kumparan
25 November 2017 9:03

Hati-hati, Milkshake Buah Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Usus

Blueberry smoothie (Foto: Thinkstock)
Seringkali, sebagian besar orang lebih suka menikmati secangkir susu dengan cara meraciknya sebagai milkshake. Dianggap lebih lezat, umumnya milkshake dibuat dari campuran susu dan es krim, tapi tak sedikit dari mereka yang justru menambahkan potongan buah untuk menambahkan rasa dari minuman tersebut. Penambahan buah dianggap bisa meningkatkan kesehatan pada segelas milkshake.
ADVERTISEMENT
Namun, tahukah kamu jika segelas milkshake buah yang selama ini kamu anggap sehat ternyata tak selamanya baik untuk tubuh. Dilansir Boldsky, khasiat milkshake sejatinya tak bisa disamakan dengan jus buah karena perpaduan buah dengan susu ternyata bukanlah kombinasi yang tepat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
Berdasarkan metode pengobatan alami India, Ayuverda, saat susu dikonsumsi bersamaan dengan buah maka kombinasi ini bisa menyebabkan gastritis, kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan.
Tak hanya itu, milkshake juga bisa menimbulkan kembung sesaat setelah menenggaknya. Hal ini terjadi akibat adanya proses fermentasi di dalam usus.
Konsumsi smoothie (Foto: Thinkstock)
Bahkan, kondisi ini bisa lebih berbahaya jika milkshake buah dikonsumsi secara rutin. Seorang dokter yang terbiasa menangani pengobatan Ayuverda menyebutkan jika milkshake bisa sangat berbahaya bagi kesehatan usus.
ADVERTISEMENT
"Terutama milkshake pisang dan mangga bisa sangat berbahaya karena keduanya bisa menyebabkan proses fermentasi di dalam usus menjadi lebih cepat," ungkap Dr. Vasant Lad.
Untuk membuat milkshake semakin lezat, banyak orang yang menambahkan bahan lainnya seperti gula dan madu guna memberikan citarasa manis pada minuman tersebut.
Selain es krim, bahan makanan lainnya seperti susu cokelat sebagai pengganti susu full cream juga sering ikut ditambahkan ke dalam milkshake. Kamu tentu tahu benar jika bahan tersebut dikemas dengan gula yang lebih tinggi.
Jika kebiasaan meminum milkshake dengan bahan itu tidak bisa kamu hentikan, maka bukan hanya kesehatan usus saja yang terganggu, melainkan berbagai penyakit seperti diabetes atau obesitas siap mengintai kamu kapan saja.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan