kumparan
search-gray
Woman8 Januari 2019 9:05

Tips Karier: 3 Cara Efektif Memperluas Jaringan Profesional

Konten Redaksi kumparan
Tips Karier: 3 Cara Efektif Memperluas Jaringan Profesional (1278774)
Ilustrasi Perempuan Karier. (Foto: Shutterstock)
Menyiapkan CV terbaik dan pengalaman kerja saat hendak melamar di sebuah perusahaan tentu sudah menjadi pakem tersendiri bagi pencari pekerjaan, terutama bagi yang baru meniti karier.
ADVERTISEMENT
Padahal sebenarnya ada yang lebih penting dari itu, yaitu menjalin relasi dengan orang-orang baru. Karena ternyata selain memperbaiki CV dan memperbanyak pengalaman kerja, menjalin relasi dengan tulus juga dapat memudahkan Anda untuk mendapat pekerjaan baru.
Usahakan Anda menjalin relasi yang tulus dengan rekan-rekan baru Anda. Dan perlu diingat, jangan menghubungi mereka hanya saat sedang membutuhkan saja Anda, tetapi selalu tanyakan kabar secara teratur dan siapkan waktu untuk bertemu mereka.
Berikut kumparanSTYLE telah merangkum tiga cara mudah untuk memperluas jaringan profesional agar Anda lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan baru seperti dilansir dari Shopify.
1. Menghadiri berbagai acara
Tips Karier: 3 Cara Efektif Memperluas Jaringan Profesional (1278775)
Ilustrasi Pesta (Foto: Unsplash)
Jaringan atau relasi baru akan mudah didapatkan jika Anda banyak menghadiri acara yang berbeda. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka diri dengan orang atau kelompok baru. Jangan terlalu sibuk bersama rekan yang sudah Anda kenal selama ini.
ADVERTISEMENT
Selain dapat bertukar pikiran baru, memperluas jaringan dapat menjadi hal positif di kemudian hari. Jangan kaget jika suatu saat relasi baru Anda menawarkan pekerjaan dengan posisi yang menjanjikan.
2. Selalu simpan kartu nama
Tips Karier: 3 Cara Efektif Memperluas Jaringan Profesional (1278776)
Ilustrasi Perempuan Karier. (Foto: Shutterstock)
Jika Anda datang ke sebuah acara apapun, usahakan berbaur dengan orang lain dan meminta kartu nama ataupun kontak mereka. Anda tidak pernah mengetahui jika di masa depan mereka bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan.
3. Menjaga hubungan baik
Tips Karier: 3 Cara Efektif Memperluas Jaringan Profesional (1278777)
Ilustrasi rapat. (Foto: Pixabay)
Setelah mendapatkan kontak relasi Anda, usahakan selalu menghubungi orang-orang tersebut secara berkala. Jangan menghubungi mereka jika hanya sedang membutuhkan bantuan saja, namun jalin hubungan relasi itu dengan tulus, sehingga saat Anda membutuhkan bantuan mereka tidak akan segan-segan membantu. Jangan memikirkan apa yang dapat mereka berikan kepada Anda, tetapi apa yang dapat Anda berikan kepada mereka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white