kumparan
6 Nov 2018 9:09 WIB

Bangkitkan Semangat Kerja dengan Menghirup 5 Aroma Essential Oil Ini

Essential Oil Secara Alami Maksimalkan Kesehatan (Foto: Pixabay)
Rasa malas dan suasana hati yang kurang menyenangkan sering membuat orang-orang sulit fokus saat bekerja. Alhasil, produktivitas menurut dan tidak semangat untuk melanjutkan pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Jika hal ini berlarut-larut dibiarkan, tentunya tidak baik untuk karier Anda, bukan?
Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan mood kerja adalah dengan dengan mengaplikasikan essential oil atau wewangian.
Essential oil tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan membantu kita rileks. Ada pula essential oil justru diracik khusus untuk menstimulasi kerja otak. Dengan begitu, kerja pun akan semakin fokus, produktif, dan semangat kerja meningkat. Apa saja?
1. Rosemary
Minyak rosemary (Foto: Thinkstock)
Kandungan yang terdapat dalam esssential oil rosemary dapat meningkatkan daya ingat serta menghilangkan sakit kepala dan kelelahan mental.
Bagi Anda yang seringkali sulit mengingat hal-hal seperti agenda meeting atau deadline, rosemary adalah aroma paling ideal untuk Anda. Beverley Hawkins, pendiri West Coast Institute of Aromatherapy di Vancouver, Kanada, bahkan mengatakan bahwa menghirup aroma rosemary setiap pagi mampu meningkatkan semangat beraktivitas.
ADVERTISEMENT
2. Jeruk (Citrus)
Aroma citrus (Foto: Thinstock)
Jeruk tak hanya menyegarkan namun juga bisa meningkatkan kemampuan fokus saat bekerja. Selain itu bagi Anda yang sedang merasa gelisah, cemas atau lelah aroma dari jeruk dapat membuat mood Anda lebih baik. Kandungan antibakteri dari jeruk juga bisa meingkatkan sistem imun tubuh.
3. Peppermint
Peppermint Oil (Foto: Dok. Pixabay)
Menurut sebuah penelitian dari The International Journal of Neuroscience, peppermint meningkatkan daya ingat dan ketajaman pikiran. Dengan begitu Anda tidak perlu terganggu lagi oleh rasa kantuk yang tiba-tiba datang saat sedang bekerja.
4. Lavender
Lavender Oil (Foto: Dok. Pixabay)
Aroma yang menenangkan dari lavender baik untuk meningkatkan kinerja otak dan meningkatkan konsentrasi. Selain itu kandungan antidepresan dari lavender dapat membuat Anda percaya diri dan optimis. Alhasil dapat meningkatkan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan.
ADVERTISEMENT
5. Chamomile
Chamomile Oil (Foto: Dok. Pixabay)
Bagi Anda yang sedang lembur di kantor, aroma dari chamomile sungguh tepat untuk menemani Anda. Selain menenangkan, chamomile dapat menghilangkan rasa gelisah dan tertekan saat sedang lembur.
Bagaimana, tertarik menghirup aroma dari essential oil ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan