kumparan
20 Juni 2017 11:16

Gunakan Makeup Saat Remaja Bisa Sebabkan Masalah Serius Pada Kulit

Bahaya Makeup untuk Remaja. (Foto: Instagram @mua_kuzmenko)
Saat ini penggunaan makeup telah dijadikan sebagai salah satu gaya hidup oleh sebagian besar masyarakat. Banyaknya tutorial makeup yang diunggah ke dalam Youtube membuat siapapun mudah untuk mencari tata cara penggunaan makeup yang baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Jika kita memutar waktu mundur ke belakang, makeup hanya digunakan oleh wanita yang sudah beranjak dewasa. Dan hampir tak ada remaja perempuan yang menggunakan makeup setiap harinya.
Loading Instagram...
Namun, berbeda dengan zaman sekarang, di mana para kaum millennials terlihat sudah menggunakan makeup bahkan hanya untuk pergi ke sekolah. Padahal penggunaan makeup yang dilakukan sedari remaja akan menyebabkan kulit wajah mudah berjerawat.
Dilansir Fox News, kebanyakan remaja Amerika selalu menutupi wajah mereka dengan riasan makeup setiap harinya. Bahkan, beberapa dari mereka menolak untuk meninggalkan rumah tanpa makeup yang menempel di wajah mereka.
Loading Instagram...
Sebuah studi yang dilakukan di Brazil menyebutkan sebanyak 45 persen wanita yang menggunakan makeup mengidap penyakit kulit, terkait dengan makeup yang mereka gunakan. Sedangkan 14 persen sisanya menderita lesi jerawat atau jerawat yang masuk ke dalam kategori sangat parah.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa remaja perempuan justru menggunakan makeup lebih tebal dari perempuan dewasa. Hal ini lah yang membuat mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk menderita masalah kulit.
Loading Instagram...
Setiap produk makeup mengandung bahan kimia yang berbahaya. Peneliti mengaitkan bahan kimia tersebut dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk hubungannya dengan hormon para wanita.
Pada remaja perempuan yang hormonnya sedang berkembang, bahan kimia yang terkandung dalam makeup dapat menyebabkan efek merugikan seperti ketidaksuburan dan bahkan kanker kulit. Bakteri juga bisa tersebar ke area wajah jika remaja sering bertukar alat makeup dengan teman mereka.
Jika bakteri telah masuk ke dalam tubuh, maka infeksi mata, batuk-batuk atau bahkan herpes tak dapat dihindari. Makeup sendiri sebenarnya bisa mengembangbiakkan bakteri dari waktu ke waktu, terutama produk makeup berbahan cair seperti foundation, maskara dan lip gloss yang menjadi tempat paling subur untuk bakteri berkembang biak.
ADVERTISEMENT
Jadi, masihkah kamu mau menggunakan makeup saat masih duduk di bangku sekolah?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan