Tekno & Sains
·
7 September 2020 15:09

Aksi Prank Kaesang Berburu Penipu Toko Online di WhatsApp dan Instagram

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Aksi Prank Kaesang Berburu Penipu Toko Online di WhatsApp dan Instagram (66366)
Kaesang tiba di launching sang pisang Foto: Moh Fajri/kumparan
Prank terhadap toko online (online shop) penipu tampaknya jadi hobi baru bagi Kaesang Pangarep. Putra bungsu Presiden Jokowi itu pun membagikan kegiatan menjahili online shop penipu melalui di akun Twitter-nya @kaesangp, Senin (7/9).
ADVERTISEMENT
Berdasarkan screenshot yang dibagikan Kaesang di Twitter, setidaknya sudah ada tiga toko online terduga penipu yang 'dikerjai' oleh dirinya. Satu toko di antaranya merupakan penjual pakaian, sedangkan dua toko lain menjual smartphone murah dengan harga yang tidak wajar.
Ketiga toko online yang diduga penipu itu semuanya sama-sama berbasis jualan di Instagram. Ketiganya juga dikerjai dengan cara yang sama oleh Kaesang.
Pertama, Kaesang menghubungi mereka via WhatsApp untuk berpura-pura membeli. Di percakapannya, Kaesang tampak seperti pembeli serius dengan menaruh identitas lengkap, alamat tempat tinggal di Istana Bogor, dan bukti transfer pembayaran.
Toko-toko tersebut pun sempat menimpali WhatsApp Kaesang, sebelum mereka memblokir kontak anak Presiden itu tanpa alasan yang jelas. Setelah percakapan dengan Kaesang tersebut, akun toko-toko online terduga penipu ini langsung dinonaktifkan oleh pemilik mereka.
ADVERTISEMENT
"Belom transfer duitnya tapi saya udah diblok," kata Kaesang sembari menunjukkan salah satu online shop terduga penipu memblokir akun WhatsApp-nya.
Kicauan-kicauan Kaesang yang menjahili toko online terduga penipu ini pun mendapat atensi yang cukup luas oleh netizen Twitter. Di setiap posting-an screenshot yang dia bagikan, dia bisa meraup ratusan retweet dan ribuan like.
Netizen Twitter bahkan merekomendasikan Kaesang sejumlah akun online shop yang diduga penipu kepadanya. Diketahui, rekomendasi dari netizen ini yang bakal dipakai Kaesang untuk menjahili sejumlah toko online terduga penipu.
Meski jahil, aksi prank yang ditampilkan Kaesang di Twitter bisa menimbulkan kesadaran publik mengenai kewaspadaan saat transaksi dengan toko online di Instagram. Berbeda dengan transaksi di e-commerce, aksi jual beli online di media sosial seperti Instagram memang lebih rentan terhadap penipuan karena tak ada pedoman yang mengikat pembeli dan penjual.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa lihat tips untuk mengenali pedagang penipu online di Instagram melalui artikel berikut:
Prank kepada online shop penipu ini bukan jadi tindak jahil pertama Kaesang kepada online shop dagungan.
Pada pekan kemarin, Kaesang sempat membagikan cerita mengenai percobaan aksi penipuan dari sebuah online shop di Instagram kepadanya. Aksi tersebut berujung pemintaan maaf dari pelaku penipu kepada Kaesang, setelah pelaku sadar kalau yang dia coba tipu adalah anak Presiden Jokowi.