kumparan
24 Jan 2019 15:34 WIB

Pastikan Anda Memang Sudah Siap Menikah dengan 5 Tanda Ini

Ilustrasi Pasangan saat Sunset (Foto: Pixabay)
Membayangkan hidup bersama dengan orang yang Anda cintai memang merupakan salah satu bentuk kebahagiaan yang sempurna.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, ketika Anda jatuh cinta kepada seseorang dan telah menjalin hubungan dalam waktu tertentu, bisa jadi Anda memiliki keinginan untuk segera menikah dengannya.
Namun pada kenyataannya, cinta saja tidak cukup untuk membina hubungan yang serius seperti pernikahan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Termasuk kesiapan masing-masing pasangan.
Jika masih ragu apakah Anda sudah siap menikah atau belum, yakinkan diri Anda lewat tanda-tandanya berikut ini.
1. Sudah sangat percaya dengan pasangan
Ilustrasi Pasangan. (Foto: Shutterstock)
Percaya, saling mendukung, dan selalu ada dalam kondisi apapun menjadi fondasi utama sebuah hubungan. Jika Anda masih memiliki rasa khawatir akan dikhianati pasangan, ada baiknya dipikirkan kembali rencana untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. Dan apabila Anda ragu tentang kesetiaan pasangan dan tidak yakin apakah orang ini mampu berkomitmen penuh kepada Anda, kesimpulan utamanya adalah bahwa ini bukan waktu yang tepat untuk menikah.
ADVERTISEMENT
Namun jika memang rasa percaya sudah sangat kuat di kedua pihak, segera mantapkan rencana untuk merangkai masa depan bersama dalam pernikahan.
2. Sama-sama mau berjuang dan berusaha
Ilustrasi pasangan. (Foto: Shutterstock)
Tidak bisa dipungkiri setiap hubungan pasti memiliki konflik yang berbeda-beda.
Untuk mendapatkan pernikahan yang harmonis, Anda dan pasangan harus berjuang bersama dan sama-sama berusaha ketika menghadapi konflik.
Jika Anda tidak pernah mengalami perselisihan dengan pasangan karena percakapan yang selalu flat, atau Anda selalu terlibat dalam pertengkaran tiada akhir dan kalian tidak pernah bisa menerima pendapat satu sama lain, maka itu tandanya Anda dan pasangan belum siap untuk menikah. Itu artinya Anda berdua belum dapat mengelola pertengkaran dan belum bisa menerima perbedaan pendapat.
3. Hubungan yang dijalin sudah cukup lama
Ilustrasi pasangan suami istri. (Foto: Shutterstock)
Mungkin salah satu alasan Anda dan pasangan akhirnya menikah adalah karena telah bersama dalam waktu yang cukup lama dan sudah nyaman dengan satu sama lain.
ADVERTISEMENT
Kenyataannya adalah, hidup bersama dengan satu orang yang sama dalam waktu yang lama tidaklah mudah. Oleh karena itu, jika memang serius ingin menikah pastikan Anda sudah benar-benar nyaman dan bisa bertoleransi dengan sikap, sifat, serta kebiasaan pasangan. Hal itu bisa didapat jika Anda sudah menjalin hubungan yang cukup lama dengan pasangan.
4. Mengenal pasangan lebih dalam
Ilustrasi pasangan bahagia (Foto: Thinkstock)
Sebelum memutuskan untuk menikah, tanyakan kepada diri sendiri sudah seberapa jauh Anda mengenal pasangan? Apakah selama ini kalian sudah saling terbuka tentang satu sama lain? Saling mengenal lebih dalam bisa membantu Anda dalam menjalani pernikahan. Terbuka dan berbicara apa adanya tentang diri masing-masing akan memperkuat fondasi hubungan.
5. Anda dan pasangan menginginkan hal yang sama
Ilustrasi Pasangan. (Foto: Unsplash)
Apabila Anda dan pasangan memiliki keinginan yang sama untuk kehidupan bersama, ini merupakan pertanda yang baik bagi hubungan Anda.
ADVERTISEMENT
Selain memiliki rasa cinta yang sama, keinginan menikah dan menjalani hidup bersama juga harus dimiliki oleh kedua pihak. Untuk mempermudahkan Anda, pastikan di awal hubungan kalian sudah tahu apa yang diinginkan agar waktu tidak menjalani hubungan yang sia-sia.
Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menikah?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan