kumparan
21 Desember 2018 7:02

Anak 4 Tahun Pakai Asisten Digital Siri untuk Selamatkan Nyawa Ibunya

Beau Austin dan Jess Austin
Beau Austin dan Jess Austin, bersama petugas operator Welsh Ambulance Service. (Foto: Welsh Ambulance Service via Twitter)
Produk Apple kembali berperan dalam aksi penyelamatan nyawa seseorang. Kali ini, anak berusia 4 tahun menggunakan layanan asisten digital Apple yaitu Siri untuk menyelamatkan ibunya yang tidak sadarkan diri.
ADVERTISEMENT
Anak bernama Beau Austin asal Pembrokeshire, South Wales, itu menemukan ibunya, Jess, yang pingsan karena efek samping obat yang ia minum. Beau yang sudah terbiasa berbicara dengan asisten digital seperti Siri dan Alexa, berinisiatif untuk meminta bantuan Siri di iPhone milik ibunya untuk menghubungi nomor darurat Inggris 999.
Setelah terhubung dengan pusat bantuan, Beau mengatakan jika ibunya sakit. "Ibu saya sakit," katanya kepada operator pusat bantuan tersebut, seperti dilaporkan BBC.
Peluncuran perdana iPhone X
Peluncuran perdana iPhone X (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Ketika ibunya mulai sadar untuk mengonfirmasi alamat mereka, ia kemudian kembali jatuh pingsan untuk kedua kalinya. Setelah itu, Beau diarahkan oleh sang operator tentang cara-cara untuk menjaga ibunya agar tetap sadar sampai mobil ambulans tiba.
"Hanya aku dan Beau di rumah sendiri, jadi dia benar-benar melakukannya dengan sangat baik," kata sang ibu, Jess Austin. "Untuk menggunakan Siri seperti itu luar biasa. Aku bahkan tidak tahu kamu bisa melakukan itu di telepon," imbuhnya, kepada Beau.
ADVERTISEMENT
Beau mengaku telah belajar bagaimana meminta Siri untuk meminta bantuan setelah melihatnya di TV.
"Untuk penanganan panggilan, kami dilatih untuk berbicara dengan penelepon melalui potensi keadaan darurat, dan itu adalah pengetahuan Beau tentang teknologi, kesadaran akan alamatnya, dan tetap tenang yang benar-benar membuat perbedaan dan membantu ibunya dan kami," saran Ashley Page, operator Welsh Ambulance Service, yang menerima panggilan telepon dari Beau.
Selain dapat meminta layanan darurat melalui Siri, Apple terus meningkatkan kemampuan produknya untuk mendapatkan bantuan bagi penggunanya secepat mungkin.
Peluncuran iOS 12 mengaktifkan layanan darurat di Amerika Serikat untuk mendapatkan lebih banyak data dari panggilan 911 melalui teknologi RapidSOS. Kemudian, Apple Watch Series 4 menyertakan fitur deteksi jatuh yang dapat meminta bantuan secara otomatis ketika penggunanya terjatuh.
iPhone XS dan iPhone XS Max
iPhone XS dan iPhone XS Max. (Foto: Shannon Stapleton/Reuters)
Kasus penting lainnya di mana produk Apple membantu dalam keadaan darurat adalah ketika fitur SOS Apple Watch yang memanggil bantuan setelah kecelakaan dialami pengemudi mabuk pada akhir tahun 2017 lalu. Kemudian ada juga Siri digunakan untuk memanggil bantuan setelah terjadinya kecelakaan sepeda motor di Australia.
ADVERTISEMENT
Pada Senin (17/12) lalu, terungkap bahwa iPhone berperan penting dalam membantu penyelamatan 8 orang setelah sebuah kapal sewaan mereka karam di lepas pantai Jepang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan