kumparan
15 April 2018 18:16

Sederet Manfaat Kelapa untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Ilustrasi minyak kelapa
Ilustrasi minyak kelapa (Foto: Thinkstock)
Buah yang satu ini merupakan salah satu tanaman suku aren-arenan atau arecaceae yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mulai dari buah, air, hingga minyak kelapa, tak ada yang sia-sia dalam buah yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Tak diragukan lagi, kelapa yang mengandung vitamin C, asam nikotinat, biotin, riboflavin dan asam folat terbukti berguna untuk menjaga kesehatan.
Air kelapa misalnya, bergunaa untuk menghilangkan dehidrasi karena sakit diare serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, air kelapa juga tepat dikonsumsi ibu hamil karena mampu meredakan morning sickness dan mencegah muntah-muntah.
Namun, tak hanya itu saja, kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.
Ilustrasi air kelapa.
Ilustrasi air kelapa. (Foto: Thinkstock)
Misalnya saja, untuk mencegah terjadinya jerawat. Anda bisa mengkonsumsinya rutin atau mengoleskan air kelapa pada wajah dan biarkan semalaman.
Kelapa juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang memiliki peran penting untuk meminimalkan penuaan kulit dan menyeimbangkan tingkah pH pada kulit wajah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Anda yang kerap mengkonsumsi obat secara rutin, tak ada salahnya mengkonsumsi air kelapa untuk menghilangkan efek racun pada penggunaan antibiotik.
Minyak Kelapa
Minyak Kelapa miliki fakta menarik (Foto: thinkstockphotos)
Dilansir Cosmetics Info, minyak kelapa sendiri banyak ditemukan di dalam kategori kosmetik dan skincare. Mulai dari riasan mata, riasan rambut, krim pencukur, lipstik, sabun mandi hingga tabir surya.
Hal ini sejatinya bukan rahasia lagi. Karena menurut sebuah penelitian, minyak kelapa adalah sumber asam lemak rantai panjang yang lebih rendah. Biasanya, kandungan potassium cocoate dan sodium cocoate dalam minyak kelapa digunakan dalam membuah sabun. Selain itu, minyak kelapa juga banyak digunakan dalam proses pembuatan kue, permen, dan lilin.
ADVERTISEMENT
Sekarang ini, semakin banyak brand kosmetik ternama yang menggunakan kelapa sebagai salah satu bahan dasarnya. Sebut saja Marc Jacobs Beauty yang meluncurkan rangkaian makeup dengan bahan dasar kelapa.
Salah satu yang paling populer adalah Perfecting Coconut Face Primer yang mengandung lima konsentrat kelapa, termasuk air kelapa, sari kelapa dan buliran daging kelapa untuk membuat riasan wajah lebih tahan lama dan tetap terhidrasi.
Brand kosmetik Too Faced juga kabarnya akan mengeluarkan blush palette bernama Natural Face Palette yang mengandung coconut-butter untuk membuat hasil riasan yang lebih natural.
Sedangkan untuk rangkaian perawatan tubuh, brand St. Ives juga merilis body lotion dengan kandungan kelapa dan orchid.
Bagaimana dengan Anda, tertarik menjadikan kelapa sebagai salah satu bahan dasar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan