kumparan
16 Januari 2020 17:03

Alibaba Cloud Umumkan Kerja Sama dengan Telkom dan Indosat

Logo Alibaba
Logo Alibaba di kantor pusat Alibaba Group di Beijing, China. Foto: REUTERS/Stringer
Alibaba Cloud mengumumkan kerja sama strategis dengan dua perusahaan telekomunikasi Indonesia, yakni Telkom dan Indosat Ooredoo. Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya perusahaan data center itu untuk ikut serta dalam pengembangan transformasi digital di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kolaborasi ini diberi nama Partner Alliance Program atau program Aliansi Mitra. Inisiatif ini melibatkan lebih dari 40 mitra ekosistem, termasuk telekomunikasi dan berbagai sektor industri lainnya.
President of International Business Alibaba Cloud Intelligence, Selina Yuan, mengatakan bahwa Indonesia sedang berada di tahap awal transformasi digital. Pihaknya ingin menjadi bagian dalam pertumbuhan itu dan membantu Indonesia mencapai pertumbuhan di bidang teknologi.
Alibaba Cloud
Alibaba Cloud Meluncurkan Program “Digital Talent Empowerment” di Jakarta, Kamis (16/1). Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
“Karena alasan itulah kami meluncurkan ‘Partner Alliance Program’ ini, dengan dukungan mitra lokal kami, seperti Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia, kami berkomitmen untuk memfasilitasi inisiatif transformasi digital sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah Indonesia,” kata Selina, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/1).
Diketahui, Indosat dan Telkom juga memiliki data center sendiri. Menanggapi hal itu, Head of Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen, mengatakan bahwa kerja sama ini akan membuat mereka saling melengkapi satu sama lain.
Alibaba Cloud
Alibaba Cloud. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
“Kita bekerja sama dengan Indosat dan Telkom bisa dilihat dari berbagai perspektif. Di sini kami bisa memberikan layanan untuk hybrid cloud. Dengan layanan ini, meski mereka sudah mempunyai teknologi data center sendiri, namun, kini satu provider bisa memberikan banyak pilihan,” jelas Leon.
ADVERTISEMENT
Selain Indosat dan Telkom, Alibaba Cloud juga bekerja sama dengan perusahaan di bidang keuangan dan asuransi Adira Finance serta perusahaan logistik JNE Express. Ada juga MNC Group dari industri media.
Di Indonesia, Alibaba Cloud sudah bekerja sama dengan lebih dari 40 mitra lokal dari berbagai industri di Indonesia. Saat ini, Alibaba Cloud sudah membangun data center di dua wilayah di Indonesia. Alibaba Cloud sudah melayani 20 wilayah dengan 61 availability zones secara global.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan