Tekno & Sains12 September 2020 13:51

7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya

Konten Redaksi kumparan
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302284)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Smartphone layar lipat generasi terbaru Samsung Galaxy Z Fold2 datang dengan spesifikasi yang lebih canggih dari pendahulunya, termasuk desain lebih mewah dan kualitas layar lebih baik. Ada beberapa aspek yang dikembangkan Samsung untuk Galaxy Z Fold2 dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Aspek itu termasuk desain, spesifikasi, hingga fitur, yang sudah tentu mengalami perbaikan sehingga smartphone layar lipat ini lebih nyaman dan canggih.
Tampak dari luar, Galaxy Z Fold2 lebih menarik dengan Layar Penutup (Cover Screen) yang lebih luas dibanding sebelumnya. Tata letak kamera yang baru beserta aksen tegas menambah kesan premium HP 'sultan' ini.
Untuk lebih detailnya, mari kita simak tujuh peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 dibanding Galaxy Fold yang dirilis 2019 lalu.

1. Layar lebih luas

Sempat disinggung di awal, bahwa Galaxy Z Fold2 memiliki keunggulan dari Layar Penutup dan Layar Utama (Main Screen) yang lebih luas. Layar Penutup dengan desain Infinity-O atau notch pada kamera depan memiliki luas 6,2 inci HD+ Super AMOLED Display, yang memberikan kegunaan maksimum saat membuka aplikasi. Bandingkan dengan generasi sebelumnya yang hanya 4,6 inci.
Saat dibuka, Layar Utama Galaxy Z Fold2 membentang dengan ukuran 7,6 inci QXGA+ Foldable Dynamic AMOLED 2X Display capacitive touchscreen yang besar, dengan bezel yang tipis dan kamera depan dengan notch yang diperkecil. Layarnya sudah mendukung refresh rate 120 Hz yang dapat disesuaikan, untuk scrolling dan gameplay yang mulus.
Untuk melengkapi pengalaman pengguna, Samsung Galaxy Z Fold2 hadir dengan suara dinamis terbaik dengan efek stereo yang ditingkatkan dan suara lebih jernih.
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302285)
Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold2 dan Galaxy Fold. Foto: Samsung

2. Desain apik, warna menarik

Beralih ke pembahasan desain. Galaxy Z Fold2 secara keseluruhan terlihat premium dan elegan. Perbedaan dengan generasi sebelumnya terletak pada bodi belakang Galaxy Z Fold2, terutama di bagian kameranya. Diameter kamera Samsung Galaxy Z Fold2 tampak lebih lebar, ditempatkan dalam blok kamera lebar dengan flash di sisinya, bukan di bawah seperti Galaxy Fold generasi pertama.
Bagi mereka yang ingin tampil lebih menonjol, Samsung menawarkan dua warna yang khas, yaitu Mystic Bronze dan Mystic Black. Warna Mystic Bronze menjadi warna yang khas untuk edisi Galaxy Z Fold2 ini, karena memiliki citra yang playful, namun tetap membawa kesan mewah dan premium.
Uniknya, meski memiliki layar cover dan utama yang lebih besar, ukuran Galaxy Z Fold2 lebih compact dan kecil. Ponsel itu memiliki dimensi unfolded: 159.2 x 128.2 x 6.9 mm dan folded: 159.2 x 68 x 16.8 mm, serta bobot 282 gram.
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302286)
Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold2 dan Galaxy Fold. Foto: Samsung

3. Prosesor terbaru

Apa salah satu syarat smartphone bisa dibilang flagship? Sudah tentu memiliki prosesor terbaru di dalamnya. Seperti Galaxy Z Fold2 yang dibekali prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang memiliki core CPU Prime mencapai 3,1 GHz. Ada peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan dengan clock speed 2,84 GHz pada Snapdragon 865.
Di samping itu, chipset Snapdragon 865 Plus ini juga memiliki peningkatan 10 persen lebih baik untuk framerate saat bermain game. Pasalnya, dukungan GPU Adreno 650 yang ada di dalam Snapdragon 865 Plus juga telah mendapatkan peningkatan clock speed.

4. Fitur kamera lebih lengkap

Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki spesifikasi kamera belakang 12MP (wide-angle), 12MP (telephoto) 2x optical zoom, dan 12MP (ultrawide). Sementara, untuk kamera selfie di Layar Penutup dan Layar Utama masing-masing menggunakan 10MP.
Secara spesifikasi tidak ada perbedaan yang jauh jika dibandingkan dengan Galaxy Fold. Namun, bedanya, pada fitur dan pemrosesan gambar, dukungan prosesor Snapdragon 865 Plus membuat hasil foto dan video lebih bagus. Ponsel ini juga didukung RAM 12 GB dan memori internal 256 GB (UFS3.1).
Fitur Kamera andalan Galaxy Z Fold2 menawarkan kontrol dan kualitas kamera level tertinggi pada kelas smartphone flagship. Ada mode Pro Video yang sama dengan Galaxy Note 20 series, Single Take, Bright Night, dan Night Mode. Galaxy Z Fold2 akan membantu kamu mengabadikan momen dalam kualitas yang menakjubkan di segala situasi.
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302287)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung

5. Bodi lebih kokoh

Galaxy Z Fold2 didesain ramping dan terpadu yang memberikan kesan halus dan mewah. Pelindung Ultra Thin Glass kini hadir di layar utama, memberikan tampilan yang lebih premium dan aman dari goresan.
Selain itu, desainnya ditopang oleh Engsel Hideaway, yang pas dengan bodi perangkat dengan mekanisme CAM dan memungkinkan kemampuan berdiri bebas yang memberi daya pada semua pengalaman flex mode baru.
Galaxy Z Fold2 juga menggunakan teknologi sweeper yang telah disempurnakan, sejak diperkenalkan pertama kali pada Galaxy Z Flip. Teknologi ini berada di dalam celah antara bodi dan rumah engsel untuk mengusir debu dan partikel yang tidak diinginkan.
Samsung mengembangkan teknologi sweeper inovatif untuk mencapai tingkat perlindungan yang sama di ruang yang lebih kecil. Engsel Hideaway Galaxy Z Fold2 menghadirkan teknologi pemotongan ramping yang revolusioner, komposisi fiber yang dimodifikasi, dan kepadatan fiber yang disesuaikan.
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302288)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung

6. Ada fitur Flex mode

Teknologi Flex mode memberikan pengguna Galaxy Z Fold2 pengalaman yang baru dan mengesankan. Flex mode pertama kali hadir di Galaxy Z Flip, dan sudah disempurnakan untuk seri terbaru ini.
Faktor bentuk lipat yang inovatif dan desainnya yang canggih dibawa ke tingkat berikutnya dengan pengalaman mobile yang unik di Galaxy Z Fold2. Galaxy Z Fold2 memasangkan mode Flex dengan App Continuity untuk memberikan kegunaan yang lebih luas, melewati batas antara Layar Penutup dan Layar Utama. Fleksibilitas ini memungkinkan pengguna membuat atau melihat konten yang dikurasi sesuai preferensi, dari dilipat hingga dibuka.
Mode fleksibel yang membentuk Galaxy Z Fold2 seperti laptop ini, akan memudahkan pengguna untuk merekam konten. Dengan fitur Capture View Mode, pengguna tidak perlu keluar dari aplikasi kamera jika ingin melihat foto atau video yang baru saja diambil. Semua bisa dilakukan berkat layar ganda Galaxy Z Fold2.
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302289)
Salah satu keunggulan dari Flex mode di Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Selain itu, fitur Multi-Active Window juga semakin mulus. Pengguna bisa membuka banyak aplikasi secara langsung dalam satu layar. Tidak hanya itu, tata letak aplikasi di layar bisa disesuaikan. Dengan drag and drop, pengguna cukup menyeret teks, gambar, dan dokumen dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya untuk transfer instan.
Berkat antarmuka One UI 2.5 dengan basis Android 11, tampilan aplikasi di Galaxy Z Fold2 sudah disesuaikan dan nyaman dilihat. Peralihan tata letak aplikasi juga cepat dan mudah, antara tata letak Layar Utama atau Layar Penutup.

7. Baterai yang lebih besar

Lompatan besar terjadi pada kapasitas baterai Galaxy Z Fold2 yang kini berukuran 4.500 mAh dual battery. Jadi, tata letak baterai pada Galaxy Z Fold2 dibagi dua bagian yang diklaim akan jauh lebih aman dan memberikan waktu pengisian yang cepat.
Kapasitas baterai yang cukup jumbo ini juga didukung dengan teknologi fast charging 25W, fast wireless charging 11W, dan reverse wireless charging 4,5W. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, aspek baterai pada Galaxy Z Fold2 unggul jauh.
7 Peningkatan Samsung Galaxy Z Fold2 Dibanding Pendahulunya (302290)
Samsung Galaxy Z Fold2. Foto: Samsung
Samsung mulai membuka penjualan perdana HP ‘sultan’ ini dengan sistem pre-order melalui situs www.galaxylaunchpack.com mulai 11 hingga 19 September 2020 seharga Rp 33.888.000.
Selama masa pre-order, pembeli akan langsung mendapatkan bonus Galaxy Buds Live seharga Rp 2,6 juta dengan warna senada Galaxy Z Fold2 yang dipilih. Bukan hanya itu, pembeli juga akan mendapatkan fasilitas Premier Service powered by Samsung Care+ selama satu tahun senilai Rp 2.739.000, yaitu perlindungan perangkat dari kerusakan yang tidak disengaja ataupun akibat terkena cairan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white