Tekno & Sains
·
20 September 2020 11:20

5 Alasan Upgrade HP ke Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold2

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Upgrade HP ke Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold2 (9000)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Mau upgrade HP kamu tapi bingung mau beli smartphone apa? Atau, justru kamu bosan dengan inovasi smartphone yang itu-itu saja?
ADVERTISEMENT
Kalau kamu punya masalah semacam itu, kamu bisa melirik Samsung Galaxy Z Fold2. Smartphone layar lipat terbaru dari Samsung itu bukanlah smartphone biasa. Ia punya berbagai aspek yang membuatnya spesial dan berbeda dari smartphone kebanyakan. Tapi perlu dicatat, harganya juga tinggi, dan oleh karenanya ia pantas disebut ‘HP sultan.’
Ada beberapa aspek menarik dari Galaxy Z Fold2. Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah 5 alasan untuk kamu upgrade HP ke Samsung Galaxy Z Fold2.

Futuristik

Jika kamu orang yang tech geek atau maniak dengan teknologi, Samsung Galaxy Z Fold2 adalah salah satu smartphone yang patut kamu coba. Melalui Galaxy Z Fold2, Samsung hendak mendobrak jumudnya inovasi smartphone saat ini, khususnya untuk bagian desain.
ADVERTISEMENT
Dengan smartphone layar besar yang bisa dilipat, kamu bisa menjadikan Galaxy Z Fold2 sebagai smartphone atau tablet Android sesuai dengan kebutuhan kamu. Ia adalah jawaban bagi pengguna smartphone yang mau punya layar yang mantap dan pengguna tablet yang mau punya perangkat yang ergonomis.
Galaxy Z Fold2 sendiri memiliki Layar Penutup Super AMOLED seluas 6,2 inci dengan resolusi HD+. Layar ini memberikan kita kegunaan yang lebih baik ketimbang pendahulunya Galaxy Fold yang cuma punya layar cover seluas 4,6 inci.
5 Alasan Upgrade HP ke Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold2 (9001)
Layar utama Galaxy Z Fold2 bisa membuka dua hingga tiga aplikasi sekaligus. Foto: Samsung
Saat dibuka, Galaxy Z Fold2 memiliki Layar Utama Dynamic AMOLED seluas 7,6 inci dengan resolusi QXGA+ Foldable. Layar Utama tersebut sudah mendukung adaptive refresh rate 120 Hz, sehingga kamu bisa scrolling atau main game dengan lebih mulus.
ADVERTISEMENT
Selain layar yang lebih optimal ketimbang pendahulunya, Samsung juga menerapkan teknologi baru untuk menjaga ketahanan engsel Galaxy Z Fold2. Teknologi ini disebut Samsung sebagai sweeper. Sistem bulu penyapu berbahan karbon dan nilon ini akan menjaga engsel dari debu dan partikel kecil lain yang bisa merusak bagian engsel perangkat. Samsung menyebut kalau sweeper di Galaxy Z Fold2 lebih efektif 25 persen untuk menangkal kotoran yang mengganggu, ketimbang sweeper di Galaxy Fold .

Kaya fitur

Desain futuristik itu didukung oleh berbagai fitur yang disematkan Samsung pada Galaxy Z Fold2. Pada dasarnya, fitur-fitur ini dimungkinkan karena desainnya itu sendiri.
Salah satu fitur yang jadi andalan ada pada bagian multitasking. Karena ukuran Layar Utama-nya yang besar, pengguna bisa membagi layar tersebut untuk membuka dua hingga tiga aplikasi secara bersamaan.
ADVERTISEMENT
Galaxy Z Fold2 pun mendukung App Contintuity. Fitur ini memungkinkan aplikasi tetap berjalan meski kamu berpindah dari satu mode layar ke mode layar yang lain. Kemudian ada Drag and Drop yang memudahkan pengguna untuk menyeleksi konten berupa teks, gambar, tabel, hyperlink, dari aplikasi satu, dan menyeret konten tersebut ke aplikasi lain.
Video
Samsung juga membuat Galaxy Z Fold2 lebih baik ketimbang pendahulunya. Sebab, ia telah mendukung Flex Mode. Fitur ini bakal membuat Galaxy Z Fold2 bisa tetap tegak berdiri layaknya laptop meski ditekuk dalam 75 hingga 115 derajat.

Pengalaman baru memakai kamera

Keberadaan fitur Flex Mode itu bakal mempengaruhi pengalaman pengguna ketika memakai kamera. Jika kamu seorang vlogger, Samsung Galaxy Z Fold2 merupakan jawaban kamu untuk merekam konten.
ADVERTISEMENT
Dengan mengaktifkan kamera saat Flex Mode, kamu bisa merekam video dan foto selfie tanpa menggenggam ponsel dengan kamera 10 MP di bagian Layar Utama. Mode foto dengan Flex Mode ini akan membuat layar Galaxy Z Fold2 terbagi menjadi dua bagian: layar bagian atas akan menampilkan cermin foto, dan bagian bawah menampilkan viewfinder.
5 Alasan Upgrade HP ke Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold2 (9002)
Kamera belakang Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Galaxy Z Fold2 juga memungkinkan kamu memakai kamera yang terdiri dari 12 MP (wide), 12 MP (telephoto) 2x optical zoom, dan 12 MP (ultrawide) untuk foto selfie. Mode foto selfie dengan kamera utama ini dimungkinkan karena desain Layar Penutup akan bersebelahan dengan kamera utama ketika ia dibuka. Dengan demikian, Layar Penutup akan menjadi viewfinder dan kamera utama berfungsi jadi kamera selfie.
ADVERTISEMENT

Performa mumpuni

Tak cuma desain yang futuristik dan kaya fitur, Galaxy Z Fold2 juga dibekali dengan performa khas smartphone flagship Samsung. Ia telah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang notabene merupakan chipset terbaik industri smartphone saat ini.
Prosesor ini memiliki core CPU Prime mencapai 3,1 GHz. Artinya, ia 10 persen lebih baik dibandingkan dengan clock speed 2,84 GHz pada Snapdragon 865. Chipset ini juga memiliki peningkatan 10 persen lebih baik untuk framerate saat bermain game karena dukungan GPU Adreno 650 yang juga telah mendapatkan peningkatan clock speed.
Kemampuan smartphone didukung oleh keberadaan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB atau 512 GB. Kapasitas tersebut menjanjikan kamu multitasking yang mulus dan ketersediaan ruang penyimpanan yang lega.
ADVERTISEMENT

Lebih mantap dari pendahulunya

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold2 mengalami upgrade yang terbilang besar. Hal ini bisa dilihat dari Layar Penutup yang lebih baik, bodi yang kokoh, performa yang lebih tinggi, hingga ketersediaan berbagai fitur yang lebih kaya.
5 Alasan Upgrade HP ke Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Fold2 (9003)
Perbandingan layar Galaxy Fold dan Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Samsung sendiri mulai membuka penjualan perdana HP ‘sultan’ ini dengan sistem pre-order hingga tanggal 19 September kemarin melalui situs www.galaxylaunchpack.com seharga Rp 33.888.000.
Jika Anda ingin upgrade ke smartphone “Sultan”, Anda dapat mengunjungi situs https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-z-fold2/ untuk informasi yang lebih lengkap.