kumparan
search-gray
Woman7 Februari 2018 16:26

SOE Jakarta, Desainer Lokal Pertama yang Tampil di London Fashion Week

Konten Redaksi kumparan
Monique Soeriaatmadja
Monique Soeriaatmadja dari SOE Jakarta (Foto: Stephanie Elia)
Satu lagi kabar membanggakan datang dari perancang busana Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Karena tak lama lagi, SOE Jakarta akan menggelar show tunggal pertamanya di Fashion Scout, London Fashion Week 2018!
Prestasi ini diraih setelah melalui proses yang panjang dan berliku. Nantinya, SOE Jakarta akan memamerkan 20 karya terbarunya pada rangkaian Fashion Scout FFW yang dihelat 16 - 20 Februari mendatang.
Tenun dan batik jadi elemen utama yang diampilkan sang desainer, Monique Soeriaatmadja. Saat ditemui kumparan (kumparan.com) dalam acara Lakmé di Eastern Oppulence, Jakarta Selatan (7/2), Monique mengaku amat senang dan bersemangat.
“Sebenarnya (ide) ini udah dimulai dari akhir 2016. Waktu itu kita submit for Fashion Scout, terus SOE Jakarta dipanggil ke sana untuk kasih lihat sampel,” cerita Monique seraya tersenyum.
So I went, I show my samples, and the judges sent me an email, say that they were impressed,” sambungnya lagi.
SOE Jakarta dan tim Lakmé
SOE Jakarta dan tim Lakmé (Foto: Stephanie Elia)
Dalam menciptakan koleksi ini, Monique sendiri menjadikan seniman Georgia O’Keeffe sebagai muse-nya. Ia mengaku terkesan dengan kepribadian kuat yang dimiliki almarhun pelukis asal Amerika tersebut.
ADVERTISEMENT
Kekaguman ini tertuang dalam motif batik yang dicipta Monique. “Aku desain batiknya sendiri. Namanya Blue Nude, ambil dari lukisan (karya Georgia),” jelasnya seraya menunjukkan lukisan yang dimaksud.
“Aku reintrepretasi ulang, lukis ulang pakai watercolor. Karena cari motif yang lebih simpel sih, dasarnya putih, catnya biru,” kata dia.
Ini merupakan kali pertama bagi SOE Jakarta mengawinkan tenun denim dengan batik. Sebelumnya, SOE hanya bermain dengan tenun dan teksturnya.
“Kita punya komitmen menggunakan kain tenun, di-rework lagi, lebih ke tekstur kainnya. Menggunakan teknik tradisional yang terkesan modern, yang bisa dipakai sehari-hari oleh perempuan modern,” tuturnya.
Menggelar show tunggal di London, SOE Jakarta tak sendirian. Ia turut membawa glam team alias tim penata rias sendiri dari Indonesia. SOE Jakarta berkolaborasi dengan Lakmé Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Biasanya Indonesian designer kan pakai existing team yang ada di sana. Nah kita bawa tim dari Indonesia," ujar Adina Tontey, General Manager Lakmé Indonesia, saat ditemui pada kesempatan yang sama (7/2).
"Saya excited Lakmé dan SOE bisa memperkenalkan tren makeup S/S 2018. Jadi, apapun yang kalian lihat di Fashion Scout London itu pure semua dari Indonesia," tutupnya.
Selamat untuk SOE Jakarta by Monique Soeriaatmadja!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white