kumparan
1 Juni 2017 14:50

Tetap Terhidrasi Saat Berpuasa dengan Lakukan 8 Cara Ini

Hidrasi
Jangan terlalu sering membersihkan wajah (Foto: Thinkstock)
Beraktivitas di luar ruangan selama bulan Ramadhan memang menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Rasa haus dan lapar pasti akan sangat terasa jika melakukan kegiatan yang terlalu menguras energi.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap fit saat sedang berpuasa adalah dengan menghidrasi tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung kadar air cukup tinggi dan menghindari makanan asin mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Tak hanya itu, masih banyak cara lain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat bulan Ramadhan. Apa saja? Dilansir Gulf News, inilah 8 cara menghidrasi tubuh selama menjalankan ibadah puasa:
1. Konsumsi Buah Semangka
Hidrasi
Konsumsi buah semangka (Foto: Thinkstock)
Buah semangka terdiri dari 92 persen air dan 8 persen buah. Cairan ini mengandung garam, kalsium dan magnesium yang mana sangat baik untuk menghidrasi tubuh setelah selama seharian penuh tubuh tidak diisi oleh cairan apa pun. Kamu bisa konsumsi jus buah semangka saat berbuka atau ketika sahur.
ADVERTISEMENT
2. Minum Segelas Susu
Hidrasi
Minum segelas susu (Foto: Thinkstock)
Untuk menghidrasi tubuh, kamu bisa konsumsi susu saat sahur. Susu merupakan salah satu sumber energi yang paling bagus karena mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Dengan meminum segelas susu ketika sahur bisa membuat tubuh tetap berenergi selama menjalankan ibadah puasa. Pilihlah susu cokelat atau susu rendah lemak untuk menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari.
3. Berbuka dengan Sup
Hidrasi
Berbuka dengan Sup (Foto: Thinkstock)
Sup adalah jenis makanan pembuka yang paling bagus dikonsumsi saat berbuka puasa. Kuah hangatnya mampu melegakan perut yang tidak terisi oleh asupan makanan selama seharian penuh. Pilihlah jenis sup dengan tekstur dan rasa yang ringan agar energi bisa kembali dengan cepat seperti semula.
4. Konsumsi Smoothie
Hidrasi
Konsumsi smoothie (Foto: Thinkstock)
Selain semangka, kamu bisa mengkonsumsi aneka buah yang banyak mengandung air lainnya seperti blueberry, strawberry dan apel yang juga tinggi antioksidan. Buatlah smoothie dengan menambahkan sedikit air dan es batu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya konsumsi smoothie saat sahur.
ADVERTISEMENT
5.Hindari Makanan Asin
Hidrasi
Hindari Makanan Asin (Foto: Thinkstock)
Selain bisa menyebabkan hipertensi, makanan asin juga perlu dihindari saat sedang berpuasa. Terlalu banyak konsumsi makanan asin atau gurih bisa membuat tubuh cepat merasa haus dan mudah dehidrasi. Untuk mendapatkan asupan garam, tak perlu konsumsi makanan asin karena kamu bisa mendapatkannya melalui sayuran dan buah-buahan yang mengandung garam.
6. Konsumsi Sayuran Hijau
Hidrasi
Konsumsi sayuran hijau (Foto: Thinkstock)
Sayuran hijau diketahui banyak mengandung air, seperti selada Iceberg yang mana kandungan airnya mencapai 98 persen. Dan jenis sayuran ini sangat baik dijadikan salad untuk membuat kamu tetap terhidrasi selama berpuasa. Konsumsi salad atau sup sayuran hijau lainnya yang banyak mengandung air agar tingkat hidrasi tubuh tetap terjaga.
7. Hidrasi Kulit dari Luar
antioksidan
Gunakan pelembab dan krim antioksidan. (Foto: Thinkstock)
Tak hanya dari dalam tubuh, kamu juga bisa menjaga tingkat hidrasi dari luar tubuh. Setelah bangun tidur, usahakan untuk selalu mengaplikasikan pelembab wajah yang bisa membuat wajah terlihat segar dan terhidrasi. Waktu yang paling baik untuk mengoleskan pelembab adalah saat pagi hari selepas mandi dan malam hari menjelang tidur. Jika kamu berada di luar ruangan, gunakan sunscreen yang mampu mengikat pelembab agar tidak mudah luntur.
ADVERTISEMENT
8. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah
Hidrasi
Hidrasi kulit dari luar (Foto: Thinkstock)
Kamu mungkin berpikir jika membersihkan wajah terlalu sering bisa membuat kamu terhidrasi dari luar. Wajah yang terlalu sering dibersihkan bisa mengurangi kadar minyak pada wajah yang mana bisa membuat kamu cepat dehidrasi. Jika kamu tetap ingin membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab agar kulit tetap lembab meskipun dibersihkan sesering mungkin.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan