kumparan
21 Agustus 2018 10:18

Akun Instagram Kaesang Kembali Normal Setelah 5 Hari Diretas

Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep (Foto: Instagram/@kaesangp)
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, akhirnya mendapatkan kembali akun Instagram-nya, @kaesangp, setelah akun tersebut sempat diretas oleh hacker sehingga ia tak bisa menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Akun Instagram Kaesang sempat diretas jelang momen Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73, tepatnya pada Kamis, 16 Agustus 2018. Bukan cuma akun Instagram, Kaesang juga mengalami peretasan akun Twitter.
"Instagram saya juga sempat kena hack. Saya sampai ganti username, username @kaesangp udah enggak bisa dipakai," tulis Kaesang dalam Instagram Stories di akun @sangpangarep94 yang ia bikin setelah peretasan terjadi.
Akun media sosial Kaesang diretas
Akun media sosial Kaesang diretas (Foto: Instagram/@sangpangarep94)
Menanggapi masalah ini, pihak Instagram kemudian bekerja untuk mengembalikan akun milik putra Presiden Republik Indonesia tersebut. Dan akhirnya pada Selasa (21/8), lima hari berselang sejak peretasan akun tersebut, pihak Instagram berhasil mengembalikan akun Kaesang.
Hari ini akun Instagram @kaesangp sudah tampak kembali normal. Semua foto dan followers-nya yang ada di akun tersebut kembali secara utuh.
ADVERTISEMENT
“Ketika kami mendapatkan laporan mengenai ini, tim internal kami segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Saat ini akun @kaesangp telah kembali normal," ujar perwakilan Instagram kepada kumparan.
Twitter merespons lebih cepat ketimbang Instagram
Selain akun Instagram-nya yang kena sasaran hacker, lima hari lalu Kaesang lebih dulu mengaku akun Twitter miliknya telah diretas. "Twitter saya kena hack. Kalau ada apa-apa dengan Twitter saya, berarti bukan saya," tulis Kaesang, dalam Instagram Stories di akun @sangpangarep94 juga saat itu.
Akun media sosial Kaesang diretas
Akun media sosial Kaesang diretas (Foto: Instagram/@sangpangarep94)
Pihak Twitter juga segera merespons laporan ini dan segera menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan pihak Twitter meresponsnya secara lebih cepat ketimbang Instagram.
Sejak 18 Agustus, hanya berselang dua hari dari laporan pretasan tersebut, akun Twitter Kaesang beralamat @kaesangsp itu telah kembali normal dan disertai dengan centang biru sebagai akun terverifikasi.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan