kumparan
22 Feb 2019 10:25 WIB

Show Koleksi Terakhir Karl Lagerfeld untuk Fendi di Milan Fashion Week

Rancangan terakhir Karl Lagerfeld untuk rumah mode Fendi di Milan Fashion Week 2019. Foto: Miguel Medina/ AFP
Tepat dua hari setelah kepergian Karl Lagerfeld, Fendi memberikan salam perpisahan untuk sang creative director pada show Fendi Milan Fashion Week 2019, Kamis (21/2). Show Fall/Winter 2019 ini menjadi koleksi terakhir Karl Lagerfeld untuk rumah mode Italia tersebut.
ADVERTISEMENT
Dari awal sampai akhir show, ada banyak kejutan yang menyentuh hati para tamu. Mereka disambut dengan dinding yang menampilkan huruf F hitam berukuran besar dan tanda hati berwarna merah, disertai dengan tanda tangan Karl Lagerfeld. Tak sedikit dari mereka yang berhenti dan mengabadikan momen.
Rancangan terakhir Karl Lagerfeld untuk rumah mode Fendi di Milan Fashion Week 2019. Foto: Alessandro Garofalo/ AFP
Saat tiba di area penonton, tamu disambut oleh sebuah kartu kecil berdesain sama seperti dinding dan di halaman belakangnya tertulis tanggal kepergian Karl Lagerfeld, yaitu 19.02.2019. Kartu tersebut diletakkan di atas bangku penonton bersama dengan sebuah file berisi catatan dan lima salinan hasil sketsa dari koleksi Fendi yang telah ditandatangani oleh sang desainer.
Rancangan terakhir Karl Lagerfeld untuk rumah mode Fendi di Milan Fashion Week 2019. Foto: Alessandro Garofalo/ REUTERS
Dalam peragaan busana koleksi Fall 2019 ini, selain menghadirkan beragam koleksi dengan motif monogram double-F dan coat bulu, Fendi juga menampilkan perpaduan apik antara over-sized blazer dengan rok berbahan tulle. Ada juga fitted coat dengan potongan bahu yang sharp. Berbagai aksesori unik khas Fendi juga melengkapi penampilan setiap koleksi, seperti stocking berlogo Fendi yang terbuat dari bahan sheer dan dasi kupu-kupu besar yang eksentrik. Tak ketinggalan, tas bermodel simpel dalam berbagai ukuran, heels dengan aksen emblishment, dan sepatu boots dalam warna cerah juga berhasil mencuri perhatian.
Rancangan terakhir Karl Lagerfeld untuk rumah mode Fendi di Milan Fashion Week 2019. Foto: Alessandro Garofalo/ AFP
Semua koleksi terakhir dari Karl Lagerfeld ini didominasi oleh warna earthy tone, seperti coklat, hitam, abu-abu, dan putih. Namun ada juga beberapa rancangan yang hadir dalam warna-warna striking, seperti kuning, merah maroon, oranye, hijau, dan tosca.
Rancangan terakhir Karl Lagerfeld untuk rumah mode Fendi di Milan Fashion Week 2019. Foto: Alessandro Garofalo/ REUTERS
Untuk mengenang Karl Lagerfeld, Fendi menampilkan koleksi ekstra berupa rancangan kemeja berkerah tinggi. Sebuah penghormatan yang terlihat jelas diperuntukkan bagi sang creative director. Koleksi tersebut seolah menggambarkan penampilan khas sang desainer yang kerap tampil dengan rambut putih dikuncir, kacamata hitam, dan sebuah kemeja putih berkerah tinggi yang ia padukan dengan setelan jas dan celana hitam.
ADVERTISEMENT
Pemutaran video Karl
Hal paling menyentuh dari rangkaian show ini adalah saat momen pemutaran video Karl Lagerfeld setelah fashion show selesai. Video tersebut berisi tentang Karl Lagerfeld yang diminta untuk menggambarkan dirinya di hari pertama bekerja untuk Fendi.
“Wah itu zaman prasejarah, tetapi saya masih ingat. Anda tahu, di tahun ‘60-an kami tidak membatasi diri. Saya memakai topi Cerruti. Saya ingat itu. Rambut panjang, kacamata hitam, dasi bermotif lavalliere, dan sebuah jaket seperti jaket berburu orang Inggris dengan aksen panel. Itu adalah jaket Norfolk. Saya padukan dengan kulot bergaya Prancis, boots, dan tas yang saya temukan di Milan. Itu saja. (Tas itu) terbuat dari tweed Skotlandia, dicetak dalam warna kuning dan merah. Saya ingat betul. Begitu gaya saya, jelek,” tuturnya dalam video yang ditutup dengan tanda salam dari Karl.
Video Karl Lagerfeld di fashion Show Fendi pada saat Milan Fashion Week 2019. Foto: Alessandro Garofalo/ REUTERS
Karl Lagerfeld telah bekerja sebagai creative director dari Fendi selama 54 tahun sejak 1965. Ia mentransformasi brand yang terkenal dengan spesialisasi bulu ini menjadi brand berkelas dunia.
ADVERTISEMENT
Selama menjabat, Karl berhasil membuat gebrakan baru dengan merancang ulang coat Fendi dari bahan yang lebih ringan. Ia juga berani menggunakan warna-warna berbeda, serta mengaplikasikan motif pada koleksi-koleksinya.
Sebagai bentuk ucapan selamat tinggal, Silvia Venturini Fendi, cucu dari pendiri brand Fendi, menulis sebuah catatan untuk Karl Lagerfeld. “Ikatan antara Karl Lagerfeld dan Fendi adalah cerita cinta terpanjang dalam dunia fashion, sebuah hubungan yang terus menyentuh kehidupan kita hingga ke masa depan,” ungkap Silvia yang menjabat sebagai creative director Fendi untuk koleksi busana laki-laki, anak-anak, dan aksesori.
Seperti dilansir dari New York Post, Silvia Venturini Fendi akan menggantikan posisi Karl sebagai creative director. Sekali lagi, selamat jalan Karl Lagerfeld.
Karl Lagerfeld, Creative Director FENDI. Foto: FENDI
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan