kumparan
search-gray
Tekno & Sains14 Februari 2019 19:30

5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas

Konten Redaksi kumparan
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86163)
Mark Zuckerberg bersama istri dan kedua anaknya. Foto: Mark Zuckerberg/Facebook
14 Februari merupakan tanggal yang identik dengan Hari Kasih Sayang atau biasa disebut Hari Valentine. Dalam momen ini orang-orang akan memberikan hadiah berupa cokelat, bunga, atau lainnya kepada orang terkasih.
ADVERTISEMENT
Dan untuk menghangatkan momen Hari Kasih Sayang ini, kita bisa melihat juga bagaimana kisah romantis yang dijalin oleh para tokoh teknologi kenamaan dunia dengan pasangannya.
Mungkin kisah-kisah ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu, mengenai bagaimana sosok-sosok perempuan di balik digdaya para tokoh teknologi yang terkenal kaya raya tersebut.
Sebagai manusia, tentu mereka punya kehidupan lain selain menciptakan perangkat teknologi terbaru atau mengembangkan bisnis perusahaannya hingga sukses. Ada pasangan yang kompak, hingga ada pasangan yang berakhir dengan perpisahan.
kumparan merangkum lima kisah cinta dari tokoh teknologi dunia. Berikut kisahnya.
1. Bill Gates
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86164)
Melinda dan Bill Gates. Foto: REUTERS/Kamil Zihnioglu/Pool
Kisah cinta Bill Gates dan Melinda Gates bisa diumpamakan sebagai sebuah dongeng. Melinda French, merupakan seorang gadis muda lulusan Duke University dan bergabung dengan Microsoft sebagai manajer produk pada 1987.
ADVERTISEMENT
Hubungan keduanya disebut bak dongeng karena seperti mengisahkan seorang perempuan muda yang didekati seorang pangeran memikat (berkat kekayaannya, Bill bisa dibilang punya segalanya).
Melinda didekati oleh Bill yang saat itu menjabat sebagai CEO di perusahaan yang ia dirikan tersebut. Bill sempat memberanikan diri untuk mengajak Melinda kencan makan malam, tetapi Melinda menolaknya.
Alih-alih menerima ajakan kencan, Melinda hanya memberikan nomor teleponnya. Ia meminta Bill untuk menghubunginya jika waktunya sudah dekat dengan hari kencan yang diinginkan Bill. Tapi Bill tidak sabar. Di hari yang sama, Bill langsung menelepon Melinda pada malam harinya.
Sejak saat itulah keduanya semakin dekat hingga kini menjalani kehidupan bersama. Lucunya, ibu dari Melinda tidak tahu jika laki-laki yang berpacaran dengan anaknya adalah CEO dari perusahaan tempatnya bekerja. Bill dan Melinda berpacaran selama tujuh tahun sebelum memutuskan untuk menikah.
ADVERTISEMENT
Pertunangan Bill dan Melinda dilakukan pada 1993, yang kemudian dilanjutkan dengan berlibur bersama ke Afrika. Dalam perjalanan itulah mereka melihat kemiskinan yang ekstrem di sana. Dari sini keduanya terinspirasi untuk dapat membantu mengentasi kemiskinan menggunakan kekayaan mereka.
Di masa depan, mereka mendirikan yayasan amal bernama Melinda and Bill Gates Foundation dan menyumbangkan 40,3 juta dolar AS.
Bill dan Melinda menikah pada 1 Januari 1994 di Manele Bay Hotel, Hawaii, dan pesta itu dilaporkan menelan biaya 1 juta dolar AS. Namun, mereka ingin menjauhkan kemeriahan pernikahannya dari awak media.
Salah satu pasangan terkaya di dunia itu kini telah dikaruniai tiga anak, yakni Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, dan Phoebe Adele Gates. Bill dan Melinda juga pernah menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom pada 2016 dari Presiden AS Barack Obama atas upaya mereka membantu sesama.
ADVERTISEMENT
2. Mark Zuckerberg
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86165)
Mark Zuckerberg bersama istri, Priscilla Chan. Foto: Stephen Lam/Reuters
CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya sekarang, Priscilla Chan, bertemu pertama kali di sebuah pesta pada tahun 2003. Menariknya, pertemuan keduanya terjadi ketika keduanya sedang mengantre toilet di pesta tersebut.
Saat itu keduanya masih berstatus sebagai mahasiswa di Harvard University. Setelah perkenalan yang tak terduga itu, keduanya mulai berpacaran. Cinta yang terjalin keduanya disebut murni karena saat itu Facebook belum ada dan keduanya hanya sebatas mahasiswa kampus.
Ketika Zuckerberg memutuskan untuk berhenti kuliah dan pindah ke California demi mengembangkan Facebook, Priscilla juga ikut pindah ke California untuk menjalani studi kedokteran di University of California.
Zuckerberg dan Priscilla kemudian menikah pada 19 Mei 2012. Saat itu, pernikahannya jauh dari sorotan media karena tidak ada publikasi sebelumnya dari Zuckerberg terkait rencana pernikahannya.
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86166)
Mark Zuckerberg dan istri bersama putrinya, Max. Foto: Mark Zuckerberg via Facebook
ADVERTISEMENT
Di hari pernikahan, Zuckerberg mengundang 100 tamu untuk datang tapi tanpa memberitahu jika acara tersebut adalah acara pernikahan. Para tamu yang datang justru menganggap undangan dari Zuckerberg tersebut adalah untuk merayakan kelulusan Priscilla dari studi kedokterannya di University of California.
Kini, pasangan ini telah dikaruniai dua putri bernama Maxima Zuckerberg yang lahir pada 1 desember 2015 dan August Chan Zuckerberg yang lahir pada 28 Agustus 2017.
Sebagai komitmen keduanya terhadap kemanusiaan, pasangan ini berjanji untuk mendonasikan 99 persen saham Facebook mereka. Sumbangan tersebut akan berlangsung seumur hidup mereka.
3. Elon Musk
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86167)
Elon Musk, CEO perusahaan SpaceX dan Tesla. Foto: REUTERS/Danny Moloshok
Kisah percintaan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, kerap diterjang badai di tengah perjalanan. Pria yang kini berusia 47 tahun itu sudah mengalami tiga kali perceraian dan beberapa hubungan pacaran yang berakhir kandas.
ADVERTISEMENT
Elon Musk pertama kali menjalani pernikahan dengan seorang novelis asal Kanada bernama Justine Wilson (sekarang menggunakan nama Justine Musk). Mereka bertemu saat masih kuliah di Queen’s University, Kanada.
Pasangan ini menikah pada Januari 2000 dan memiliki seorang putra bernama Nevada. Namun, Nevada meninggal saat bayi yang membuat pergolakan di hubungan mereka.
Keduanya bisa kembali tersenyum setelah dikaruniai anak kembar dua dan sekali lagi anak kembar tiga. Musk kemudian mengajukan gugatan cerai pada 2008. Semua anak Musk dari Wilson berjenis kelamin pria.
Menurut pengakuan Justine kepada Marie Claire, hanya enam pekan setelah mengajukan cerai, Musk ternyata telah bertunangan dengan seorang aktris AS bernama Talulah Riley. Setelah itu Musk pindah ke Los Angeles dan pada 2010 menikah dengan Riiley.
ADVERTISEMENT
Seperti yang terjadi bersama Justine, lagi-lagi rumah tangga Musk kandas karena ia dan Riley memutuskan untuk bercerai dua tahun kemudian. Pasangan ini sempat rujuk pada 2013 tapi kemudian cerai kembali pada 2016.
Selain bercerai dengan Riley, Musk dikabarkan sempat menjalin hubungan pacaran dengan sejumlah aktris seperti Cameron Diaz pada 2013 dan Amber Heard pada 2016.
Tapi, sebagai 'sultan' tampaknya mencari pasangan bukan hal yang sulit bagi Musk. Kini, Musk sudah punya gandengan lagi yaitu penyanyi pop eksentrik Grimes yang memiliki nama asli Claire Elise Boucher.
4. Jeff Bezos
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86168)
Jeff dan MacKenzie Bezos, pasangan terkaya di dunia. Foto: Danny Moloshok/Reuters
Pasangan Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos sedang menjadi perbincangan hangat. Ini menyusul pengumuman perceraian keduanya pada awal Januari 2019 lalu. Banyak orang yang menyayangkannya karena keduanya telah menjalani bahtera rumah tangga selama 25 tahun.
ADVERTISEMENT
Jeff dan MacKenzie Bezos pertama kali bertemu pada 1993. Ketika itu, MacKenzie menjalani wawancara pekerjaan di perusahaan investasi D.E. Shaw & Co, New York. Saat itu, Jeff menjabat sebagai Senior Vice President di perusahaan tersebut.
Dalam wawancara itu, Jeff bertindak sebagai panelis dan menawarkan pekerjaan di posisi associate research kepada MacKenzie. Dari sinilah keduanya saling mengenal dan banyak berkomunikasi setelahnya.
MacKenzie mengaku dialah yang ingin memulai hubungan dengan Bezos. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Vogue MacKenzie mengaku menyukai gaya tertawa dari Jeff.
"Bagaimana bisa Anda tidak menyukai tawanya itu?" ujar MacKenzie.
Ia mengaku mengajak Jeff makan siang bersama dan hanya tiga bulan setelahnya langsung bertunangan. Proses yang dijalani keduanya memang terbilang sangat cepat. Buktinya tiga bulan setelah bertunangan Jeff dan MacKenzie pun resmi menikah pada 4 September 2003.
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86169)
CEO Amazon, Jeff Bezos, dan MacKenzie Bezos. Foto: Danny Moloshok/Reuters
ADVERTISEMENT
Setahun setelah pernikahan mereka, mereka memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai membangun toko buku online-nya yang kemudian dikenal Amazon. MacKenzie mengaku sepenuhnya mendukung apa yang sedang dibangun Jeff saat itu.
Jeff menawari MacKenzie untuk mengisi posisi akuntan di perusahaannya yang membuatnya menjadi salah satu pegawai pertama Amazon. Pasangan itu meninggalkan kehidupan mereka di New York City dan pindah ke sebuah apartemen di Seattle untuk membantu mewujudkan impian Jeff.
Ketika kekayaan mereka berkembang pesat dan Amazonn semakin besar, pasangan itu berusaha menjaga kehidupan keluarga mereka senormal mungkin. Sampai 2013, MacKenzie masih mengantar keempat anak mereka ke sekolah dan kemudian mengantarkan Jeff ke kantor dengan mobil.
Pasangan Jeff dan MacKenzie telah memiliki empat anak, yang terdiri dari tiga anak laki-laki dan satu anak perempuan.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, pernikahan Jeff dan MacKenzie harus berakhir. Keduanya mengumumkan perceraian pada 9 Januari 2019 lalu lewat sebuah pernyataan resmi bersama. Dalam pernyataan itu terlihat ada perpisahan yang buruk di antara mereka, keduanya menyatakan bersyukur telah menjadi pasangan suami-istri selama ini.
"Jika kita tahu kita akan berpisah setelah 25 tahun, kita akan melakukannya lagi," tulis keduanya, dalam pernyataan tersebut.
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86170)
Jeff Bezos & Lauren Sanchez Foto: Instagram
Tapi siapa sangka, ternyata di balik perceraian itu ada kabar jika Jeff telah berselingkuh dengan seorang presenter bernama Lauren Sanchez. Sebuah pesan mesum yang dikirimkan Jeff kepada Lauren tersebar di pemberitaan dan media sosial. Diketahui pesan ini didapatkan media National Enquirer.
Jeff diduga telah berselingkuh sejak tahun 2018 dengan Lauren.
ADVERTISEMENT
5. Jack Ma
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86171)
Jack Ma dan istri. Foto: AllTechAsia
Jack Ma, yang kini berusia 53 tahun, merupakan pendiri raksasa e-commerce asal China, Alibaba. Ia bertemu dengan istrinya Zhang Ying saat ia kuliah di Hangzhou Normal University. Ma menerima gelar sarjana pada tahun 1988, setelah itu Ma dan sang kekasih, Zhang, melangsungkan pernikahannya.
Jack Ma mendirikan Alibaba pada April 1999, ketika istrinya Zhang telah mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya dan bergabung dengan Ma dalam membangun kerajaan e-commerce itu di Alibaba.
Pada tahun 2004, Alibaba berhasil mencapai titik balik kesuksesan yang penting, ketika ia berhasil mengumpulkan 82 juta dolar AS dari beberapa investor.
5 Kisah Cinta Tokoh Teknologi Dunia, Ada yang Awet dan Kandas (86172)
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali. Foto: ANTARA FOTO/ ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa
Kemudian, akhir tahun itu, Zhang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai General Manager Alibaba dan beralih menjadi ibu rumah tangga. Pasangan ini dikaruniai anak laki-laki, Ma Yuankun dan perempuan, Ma Yuanbao.
ADVERTISEMENT
Zhang menjadi salah satu sosok yang sangat berpengaruh dan selalu ada di sisi Ma sejak awal membangun Alibaba. Keterlibatan sang istri di Alibaba membantu Ma dalam membentangkan sayapnya dan membuat perusahaannya menjadi raksasa e-commerce.
Zhang kini menjadi sosok ibu rumah tangga yang mengurus anak-anaknya. Tapi, semangat dari Zhang terus menemani Ma dalam setiap langkahnya berbisnis dan menjadi salah satu orang terkaya di China.