kumparan
20 Maret 2018 7:19

Hindari Merendam Maskara Kering di Air Panas, Ini Alasannya

Maskara favorit di 2017 (Foto: Instagram @toofaced @beautemakeupjkt @covergirl)
Maskara menjadi salah satu produk kecantikan yang sering digunakan para wanita. Fungsinya untuk melentikkan bulu mata dan membuat mata tampak lebih besar.
ADVERTISEMENT
Namun, salah satu permasalahan yang sering menghampiri adalah maskara yang terkadang cepat kering dan tidak bisa digunakan sebelum waktu kedaluwarsanya habis. Jika sudah demikian, maskara tidak bisa digunakan kembali dan kamu harus menggantinya dengan yang baru.
Meski demikian, banyak wanita yang mengakalinya dengan merendam maskara di dalam air panas. Tujuannya, agar maskara yang telah mengering kembali mencair.
Secara teori, hal ini berhasil karena panas membuat cairan di dalam wadah maskara yang mengering perlahan menjadi encer. Namun, jika dilakukan terlalu sering, hal tersebut tidak disarankan.
Ilustrasi memakai maskara. (Foto: Pixabay)
Biasanya, maskara yang mengering terjadi karena kurang rapat dalam menutupnya. Tak hanya itu, hal ini dapat menjadi pertanda bahwa maskara yang kamu gunakan sudah masuk masa kedaluwarsa.
ADVERTISEMENT
Tak dapat dipungkiri, masih banyak wanita yang benar-benar jarang memeriksa masa kedaluwarsa suatu kosmetik. Dengan asumsi bahwa menggunakan maskara yang sudah usang tak akan merugikan.
Persepsi tersebut tentunya salah besar. Karena apa pun yang digunakan dalam jangka waktu yang telah lewat masa kadaluarsa dapat menyebabkan berbagai masalah timbul. Misalnya iritasi, infeksi, dan penyebaran bakteri.
Teteskan obat tetes mata agar maskara cair kembali (Foto: Thinkstock)
Namun terkadang, masalahnya adalah tanggal kadaluarsa pada produk makeup biasanya tidak dicetak dalam bentuk tulisan besar pada bagiankemasan makeup. Tapi, sebagai gantinya kamu dapat mengecek simbol PAO di sisi kemasan makeup.
Simbol PAO (Period After Opening), dapat memberitahu kamu bahwa sebaiknya produk tidak dikenakan setelah beberapa bulan setelah kemasan dibuka.
Angka yang tercantum di simbol PAO menunjukkan berapa lama kamu dapat dengan aman menggunakan produk itu setelah kamu membukanya.
ADVERTISEMENT
Mulai sekarang, pastikan lebih teliti ya terhadap makeup yang kamu gunakan ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan