Woman
·
25 Desember 2017 16:59

Menikah Dapat Membuat Seseorang Lebih Bahagia dalam Menjalani Hidup

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menikah Dapat Membuat Seseorang Lebih Bahagia dalam Menjalani Hidup (456457)
searchPerbesar
Menikah mengurangi resiko demensia. (Foto: Pixabay)
Seseorang yang telah menikah memiliki berbagai alasan untuk bisa merasa puas akan dirinya. Mereka yang sudah menikah dapat berbagi penghasilan, dapat menjalani hidup tanpa kekhawatiran akan melewati masa tua sendirian, dan pasangan menikah dapat melakukan apapun secara bersama melewati suka dan duka.
ADVERTISEMENT
Ternyata, hal itu juga didasari dengan penelitian terbaru. Menurut studi, seseorang yang telah menikah cenderung merasa lebih sehat dan bahagia dalam hidupnya secara keseluruhan.
Dilansir Independent, dalam sebuah tulisan yang diterbitkan oleh Journal of Happiness Studies, para periset mengumpulkan data dari dua survei yang dilakukan di Inggris untuk meneliti keuntungan dari pernikahan.
Penulis utama, Shawn Grover dan John Helliwell dari Vancouver School of Economics di Kanada, menilik sebuah survei yang dikerjakan oleh British Household Panel Survey. Dalam survei tersebut, telah dikumpulkan data dari 30,000 orang mulai tahun 1991 sampai 2009, untuk mengungkapkan seberapa besar kepuasan rakyat Inggris mengenai hidup.
Tak hanya survei dari British Household, para periset ini menambah sumbernya dengan menggunakan Annual Population Survey yang dilakukan antara tahun 2011 sampai 2013. Dengan data mencapai 328,000 orang, survei tersebut dapat membuktikan kadar perbedaan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup antara seseorang yang telah menikah, yang belum menikah, dan seseorang yang tidak berencana untuk menikah sama sekali.
ADVERTISEMENT
Setelah mengamati secara cermat dari kedua data tersebut, mereka menemukan bahwa pernikahan dapat menambah kepuasan hidup secara signifikan. Terutama, untuk seseorang yang menuju usia menengah.
Menikah Dapat Membuat Seseorang Lebih Bahagia dalam Menjalani Hidup (456458)
searchPerbesar
Ilustrasi Pasangan Menikah (Foto: Thinkstock)
"Kami menemukan bahwa seseorang yang telah menikah, tidak memiliki hidup yang monoton, dibandingkan dengan seseorang yang belum menikah. Hal ini mengindikasi bahwa pernikahan dapat membantu seseorang menjadi lebih bahagia," tulis studi tersebut menjelaskan.
Para periset juga melihat efek persahabatan yang dapat dimiliki antara pasangan dan menemukan, bahwa hal ini bisa menjadi kunci kebahagiaan pernikahan jangka panjang.
"Kebahagiaan dalam pernikahan akan lebih besar ketika pasangan tersebut menganggap satu sama lain sebagai sahabat," rangkum salah satu penulis tersebut.
Bagaimana menurutmu?