Tekno & Sains
·
21 September 2020 10:00

3B Hebat Samsung Galaxy Z Fold2 yang Tak Dimiliki HP Lain

Konten ini diproduksi oleh kumparan
3B Hebat Samsung Galaxy Z Fold2 yang Tak Dimiliki HP Lain (61385)
Samsung Galaxy Note 20 Ultra Caviar Foto: Caviar
Samsung menghadirkan smartphone baru yang sarat inovasi dan teknologi, Galaxy Z Fold2. Smartphone lipat generasi terbaru ini membawa berbagai fitur dan desain yang sangat keren dan modern.
ADVERTISEMENT
Salah satu fitur utama yang dibanggakan Samsung adalah Multi-Active Window. Fitur ini memberikan pengguna pengalaman multi-tasking yang tidak ada duanya dibandingkan ponsel lain.
Kehebatan Samsung Galaxy Z Fold2 tidak berhenti sampai di situ saja. Masih banyak inovasi lain, mulai dari aspek teknologi, desain, spesifikasi, dan lain sebagainya. Ada tiga kata utama yang tepat menggambarkan Samsung Galaxy Z Fold2: Big, Bold, dan Beautiful.
Lalu, kehebatan apa saja yang representasikan ketiga kata tersebut? Berikut ulasannya!

Big

Saat pertama kali melihat Samsung Galaxy Z Fold2, hal pertama yang akan disadari adalah betapa besarnya gadget satu ini. Ketika dilipat, bentuknya menjadi tinggi dengan lebar yang cukup kecil. Ketebalannya hampir mirip dengan dua smartphone yang ditumpuk serta memiliki bobot 282 gram.
ADVERTISEMENT
Namun, ukuran jumbo ini ternyata menawarkan banyak hal luar biasa dari segi layar dan tampilan. Ketika dibuka, Layar Utama Dynamic AMOLED berukuran 7,6 inci dengan bezel kecil tanpa notch langsung menyambut. Satu hal yang layar ini semakin spesial adalah karena ia terbuat dari ultra-thin glass.
3B Hebat Samsung Galaxy Z Fold2 yang Tak Dimiliki HP Lain (61386)
Samsung Galaxy Z Fold 2 Foto: Samsung
Bagi pengguna Samsung Galaxy Fold generasi pertama, kehadiran notch pada sisi kanan atas layar menjadi bagian yang sedikit mengganggu. Masalah itu tak lagi ditemukan di penerusnya, Galaxy Z Fold2, karena Samsung telah melepas notch besar itu dan menggantinya dengan punch hole sebagai rumah bagi kamera selfie.
Desain punch-hole berhasil membuat pengguna Galaxy Z Fold2 memperoleh layar yang luar biasa luas. Sangat cocok untuk berlama-lama mengerjakan sesuatu pada smartphone ini, termasuk menonton video hiburan.
ADVERTISEMENT
Samsung melengkapi Galaxy Z Fold2 dengan kapasitas baterai yang besar. Samsung memberikan baterai dengan total daya 4.500 mAh. Baterai ini juga sudah mendukung teknologi fast charging 25 Watt.

Bold

Fitur utama yang paling diunggulkan Samsung Galaxy Z Fold2 tentu saja kemampuan multi-tasking. Samsung menghadirkan fitur Multi-Active Window yang sangat luar biasa dan juga didukung berbagai fitur-fitur lain.
Menggunakan Layar Utama yang sangat luas, pengguna dapat menjalankan hingga 3 aplikasi sekaligus dalam satu layar. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Drag and Drop yang memudahkan penyalinan data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Lupakan copy dan paste, karena pengguna hanya perlu menarik data yang ingin disalin dan melepaskannya pada aplikasi lain lewat fitur Drag and Drop.
ADVERTISEMENT
Fitur Edge Panel juga memberikan pengguna keleluasaan serta kenyamanan dalam membuka aplikasi. Cukup menarik layar bagian kanan, seluruh aplikasi yang sering digunakan akan langsung muncul dan bisa digunakan.
Samsung juga telah bekerja sama dengan Microsoft untuk menunjang produktivitas penggunanya. Lewat Galaxy Z Fold2, pengguna sudah bisa menggunakan fitur-fitur multitasking ini pada aplikasi Microsoft Word, Power Point, Excel, dan lain sebagainya.
Interface Samsung Galaxy Z Fold2 juga telah didukung dengan fitur Flex Mode. Fitur ini akan secara pintar memahami kondisi atau bentuk perangkat ketika tengah digunakan.
3B Hebat Samsung Galaxy Z Fold2 yang Tak Dimiliki HP Lain (61387)
Tampilan Multi-Active Window Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Pengguna bisa menonton video YouTube pada Layar Penutup ketika smartphone tengah dilipat. Jika ingin lebih nyaman, pengguna bisa membuka lipatan dan secara otomatis interface video atau YouTube akan berubah menyesuaikan Layar Utama Galaxy Z Fold2.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pengguna juga masih bisa menggunakan Galaxy Z Fold2 saat lipatan dibuka secara tak sempurna. Bentuk ini akan membuat menonton atau mengerjakan sesuatu menjadi lebih nyaman dan tentunya dengan interface yang sesuai dengan kebutuhan.
Dari segi dapur pacu, Samsung melengkapi perangkatnya dengan chipset Snapdragon 865+ lengkap dengan RAM 12 GB. Kombinasi ini memberikan pengalaman bekerja dan multitasking yang luar biasa mulus di Galaxy Z Fold2
Samsung juga memasang pemindai sidik jari (fingerprint), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 6, Ultra-Wide Band (UWB), perangkat NFC, dan juga dual speaker untuk memastikan seluruh aplikasi pada smartphone lipatnya berjalan dengan maksimal.

Beautiful

Secara tampilan, satu hal yang membuat Galaxy Z Fold2 lebih baik dari Galaxy Fold lawas adalah Layar Penutup di bagian depannya. Pada pendahulunya, ukuran layar tersebut terbilang cukup kecil. Di Galaxy Z Fold2, Samsung menghadirkan ukuran layar yang cukup lebar.
ADVERTISEMENT
Layar Penutup di Galaxy Z Fold2 memberikan akses yang lebih luas dan mudah untuk mengerjakan hal-hal minor pada perangkat. Pengguna dapat lebih mudah mengakses Instagram atau Twitter sambil bersantai.
Layar Penutup Super AMOLED berukuran 6.2 inci itu juga dilengkapi dengan desain punch hole untuk menyimpan kamera. Desain ini membuat Layar Penutup Galaxy Z Fold2 menjadi lebih luas dan tanpa gangguan saat digunakan.
3B Hebat Samsung Galaxy Z Fold2 yang Tak Dimiliki HP Lain (61388)
Samsung Galaxy Z Fold 2 Foto: Samsung
Pengguna Galaxy Z Fold pasti masih ingat betapa mengganggunya proses scrolling pada smartphone layar lipat pertamanya Samsung. Masalah itu disebabkan pixel yang berubah tidak ke arah bawah perangkat saat Layar Utama digunakan.
Arah perubahan pixel itu berbeda dari penggunaan smartphone pada umum yang secara vertikal. Ini menyebabkan proses scrolling mengalami sedikit lagging. Namun, Samsung telah menyelesaikan perkara ini di Galaxy Z Fold2.
ADVERTISEMENT
Solusi dari Samsung? Meningkatkan refresh rate perangkat hingga 120 Hz. Refresh rate yang luar biasa ini dipastikan akan membuat setiap pengguna betah berlama-lama menatap Galaxy Z Fold2, menjelajah internet, serta membuka berbagai fitur dan aplikasi.
Meski begitu, refresh rate tinggi bukan tanpa kekurangan. Kemampuan ini dapat mengurasi baterai secara cepat. Namun tak perlu khawatir, Samsung memberikan pilihan untuk menggunakan refresh rate rendah hingga 11 Hz saja untuk menghemat baterai. Ada juga fitur 120 Hz adaptive refresh rate yang akan secara pintar mengatur refresh rate layar bergantung kepada aplikasi atau konten apa yang tengah dibuka.
Samsung Galaxy Z Fold2 dilengkapi dengan total 5 buah kamera. Spesifikasi kamera belakang 12 MP (wide), 12 MP (telephoto) 2x optical zoom, dan 12 MP (ultrawide). Sementara untuk kamera selfie di Layar Penutup 10 MP (wide) dan Layar Utama 10 MP (wide).
ADVERTISEMENT
Fitur kamera andalan Galaxy Z Fold2 menawarkan kontrol dan kualitas kamera level tertinggi pada kelas smartphone flagship. Ada mode Pro Video yang sama dengan Galaxy Note 20 series, Single Take, Bright Night, dan Night Mode. Galaxy Z Fold2 akan membantu kamu mengabadikan momen dalam kualitas yang menakjubkan di segala situasi.
Berkat kehadiran Layar Penutup di Samsung Galaxy Z Fold2, pengguna bisa foto selfie melalui kamera utama yang terdiri dari 12 MP (wide), 12 MP (telephoto) 2x optical zoom, dan 12 MP (ultrawide). Mode foto selfie dengan kamera utama ini dimungkinkan karena desain Layar Penutup akan bersebelahan dengan kamera utama ketika ia dibuka. Dengan demikian, Layar Penutup akan menjadi viewfinder dan kamera utama berfungsi jadi kamera selfie.
3B Hebat Samsung Galaxy Z Fold2 yang Tak Dimiliki HP Lain (61389)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Samsung Galaxy Z Fold2 hadir dengan dua pilihan warna: Mystic Bronze dan Mystic Black. Tertarik dengan Galaxy Z Fold2? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda dapat kunjungi situs www.galaxylaunchpack.com.
ADVERTISEMENT