kumparan
28 Mei 2017 10:17

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa? Kamu Bisa Lakukan 5 Tips Ini

Tips sehat menjalankan ibadah puasa
Tips sehat menjalankan ibadah puasa (Foto: Thinkstock )
Selama menjalani puasa, sebagian orang tetap beraktivitas seperti hari-hari biasanya. Mereka akan tetap bekerja, membereskan rumah, bahkan tetap melakukan olahraga seperti biasa.
ADVERTISEMENT
Namun, agar aktivitas dan puasamu tetap terlaksana dengan baik, kamu pun tentu harus mengimbanginya dengan kondisi fisik yang sehat. Untuk itulah, kumparan menyiapkan lima tips agar kondisi tubuh tetap fit selama Ramadhan. Apa saja?
1. Minum yang Cukup
Minum air mineral
Minum air mineral (Foto: Thinkstock)
Dehidrasi menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang selama berpuasa. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk minum yang cukup saat sahur dan berpuasa.
Ahli gizi Jansen Ongko, memberikan tips dengan menerapkan rumus sederhana saat minum agar kamu tidak dehidrasi selama berpuasa.
“Patokan rumus sederhana agar tidak dehidrasi yaitu 30 ml/kg. Untuk individu dengan berat 70 Kg, maka asupan minimal cairannya adalah 2,1 liter per hari. Selain air mineral, air juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah yang tinggi kadar air, maupun makanan berkuah,” kata Jansen saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Sabtu (27/5).
ADVERTISEMENT
2. Jangan Makan Terlalu Banyak
Makan yang cukup
Makan yang cukup (Foto: Thinkstock)
Jangan makan terlalu banyak baik saat berbuka atau sahur. Makan dengan porsi yang melebihi kebutuhan hanya akan membuat lemak tubuh bertambah.
Terlalu banyak makan juga akan membuat pencernaan tubuh bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan sehingga membuat tubuh menjadi terasa lemas.
3. Olahraga
Olahraga
Olahraga (Foto: Thinkstock)
Tetaplah lakukan olahraga meskipun di bulan puasa. Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih bugar. Sesuaikan jam olahraga agar berdekatan dengan waktu berbuka puasa, sehingga intensitas olahraganya tetap optimal.
4. Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup (Foto: Thinkstock)
Perbaiki durasi dan tingkatkan kualitas tidur dengan menciptakan suatu kebiasaan jam tidur yang rutin di saat bulan puasa. Hal ini bisa kamu lakukan agar terhindar dari kekurangan tidur setiap harinya.
ADVERTISEMENT
5. Rutin Cek Kesehatan
Rutin cek kesehatan
Rutin cek kesehatan (Foto: Thinkstock)
Bagi kamu yang memiliki masalah medis seperti sakit lambung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani puasa agar terhindar dari masalah medis yang tidak diinginkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan