kumparan
12 Februari 2020 12:14

5 Fitur Keren di Kamera Samsung Galaxy S20

Kamera Galaxy S20 Ultra (Square)
4 kamera belakang di Samsung Galaxy S20 Ultra. Foto: Reuters/Stephen Lam
Samsung baru saja merilis trio Galaxy S20 pada Selasa (11/2). Ketiga smartphone flagship ini hadir dengan aspek fotografi sebagai unggulannya.
ADVERTISEMENT
Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus, misalnya, dibekali dengan kamera utama 12 MP, kamera ultra-wide 12 MP, telephoto 64 MP dengan kemampuan 30x zoom, dan kamera selfie 10 MP. Khusus untuk varian Plus, smartphone tersebut dilengkapi dengan tambahan kamera depth sensor di bagian belakang.
Adapun Galaxy S20 Ultra, varian dengan spesifikasi tertinggi, hadir dengan kamera utama beresolusi 108 MP. Kamera tersebut ditemani dengan 12 MP ultra-wide, sebuah depth sensor, 48 MP telephoto dengan kemampuan 100x zoom, dan kamera selfie 40 MP.
Meski punya spesifikasi kamera yang beragam, trio Galaxy S20 konsisten menawarkan kemampuan zoom yang besar. Itu mengapa kamera menjadi fitur yang paling disukai kumparan, karena dengan kemampuan tersebut, foto objek yang di-zoom masih dapat terlihat jelas.
ADVERTISEMENT
Video
Tak hanya soal spesifikasi, Samsung juga menawarkan berbagai fitur unggulan di kamera tersebut. Dengan menggabungkan hardware yang tinggi dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), pengguna dijanjikan memiliki pengalaman yang berbeda saat mengambil foto dan video melalui ketiga smartphone tersebut.
Namun, apa saja sih sebenarnya fitur-fitur keren dari kamera yang disediakan Samsung Galaxy S20? kumparan telah merangkum daftarnya dan kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Kamera 108 MP

Seperti yang tadi disebutkan, Samsung Galaxy S20 Ultra menghadirkan kamera utama beresolusi 108 MP. Kamera ini dikerjakan sendiri oleh Samsung, dan digunakan pula oleh Xiaomi untuk Mi Note 10 mereka.
Pada dasarnya, kamera 108 MP ini hanya beresolusi 12 MP. Meski demikian, kamera ini dapat menggabungkan sembilan pixel secara bersamaan dalam suatu proses yang disebut nona-binning.
Samsung Galaxy S20 Ultra
Samsung Galaxy S20 Ultra mendukung jaringan 5G. Foto: Reuters/Stephen Lam
Kamera ini pun menjadi yang terbesar dalam urusan resolusi untuk sebuah kamera smartphone. Dengan pixel yang lebih besar, Samsung mengklaim bahwa Galaxy S20 Ultra dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk mendapatkan kualitas foto terbaik.
ADVERTISEMENT

100x Zoom

Selain resolusi yang besar, Galaxy S20 Ultra juga memiliki kemampuan zoom hingga 100 kali. Kemampuan ini Samsung sematkan melalui kamera telephoto 48 MP yang dimiliki smartphone tersebut.
Daya perbesaran yang tinggi tentunya akan memungkinkan pengguna dalam menangkap gambar dengan kualitas baik walau dari jarak jauh. kumparan belum mencoba bagaimana kualitas zoom 100x ini, namun akan menceritakan pengalaman kami kepada kalian setelah mengulasnya nanti.
Untuk varian Galaxy S20 Plus dan biasa, Samsung menawarkan kemampuan zoom yang lebih rendah, yakni 30 kali lipat saja. Meski demikian, kemampuan tersebut tak bisa dianggap rendah.
Samsung Galaxy S20 Ultra
Smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan
Dalam acara Samsung Unpacked, zoom 30x ini mampu menunjukkan pulau Alcatraz dengan detail gambar yang mencukupi. Padahal, jika dilihat secara default, pulau tersebut hanya tampak seperti sebuah titik kecil.
ADVERTISEMENT

Single Take

Salah satu fitur kamera yang disukai kumparan dari Galaxy S20 adalah Single Take. Sebab, melalui kecerdasan buatan,
pengguna dimungkinkan untuk mengambil berbagai macam gaya dan versi foto secara bersamaan.
Untuk menggunakan fitur ini, pengguna perlu menghabiskan waktu sekitar 10 detik untuk pengambilan gambar. Jika nantinya pengguna tidak dapat memutuskan versi foto mana yang mereka suka, kecerdasan buatan di Galaxy S20 bakal memilih foto yang dianggapnya terbaik.
Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, Galaxy S20 Ultra
Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, Galaxy S20 Ultra. Foto: Reuters/Stephen Lam
Tak hanya untuk foto, fitur ini juga bisa menghasilkan tiga macam gaya video selain video asli, yang terdiri dari video yang kurasi gambar terbaik, time lapse, dan boomerang.

Video Resolusi 8K

Aspek videografi juga menjadi salah satu unggulan yang dibawa trio Galaxy S20. Ketiga smartphone itu mampu merekam video beresolusi 8K.
ADVERTISEMENT
Jika kamu punya TV QLED 8K buatan Samsung, kamu bisa menyaksikan langsung tayangan video 8K yang direkam melalui Galaxy S20 ke TV tersebut. Samsung juga mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan YouTube untuk mempermudah pengguna smartphone Galaxy S20 mengunggah video 8K secara langsung ke platform tersebut.
Tentu kemudahan ini memiliki syarat di mana operator internet yang digunakan pengguna punya kapasitas bandwith yang besar.
Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, Galaxy S20 Ultra
Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, Galaxy S20 Ultra. Foto: Reuters/Stephen Lam

Video Snap

Fitur keren terakhir yang dihadirkan Samsung di Galaxy S20 adalah Video Snap. Melalui fitur ini, pengguna dapat menangkap gambar dari layar (screenshot) yang sedang menampilkan salah satu adegan dalam video 8K.
Meski hanya gambar dari tangkapan layar video, Samsung mengklaim bahwa fitur ini dapat menjaga kualitas foto dari screenshot sebesar 33 MP.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan