kumparan
25 Jul 2018 12:48 WIB

9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah

9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Di era modern saat ini, bekerja di rumah tidak lagi menjadi hal yang aneh. Apalagi jika Anda seorang pengusaha, pekerja freelance, atau Anda bekerja di perusahaan yang tidak mengharuskan Anda untuk bekerja di kantor.
ADVERTISEMENT
Bekerja di rumah dapat menjadi win-win solution. Selain Anda akan merasa lebih nyaman, bekerja di rumah juga dapat menghemat pengeluaran. Namun bekerja di rumah dapat memberikan tantangan tersendiri bagi tingkat produktivitas Anda.
Untuk dapat sukses bekerja dari rumah, menurut lansiran dari situs Success, ada 9 cara agar Anda tetap produktif saat harus bekerja di rumah. Apa saja?
1. Pilihlah Tempat Sesuai dengan Kebutuhan Anda
Ilustrasi bekerja di rumah (Foto: dok. Unsplash)
Bekerja dari rumah memang bisa membuat kita merasa lebih santai. Namun bukan berarti Anda bisa bekerja sambil bermalas-malasan di sofa sepanjang hari. Ada baiknya jika Anda memilih lokasi di rumah Anda sesuai dengan kebutuhan kerja.
Misalnya, untuk pagi hari Anda bisa menjadikan ruang kerja di rumah atau ruang tamu agar Anda bisa lebih berkonsentrasi. Kemudian untuk siang hari Anda bisa menjadikan area meja makan sebagai tempat kerja, agar suasana menjadi lebih rileks setelah makan siang. Di sore hari, Anda bisa menggunakan area taman di rumah atau sofa di ruang santai untuk menyegarkan pikiran dan meregangkan tubuh setelah seharian serius menyelesaikan tugas.
ADVERTISEMENT
2. Usahakan Ruang yang Anda Gunakan dalam Keadaan Rapi
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Jika Anda bekerja dari rumah, hindari area yang kurang rapi. Karena barang-barang yang berserakan dapat menimbulkan distraksi, mata Anda akan menuju ke sana dan Anda akan memiliki keinginan untuk merapikannya.
Jadi usahakan Anda bekerja di ruangan yang telah tertata rapi. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih fokus dan memberikan suasana seperti bekerja di kantor.
3. Siapkan Diri Anda untuk Bekerja
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa bekerja di rumah bisa dilakukan hanya dengan mengenakan baju tidur dan sambil menonton TV. Hal itu ternyata salah besar.
Meskipun Anda bekerja di rumah, siapkan diri Anda seperti Anda akan bekerja ke kantor. Kenakan pakaian yang proper namun tetap santai, buatlah teh atau kopi, lakukan sarapan dan hal lain yang akan membuat Anda siap untuk bekerja, dan jangan menyalakan TV. Karena berpakaian kurang rapi dan menjadikan TV sebagai latar bekerja Anda akan sangat mengurangi produktivitas dan kualitas kerja Anda.
ADVERTISEMENT
4. Pilih Posisi yang Benar
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Sebagian orang mungkin merasa lebih mudah bekerja di tempat tidur atau di sofa. Namun pastikan Anda berada dekat dengan meja yang mudah dijangkau. Hal itu akan memudahkan Anda untuk meletakkan berkas kerja, air minum, atau ponsel Anda.
Anda juga dapat menggunakan meja kecil untuk meletakkan laptop agar otot leher Anda tidak kaku akibat terlalu banyak menunduk atau karena layar laptop yang posisinya tidak sejajar dengan pandangan mata. Jangan lupa untuk memilih posisi yang tepat agar tubuh Anda tidak mudah lelah. Seperti dengan meletakkan bantal di belakang punggung misalnya.
5. Nyalakan Lampu
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Pencahayaan alami memang sangat bagus dan dapat menghemat energi, namun cahaya alami kadang dapat menyebabkan pantulan pada layar laptop Anda. Hal tersebut bisa sangat mengganggu konsentrasi Anda.
ADVERTISEMENT
Jika cahaya alami tersebut tidak memberikan distraksi, Anda dapat memanfaatkannya lebih lama. Namun jika pemandangan dari jendela kurang bagus dan cahayanya justru menyebabkan pantulan, maka opsi terbaik adalah nyalakan lampu ruangan atau lampu meja untuk memaksimalkan kerja Anda.
6. Ciptakan Suasana Kantor di Rumah
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Bekerja di rumah dapat memungkinkan Anda untuk menciptakan ruang kerja sesuai dengan keinginan pribadi yang tidak bisa Anda realisasikan di kantor. Anda bisa menciptakan ruang kerja yang lebih nyaman dan sesuai dengan cara kerja Anda, namun tetap tidak mengurangi sisi produktivitas.
Tambahkan elemen yang dapat menciptakan suasana tenang, seperti menyalakan aromaterapi, meletakkan tanaman segar di meja, atau barang-barang yang membuat Anda nyaman.
7. Buat Jadwal Kerja
5 Cara Mengambil Alih Karier Anda (Foto: Unspalsh)
Meskipun bekerja di rumah, usahakan semua tugas dan rencana kerja Anda selesai tepat waktu. Untuk itu Anda harus membuat jadwal harian dan menuliskan goals setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, Anda akan tahu progres dari tugas yang sedang Anda kerjakan dan hal ini juga dapat menjadi pembuktian Anda kepada rekan kerja bahwa meskipun Anda bekerja di rumah, Anda tetap dapat produktif dan bekerja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
8. Ambil Waktu Istirahat
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Bekerja di sofa rumah memang bisa sekaligus istirahat, namun Anda membutuhkan waktu istirahat dan menjauh dari sofa tempat Anda bersarang seharian.
Sediakan waktu sekitar 10-15 menit untuk keluar rumah, seperti ke taman atau membeli makanan. Kegiatan tersebut akan merangsang otak Anda untuk dapat menghasilkan ide-ide baru yang lebih segar sekaligus dapat memberikan Anda waktu untuk meregangkan tubuh.
9. Batasi Waktu Kerja Anda
9 Cara Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah (Foto: Unsplash)
Rumah idealnya menjadi tempat untuk beristirahat. Bahkan jika perlu, Anda tidak membawa pekerjaan dari kantor ke rumah. Namun jika keadaan mengharuskan Anda untuk bekerja di rumah, Anda harus tegas terhadap jam kerja Anda.
ADVERTISEMENT
Jangan sampai Anda terjebak dengan pekerjaan di rumah sendiri. Karena jika sudah terlalu giat bekerja, bisa membuat Anda lupa untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau sekadar me time.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan