Bisnis
·
22 April 2019 14:58

Untung Rugi Mencuci Pakaian di Laundry Kiloan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Untung Rugi Mencuci Pakaian di Laundry Kiloan (108729)
Mencuci baju. Foto: Shutterstock
Sebagian masyarakat perkotaan — terutama mereka yang sibuk — lebih memilih untuk memanfaatkan jasa laundry kiloan. Selain praktis, harga yang dibanderol murah per kilogramnya membuat masyarakat tergiur menggunakan jasa tersebut. Tak heran kini kita dengan mudah menemukan jasa laundry kiloan di pinggir jalan maupun di sudut-sudut jalan kecil.
ADVERTISEMENT
"Sekarang kan sudah banyak jasa laundry kiloan, jadi ya kenapa enggak dimanfaatin aja. Toh kalau nyuci di rumah pasti repot. Belum lagi biaya untuk beli detergen, pewangi, pelicin, capeknya, tagihan listrik juga bengkak," kata Nanda, saat ditemui kumparan (kumparan.com), kamis (18/4).
Menurut karyawan di salah satu bank swasta ini, jasa laundry kiloan adalah pahlawan baginya untuk mengurus pakaiannya meski harus mengeluarkan budget lebih. "Enak sih, no need to clothesline space and no spend for ironing. Cuma ya harus hemat banget soalnya biaya jasa laundry kiloan juga cukup menguras kantong," lanjut Nanda.
Nanda adalah salah satu dari ribuan orang yang tidak punya waktu luang untuk beristirahat, bahkan seringkali urusan cuci-mencuci benar benar sudah tidak ada waktu, jasa laundry merupakan cara tepat untuk ditempuh ketika tidak bisa mengerjakannya. Terlepas dari manfaatnya — menghemat waktu dan tenaga, hemat listrik, dan tinggal terima bersih — menggunakan jasa laundry juga ada kekurangannya.
ADVERTISEMENT
1. Baju Kurang Bersih
Untung Rugi Mencuci Pakaian di Laundry Kiloan (108730)
com-Cucian Kurang Bersih Foto: Thinkstock
Di baju yang sudah dicuci biasanya masih terlihat noda-noda yang menempel. Jika menggunakan jasa ini, jangan terlalu banyak berharap baju Anda akan bersih 100 persen. Nanda pun mengaku pernah mendapati noda pakaiannya belum hilang. “Pernah complain tapi malah dapet perkataan enggak enak ‘ya namanya juga laundry kiloan’, jadi akhirnya saya legowo aja.”
2. Berisiko Tertukar atau Hilang
Untung Rugi Mencuci Pakaian di Laundry Kiloan (108731)
com-Risiko mencuci pakaian di luandry kiloan Foto: Thinkstock
Selain kurang bersih, pakaian yang Anda titipkan di jasa laundry pun berisiko tertukar dengan pakaian pelanggan lain atau hilang. Jika hilang, kompensasi yang diberikan juga kerap tidak setimpal. Walau belum pernah mengalami kejadian hilang, Nanda mengaku, pakaiannya pernah tertukar dengan orang lain. Beruntungnya, pakaiannya yang tertukar tidak hilang karena masih bisa dikembalikan. Risiko-risiko seperti ini pun perlu Anda ketahui sebelum menggunakan jasa laundry kiloan.
ADVERTISEMENT
3. Baju Cepat Rusak
Tidak ada jaminan pakaian Anda — dengan payetan, sulaman, muslin, kulit, kasmir, sutra, dan suede — aman di laundry kiloan, sebab pakaian dengan material tersebut harus dicuci dengan teknik khusus. Misalnya pakaian yang berbahan sutra harus dicuci dengan teknik dry-cleaning karena teksturnya sensitif, atau muslin yang dicuci terpisah mengingat bahannya yang mudah sobek. Tentu menggunakan jasa kiloan tidak ada jaminan pakaian Anda bebas dari kerusakan apalagi jika dicucinya berbarengan dengan pakaian orang lain dengan bahan yang berbeda-beda.
4. Terkadang Bau Lembab
Saat musim hujan, baju yang Anda cuci di laundry kiloan hasilnya kerap kurang memuaskan. Nanda mengatakan, selain lama, mencuci di laundry kiloan saat musim hujan pakaiannya sering tercium aroma tidak sedap. "Enggak tahu kenapa kalau musim hujan tuh kadang suka dipaksain biar bajunya cepat kering. Baju yang lembab disetrika sampai kering dan diberi pewangi. Biar bau lembabnya enggak kecium banget kali ya, tapi tetep aja bau apek saat dipake."
ADVERTISEMENT
Di era serba instan, semua orang berlomba-lomba ingin melakukan segala sesuatunya dengan cepat tanpa melalui proses yang lama dan ribet. Tidak heran bisnis laundry kiloan semakin menjamur. Ada beragam alasan masyarakat lebih memilih menggunakan jasa laundry kiloan, seperti Nanda yang mengaku tidak punya banyak waktu mencuci, ingin terima bersih, dan lebih menghemat listrik di rumahnya. Padahal, mencuci baju sendiri jauh lebih aman dan bahkan bisa menghemat pengeluaran bulanan seperti tagihan listrik jika menggunakan mesin cuci Primadona SAMBA dari Polytron.
Untung Rugi Mencuci Pakaian di Laundry Kiloan (108732)
com-Polytron Primadona Samba Foto: Dok. Polytron
Mesin Cuci dua tabung ini dilengkapi dengan dengan teknologi Magic Gear yang membuat lebih hemat listrik hingga 30% lebih rendah, mencuci pakaian semakin hemat; dengan kata lain biaya mencuci hanya Rp 400 per kilogram dan sudah termasuk biaya listrik, air, dan deterjen. Mesin cuci ini dilengkapi pula dengan Water Selector yang membuat proses mencuci menjadi lebih praktis. Hasil cucian bersih sempurna.
Untung Rugi Mencuci Pakaian di Laundry Kiloan (108733)
com-Mesin Cuci Polytron Primadona Samba Foto: Dok. Polytron
Anda juga bisa menghemat waktu untuk mencuci karena mesin cuci ini tersedia dalam ukuran tabung lebih besar hingga kapasitas 10 kilogram, mampu menampung cucian lebih banyak. Mesin cuci yang punya empat varian series ini juga anti karat dan bergaransi tiga tahun.
ADVERTISEMENT
Dengan Primadona Samba, Anda bisa menghemat pengeluaran setiap bulan jika dibandingkan selalu mengandalkan jasa laundry yang tidak selamanya menjadi solusi.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Polytron.