kumparan
28 Maret 2018 12:39

Fashion Item yang Wajib Dimiliki Setiap Perempuan Bekerja

Busana kerja wajib
Busana kerja yang wajib dimiliki perempuan bekerja (Foto: Zara & Max Mara)
Sebagai wanita karier, Anda dituntut untuk selalu tampil modis dan profesional.
ADVERTISEMENT
Meski setiap perusahaan menerapkan aturan berbusana yang berbeda terhadap karyawannya, pakaian formal tetap jadi acuan utama. Bahkan untuk perusahaan dengan budaya santai sekalipun, sekurang-kurangnya Anda harus memiliki koleksi busana bertema smart casual.
Khusus untuk Anda yang baru saja memasuki dunia kerja, tak perlu bingung. Karena kumparanSTYLE (kumparan.com) sudah merangkum sederet fashion item wajib punya yang bisa Anda jadikan panduan saat berbelanja.
Berikut daftarnya!
1. Blazer
Zara Nude Pink Blazer
Zara Nude Pink Blazer (Foto: Zara)
Suka tak suka, blazer merupakan fashion item wajib yang harus dimiliki oleh setiap perempuan bekerja. Khususnya, blazer dengan warna netral.
Satu warna blazer yang wajib Anda miliki adalah blazer berwarna hitam. Selanjutnya, Anda bisa menambah koleksi dengan warna-warna netral lainnya seperti coklat, krem, abu-abu, navy, dan putih. Blazer dapat Anda padukan dengan berbagai jenis pakaian, mulai dari kemeja polos, blus, bahkan gaun sekalipun. Penampilan Anda pun terlihat profesional dalam sekejap.
ADVERTISEMENT
2. Rok pensil
BOSS pencil skirt & Polo Ralph Lauren
Fairuza Knit & Polo Ralph Lauren Button-Down (Foto: BOSS & Polo Ralph Lauren)
Satu lagi busana yang sebaiknya ada dalam lemari pakaian Anda. Selain menjadikan penampilan tampak formal, pencil skirt mampu membuat tubuh tampak langsing dan jenjang. Kamu bisa memadukan rok pensil dengan kemeja, T-shirt, dan blazer sebagai atasan. Elegan dan timeless.
3. Atasan putih
Zara & Mango
Zara White Stripped Shirt & Mango Puffed Shirt (Foto: Zara & Mango)
Kemeja atau atasan putih merupakan pakaian basic yang cocok dikenakan dalam setiap kesempatan. Mulai dari meeting hingga bertemu klien, atasan putih bisa memberi kesan segar sekaligus profesional. Anda bisa memilih model berupa kemeja, blus berleher tinggi atau high collared shirt, hingga atasan tanpa lengan. Namun, pastikan untuk memilih atasan putih dengan tekstur cukup tebal, agar tak menerawang saat dikenakan. Sedikit tips, selalu kenakan dalaman atau bra berwarna kulit saat mengenakan atasan putih, ya!
ADVERTISEMENT
4. Gaun simpel
Coast
Coast Drake Print & Abigail Stripe (Foto: Coast)
Anda tak melulu harus mengenakan setelan saat pergi ke kantor, kok. Agar penampilan tak terkesan monoton, tak ada salahnya untuk mengenakan gaun untuk bekerja.
Namun, pastikan model gaun tetap menunjukkan kesan profesional. Hindari mengenakan gaun yang terlalu seksi. Bahan tipis, gaun pendek, dan belahan dada rendah merupakan rambu yang harus dihindari. Jangan sampai pilihan busana Anda malah membuat atasan dan rekan kerja jadi risih. Gaun simple juga bisa menjadi pilihan praktis ketika Anda harus menghadiri acara di dalam hari. Cukup tambahkan aksesori dan clutch, Anda siap memperluas network!
5. Heels
Tory Burch
Tory Burch Chelsea Pump (Foto: Tory Burch)
Sepatu merupakan cerminan kepribadian diri. Pernah dengar ungkapan yang satu ini?
Meski terdengar sepele, nyatanya banyak orang yang menilai orang lain berdasarkan sepatu yang ia kenakan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengenakan sepatu yang modis dan terawat saat bekerja. Terlebih saat bertemu bos besar atau klien penting.
ADVERTISEMENT
Dan untuk perempuan aktif, tak ada pilihan yang lebih baik dibanding high heels. Namun, pastikan untuk mengenakan heels yang nyaman dan tak terlalu tinggi untuk memudahkan Anda bergerak.
6. Celana bahan
Max Marra Cady Trousers
Max Marra Cady Trousers (Foto: Max Mara)
Celana bahan merupakan busana wajib untuk Anda miliki sebagai busana kerja. Selain memberi kesan formal, celana bahan juga terasa nyaman saat dikenakan.
Siluet dan bahannya pun beragam. Ada celana skinny, chino, cigarette pants, khaki, kulot, dan masih banyak lagi. Mudah untuk dipadu-padankan dengan atasan apapun.
7. Tas tangan
Celine
Celine Medium Big Bag (Foto: Celine)
Mengenakan tas tangan berukuran besar amat berguna untuk memudahkan Anda saat bepergian. Di dalamnya, Anda bisa meletakkan berbagai hal penting.
Mulai dari planner, iPad, charger, powerbank, dompet, tisu, makeup pouch, stok kartu nama, dan masih banyak lagi. Karena fungsinya yang vital, tak ada salahnya untuk sedikit berinvestasi membeli tas kerja yang modis dan bermerek.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan