kumparan
15 Mei 2018 7:58 WIB

Ini Alasannya Selebriti Pria Korea 'Laris' Jadi Duta Kecantikan

Selebriti pria Korea yang jadi duta kecantikan (Foto: Instagram @vprove_official @innisfree @forencos_official)
Invasi hallyu wave atau gelombang budaya Korea Selatan rupanya tak hanya bersandar pada industri musik, film, drama, dan hiburan saja. Hallyu wave juga merambah pada dunia kuliner, fashion, dan kecantikan. Rasanya, tak ada aspek yang terlewatkan oleh kehadiran hallyu wave.
ADVERTISEMENT
Di industri kecantikan sendiri, peran hallyu wave sangatlah besar. Tanpa disadari, hallyu wave turut mendongkrak penjualan industri kecantikan, terutama pada kosmetik dan skincare.
Namun yang menarik, justru banyak selebriti Korea, baik aktor maupun grup idol pria, yang didapuk menjadi duta kecantikan dari brand kosmetik yang biasa dipakai kaum hawa.
Loading Instagram...
Grup K-pop SHINee misalnya, mereka pernah menjadi brand ambassador bagi kosmetik Etude House dan The Saem. Sedangkan EXO melekat dengan brand Nature Republic.
Park Bo Geum, aktor yang tengah naik daun ini pernah menjadi brand ambassador skincare VProve. Produk tersebut dijual dalam satu rangkaian, dan seluruhnya ludes terjual, demi mengoleksi kemasan dengan wajah Bo Geum.
Loading Instagram...
Song Joong Ki, dengan ketampanan dan parasnya yang digilai penggemar perempuan, sukses didapuk menjadi duta kecantikan bagi brand skincare Forencos. Salah satu produk masker dengan kemasan wajah Song Joong Ki laris diserbu pelanggan. Masker tersebut sempat habis di mana-mana dan para perempuan rela membelinya dengan harga berkali-kali lipat.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Pemeran utama drama 'Goblin', Gong Yoo, membuat para perempuan berbondong-bondong pergi ke gerai The Body Shop di Korea Selatan. Semua itu karena mereka ingin mendapatkan koleksi parfum terbaru dengan wajah Gong Yoo pada kemasannya.
Aktor Lee Min Ho hingga kini tetap setia menjadi brand ambassador kosmetik innisfree. Tak hanya sendiri, ia menjadi duta kecantikan bersama YoonA 'SNSD'.
Loading Instagram...
Yang cukup unik, G-Dragon 'Big Bang' yang sempat ditunjuk menjadi wajah terbaru kosmetik The Saem rela mengenakan lipstik merah merona demi mempromosikan rangkaian lipstik terbaru The Saem. Hal ini membuat para fans Korea dan seluruh dunia berebut membeli lipstik yang digunakan G-Dragon.
Rupanya, hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Dilansir CBS News, sebuah perusahaan riset mengatakan bahwa industri kecantikan di Korea Selatan bernilai lebih dari 13 miliar dolar AS (Rp 182 triliun). Masyarakat Korsel, baik laki-laki maupun perempuan, banyak menghabiskan uangnya untuk melakukan operasi plastik dan perawatan kecantikan.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Tetapi alasan utamanya adalah, demi memenuhi keinginan para konsumen. Bagi para fans K-Pop, mengumpulkan goodies alias merchandise idola kesayangannya merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Hal ini yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menjadikan idola K-Pop sebagai duta kecantikan mereka.
Gambar para idola K-Pop tersebut dicetak di kemasan kosmetik, mulai dari liptint, masker, hingga parfum. Hasilnya, produk mereka laris terjual dan branding produk mereka pun juga berhasil.
Bagi para pelaku bisnis, hal ini tentu menguntungkan. Terlebih lagi jika sang selebriti pria tersebut tengah menjadi rising star yang tengah berjaya. Otomatis, brand yang menjadikannya sebagai duta ambassador juga akan ikut populer.
Bagaimana pendapat Anda?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan