kumparan
6 Februari 2018 15:01

7 Tips Makeup untuk si Kulit Kuning Langsat

innisfree
innisfree (Foto: innisfree Indonesia)
Banyak wanita dengan kulit kuning langsat mengaku sangat kesulitan dalam merias wajahnya. Jika riasan terlalu terang atau terlalu gelap dengan warna kulit wajah, maka tampilan secara keseluruhan akan terlihat aneh.
ADVERTISEMENT
Makeup artist asal Korea Selatan, Eunji Kim, membenarkan hal itu. Karena sejatinya, makeup harus disesuaikan dengan tone wajah masing-masing agar tampil maksimal dalam menggunakan makeup.
Makeup artist yang sudah bekerja sama dengan majalah VOGUE, Nylon, Allure, hingga Elle ini kemudian memberikan berbagai tips makeup untuk wanita berkulit kuning langsat. Apa saja?
1. Menggunakan primer
Gunakan pelembab
Gunakan pelembab. (Foto: Thinkstock)
Penggunaan primer adalah langkah wajib untuk kamu bisa mendapatkan penampilan makeup yang tahan lama. Terutama, jika kamu seharian beraktifitas yang tidak memungkinkanmu untuk melakuan ‘touch up’, maka primer wajib hukumnya untuk diaplikasikan.
Tak lupa, primer juga membantu kulitmu untuk terjaga lebih baik dan tak tersumbat berbagai kandungan makeup yang akan digunakan.
2. Foundation matte
PENGGUNAAN FOUNDATION
ilustrasi foundation makeup (Foto: thinkstock)
Menurut Eunji, untuk kulit berwarna langsat seperti orang Indonesia, lebih cocok menggunakan foundation yang memiliki hasil akhir matte. Alas bedak tersebut juga memiliki coverage yang mampu menyamaratakan warna kulit.
ADVERTISEMENT
3. Selalu gunakan bedak
foundation 4
Menggunakan bedak tabur. (Foto: thinkstock)
Bedak berfungsi untuk meratakan keseluruhan base makeup-mu. Tak hanya itu, bedak juga bisa menimbulkan hasil akhir matte yang cocok digunakan untuk kamu yang juga memiliki jenis kulit berminyak.
4. Aplikasikan eyeshadow
Eyeshadow
Eyeliner atau eyeshadow yang lebih dulu? (Foto: Instagram @@ilovegeorgina)
“Untuk kulit orang Indonesia, eyeshadow bernuansa warna cokelat adalah warna yang paling pas,” ungkap Eunji kepada kumparan (kumparan.com) saat ditemui di Double Tree Hilton, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.
Selain itu, jangan lupa untuk membubuhkan eyeshadow pada bagian bawah mata untuk memberikan kesan yang lebih tajam. Namun, jangan gunakan warna gelap, pilihlah warna yang terang.
5. Gunakan eyeliner pensil
eyeliner
Reverse Liner, eyeliner terbalik (Foto: Instagram @dahliacreates dan @hannahdoesmakeupp)
Menurut Eunji, kulit orang Indonesia sangat cocok menggunakan eyeliner berwarna cokelat dan hitam. Tetapi, tidak perlu diaplikasikan di seluruh bagian garis mata.
ADVERTISEMENT
“Mata orang Indonesia sudah besar, jadi cukup aplikasikan di bagian ujung belakang mata saja,” tuturnya.
6. Maskara
Ilustrasi memakai maskara
Ilustrasi memakai maskara. (Foto: Pixabay)
Untuk maskara, sesuaikan dengan hasil akhir yang kamu inginkan. Jika ingin terlihat lentik dan memanjang, maka pilihlah maskara dengan kuas kecil. Namun, jika kamu menginginkan bulu mata yang terlihat tebal, maka pilihlah maskara yang bervolume.
7. Blush dan lipstik
Selena Gomez
Selena mengenakan riasan makeup sederhana (Foto: REUTERS/Danny Moloshok)
Menurut Eunji, penggunaan keduanya sangat berkaitan. Artinya, jika kamu memilih blush berwarna lembut maka gunakanlah lipstik berwarna bold seperti merah dan pink tua.
Namun, jika kamu menginginkan blush berwarna terang seperti pink tua atau oranye, maka gunakan lipstik yang lembut seperti warna nude.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan