kumparan
28 Juli 2018 18:46

5 Fakta Unik Video Viral Kiki Challenge yang Dilarang Polisi

Aura Kasih ikut #inmyfeelingschallenge pakai becak (Foto: IG @aurakasih)
Jagat media sosial sedang diramaikan oleh video tarian Kiki Challenge atau yang ramai dengan tagar #inmyfeelingschallenge. Hingga kini di Instagram, tagar inmyfeelingschallenge sudah mencapai lebih dari 347 ribu posting.
ADVERTISEMENT
Tarian ini menjadi kontrovesi karena dianggap membahayakan si penari dan orang lain. Seseorang yang melakukan tarian Kiki Challenge, biasanya melakukan tarian ini dengan awalan keluar dari mobil, kemudian melakukan gerakan sambil bernyanyi dan mobil terus berjalan perlahan.
Nyatanya demam Kiki Challenge tidak hanya merambah Indonesia saja, tetapi sudah mengglobal dengan beragam posting tarian.
Kamu mungkin penasaran dari mana tarian ini berasal dan mengapa ia bisa viral?
1. Memakai lagu Drake: In My Feelings
Musisi hip-hop Drake mengeluarkan album baru bertajuk Scorpion pada akhir Juni lalu. Di sana terdapat lagu 'In My Feelings' yang merupakan salah satu lagu terbaik di album itu. Video official-nya yang diunggah di YouTube sudah dinonton hampir 4 juta kali. Nama Kiki itu sendiri masuk dalam lirik lagu.
ADVERTISEMENT
Tapi, dalam video musik tersebut, sama sekali tidak ada adegan ala Kiki Challenge. Iya, lagu Drake sekadar jadi pengiring untuk video Kiki Challenge yang viral.
Video
Lalu, siapa yang mempopulerkan tarian Kiki Challenge? Baca informasi lengkapnya pada poin-poin berikut di bawah ini.
2. Tarian dilakukan oleh Shiggy
Tarian Kiki Challenge rupanya bukan dipopulerkan oleh Drake, sang pembuat lagu In My Feelings. Tarian itu menjadi viral berkat aksi Shiggy, seorang kreator konten yang suka membuat video tarian.
Di akun Instagram pribadinya @theshiggyshow, yang saat ini memiliki 1,7 juta followers, Shiggy memulai video tarian yang diiringi musik In My Feelings pada 30 Juni 2018. Dia menari dengan energik di pinggir jalan dan gerakannya sangat pas dengan irama In My Feelings.
ADVERTISEMENT
Shiggy kala itu tidak melakukan tarian dengan mobil yang bergerak seperti Kiki Challenge yang viral sekarang. Mari simak video Shiggy di bawah ini:
Loading Instagram...
3. Tarian dengan mobil bergerak oleh Shay Mitchell
Berawal dari tarian Shiggy, beberapa selebriti mulai mengikuti tariannya yang energik. Salah satu selebriti yang berpartisipasi adalah Will Smith.
Selebriti lain yang turut membantu mempopulerkan adalah Shay Mitchell asal Kanada. Dia bisa disebut sebagai pelopor tarian Kiki Challenge dengan mobil yang bergerak.
Loading Instagram...
Tidak hanya selebriti luar, ada pula selebriti Indonesia menarikan Kiki Challenge yang kemudian videonya viral di media sosial. Mereka antara lain Jessica Iskandar, Nia Ramadhani, hingga penyanyi Aura Kasih yang melakukannya dengan properti becak berjalan.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Loading Instagram...
4. Penamaan Kiki Challenge
Ada yang berbeda terkait penamaan tarian ini. Di Indonesia, ini terkenal dengan sebutan Kiki Challenge. Tetapi di negara lain, tarian Shiggy terkenal dengan sebutan In My Feelings Challenge atau 'inmyfeelingschallenge,' sesuai dengan tagar di Instagram.
Penamaan Kiki Challenge merujuk pada lirik lagu yang dibawakan oleh Drake, yaitu "Kiki, do you love me, are you riding, say you’ll never ever leave from beside me."
Situs Genius(dot)com yang sering mengulas makna lirik lagu, menulis bahwa sejumlah penggemar Drake berspekulasi Kiki adalah mantan pacar Drake. Pasangan ini berpacaran saat remaja di Toronto, Kanada. Sumber lain mengatakan bahwa Kiki di sini sebenarnya adalah model K'yanna Barber.
Siapakah Kiki sebenarnya? Mungkin suatu saat Drake akan mengungkapnya!
ADVERTISEMENT
5. Larangan aksi Kiki Challenge
Video gerakan Kiki Challenge membuat beberapa pihak meminta agar tidak dilakukan, karena dianggap berbahaya. Pasalnya, gerakan dilakukan saat di jalan saat mobil dalam keadaan bergerak perlahan, sehingga penari akan mengikuti mobil tersebut.
Terkait hal itu Polri sudah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi Kiki Challenge.
"Yang jelas Kiki itu dilarang ya, kita akan lakukan penindakan. Penegakan hukum itu dikandung maksud bahwa polisi ingin masyarakat pengguna jalan selamat," ucap Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol M Iqbal, dalam keterangannya, Kamis (26/7).
Loading Instagram...
Iqbal menekankan pelaku tarian tersebut dapat membahayakan pengguna jalan lain. Bahaya tersebut bisa berupa tabrakan atau pelakunya yang terjatuh dari mobil yang masih berjalan.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan lakukan Kiki Challenge, ya. Jika kukuh ingin melakukannya, kamu yang suka menari bisa tetap ber-Kiki ria tanpa adegan mobil berjalan. Atau kamu cukup tahu saja tentang kisah unik asal-usulnya dan bagaimana ia bisa viral.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan