kumparan
20 Oktober 2017 18:12

Rapaport, Penentu Harga Berlian yang Jadi Patokan Dunia

Cincin Berlian
Cincin berlian. (Foto: Thinkstock)
Bagi sebagian orang, berlian masih berada di zona abu-abu. Belum banyak yang paham soal seluk beluk dunia investasi batu mulia ini.
ADVERTISEMENT
Pertanyaan yang sering terlontar biasanya berkaitan dengan tingginya harga berlian yang beredar di pasaran. Apa yang jadi tolak ukur penentuan harga batu mulia yang satu ini?
"Diamond industry ini enaknya dia punya patokan harga. Yaitu dari Rapaport Diamond Report," jelas gemologist atau pakar berlian Devi Chayadi, saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Pullman Hotel, pada Kamis (19/10).
Meneliti Berlian
Meneliti Berlian (Foto: Thinkstock)
Rapaport sendiri merupakan lembaga penentu harga berlian yang didirikan oleh Martin Rapaport pada 1976 silam. Rapaport memperhitungkan harga berlian menggunakan tiga aspek dasar: color, carat, dan clarity.
Daftar harga yang dilansir Rapaport berlaku secara internasional dan digunakan oleh seluruh toko perhiasan dunia. Rapaport sendiri hanya memperhitungkan 'loose diamond' alias berlian dalam bentuk butiran.
ADVERTISEMENT
Berlian terkecil yang masuk dalam standar Rapaport adalah 0,3 carat. Dalam kata lain, berlian milik kamu baru akan memiliki sertifikat GIA jika memiliki bobot di atas 0,3 carat.
GIA adalah laboratorium berlian yang bertugas memberi penilaian kualitas dan grade berlian dunia. Sertifikat berlian dari GIA berlaku di seluruh dunia. Sertifikat ini jadi acuan dasar untuk menentukan seberapa tinggi harga berlian yang kamu miliki.
"Mewakili mata customer untuk menilai harga berlian. Keluar setiap hari Jumat dan hanya bisa didapat oleh yang berlangganan saja," jelas Devi lagi. Daftar harga Rapaport tidak bisa dicopy dan dibawa pulang, jadi kamu harus mengunjungi toko perhiasan terdekat untuk mencari tahu harga berlian terkini.
Harus berlangganan daftar Rapaport
Harus berlangganan daftar Rapaport (Foto: store.rapaport.com)
Karena hanya menilai dengan aspek 3C (clarity, color, dan carat), masih ada satu aspek yang tersisa: cut.
ADVERTISEMENT
Inilah yang jadi area kosong yang diisi penjual atau kolektor perhiasan untuk bermain menentukan harga. Karena kesempurnaan cuttingan berlian sangat menentukan tinggi rendahnya harga berlian.
Agar tak tertipu dan salah beli, selalu update informasi nilai berlian terkini Rapaport setiap minggu, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan