang manfaat luar biasa, yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, lho.
ADVERTISEMENT
Apa saja manfaatnya? Berikut 7 manfaat lain dari kantong teh bekas seperti dilansir Times of India:
1. Menambah Rasa Pasta
Ilustrasi pasta
Ilustrasi pasta (Foto: Pixabay)
Jika kamu berencana membuat pasta, coba celupkan kantong teh saat air mendidih, lalu keluarkanlah saat pasta akan dimasukkan. Cara ini akan membantu menguatkan rasa alami pasta.
2. Melindungi Tanaman
Ilustrasi tanaman
Ilustrasi tanaman (Foto: Pixabay)
Menyiram tanaman dengan air campuran teh dan air bersih akan melindungi tanaman dari infeksi jamur. Selain itu, menaburkan bubuk teh di permukaan tanah juga ampuh untuk merangsang pertumbuhan tanaman, serta membuatnya semakin subur.
3. Menghilangkan Bau pada Sepatu
Ilustrasi sepatu
Ilustrasi sepatu (Foto: Pixabay)
Menyimpan kantong teh kering ke dalam sepatu dapat menyerap bau tak sedap di dalamnya. Tak perlu menggunakan kantong teh baru, kamu bisa memanfaatkan kantong teh bekas, namun jangan lupa keringkan terlebih dahulu, ya!
ADVERTISEMENT
4. Menghilangkan Bau pada Karpet
Ilustrasi karpet
Ilustrasi karpet (Foto: Pixabay)
Selain untuk sepatu, kantong teh juga bermanfaat menghilangkan bau tak sedap pada karpet dan keset. Caranya, basahi kantong teh dengan air hangat, sobek kantongnya, lalu baurkan daun teh yang lembab ke karpet atau keset. Biarkan hingga daun mengering, kemudian sedot dengan penyedot debu.
5. Membersihkan Kaca
Ilustrasi membersihkan kaca
Ilustrasi membersihkan kaca (Foto: Pixabay)
Saat membersihkan kaca, noda-noda kecil seringkali sulit dihilangkan. Namun jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan kantong teh bekas.
Caranya, rebus kantong teh dengan satu liter air bersih, lalu gunakan hasil rebusannya untuk membersihkan kaca. Voila! Noda-noda membandel akan lenyap seketika.
6. Pedicure Alami
Ilustrasi pedicure
Ilustrasi pedicure (Foto: Pixabay)
Kandungan antioksidan dalam teh secara efektif dapat menghilangkan kulit mati pada permukaan kuku, serta meremajakannya. Tak hanya itu, merendam kaki yang lelah dengan air teh juga sangat ampuh untuk membantu melemaskan otot dan menghilangkan nyeri atau bengkak pada kaki.
ADVERTISEMENT
7. Menghilangkan Bau Badan
Ilustrasi bau badan
Ilustrasi bau badan (Foto: Thinstock)
Daun teh kaya akan zat antioksidan yang berguna untuk meremajakan kulit. Selain itu, teh juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Caranya, celupkan kantong teh bekas pada bak mandi atau bathtub, lalu gunakan untuk berendam selama 15 menit.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan