kumparan
18 November 2017 16:36

Tak Hanya Dibuat Furnitur, Kayu Jati Juga Bisa Dijadikan Piring

Piring Kayu Jati Produksi Adi Stujipto Yogyakarta (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Kayu merupakan salah satu material terfavorit untuk membuat perabot rumah, kayu digemari karena memiliki struktur yang kokoh serta warna yang alami.
ADVERTISEMENT
Salah satu jenis kayu yang menjadi primadona adalah kayu jati, sebagian besar furnitur seperti lemari, meja, kursi, dan dipan terbuat dari kayu ini. Selain dikenal kuat, kayu jati juga dipilih karena dianggap memiliki keunikan warna yang berbeda dari yang lain.
Tetapi selain dibuat furnitur, ternyata kayu jati juga mulai digunakan sebagai alat makan. Adalah Adi Sutjipto Yogyakarta, salah satu produsen yang membuat piring berbahan dasar kayu jati yang dipamerkan di INDOCRAFT 2017.
Piring Kayu Jati Produksi Adi Stujipto Yogyakarta (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Untuk warna, Adi Sutjipto Yogyakarta tetap mempertahankan warna cokelat khas kayu untuk memberikan kesan sejuk dan alami.
"Warnanya tetap sama, hanya diberi lapisan supaya awet. Tapi tentunya food grade ya, aman," ungkap Meri Novita, salah satu pengrajin kayu jati Adi Stujipto Yogyakarta, ketika ditemui kumparan (kumparan.com) di acara INDOCRAFT 2017 di Jakarta Convention Centre, Jakarta Pusat, Jumat, (17/11).
Piring Kayu Jati Produksi Adi Stujipto Yogyakarta (Foto: Adisty Putri Utami/kumparan)
Piring cantik ini dibanderol seharga ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk kerajinan kayu jati yang lain, dimulai dari Rp 10 ribu. Semakin besar dan rumit barangnya, semakin mahal pula harganya. Bahkan hingga ratusan juta rupiah.
ADVERTISEMENT
Ingin membeli piring unik ini? Kamu bisa berkunjung ke INDOCRAFT 2017. Acara dimulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB di Jakarta Convention Centre Senayan, Jakarta Pusat, dan berlangsung sampai Minggu (19/11) besok.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan