Tekno & Sains15 September 2020 12:57

Apple Bakal Rilis Gadget Baru Malam Ini, Tak Ada iPhone 12?

Konten Redaksi kumparan
Apple Bakal Rilis Gadget Baru Malam Ini, Tak Ada iPhone 12? (713648)
Apple special event "Time flies" 15 September 2020. Foto: Apple
Apple tengah bersiap menggelar acara spesial pada 15 September 2020 pukul 10.00 waktu AS atau 16 September 2020 pukul 00.00 WIB. Acara yang diberi tagline "Time Flies" itu sepenuhnya akan digelar virtual karena pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Untuk perangkat yang akan dikenalkan oleh Apple pada acara tersebut masih menjadi misteri. Banyak analis yang menyebutkan, acara nanti bukan untuk pengenalan iPhone 12 terbaru dari Apple.
Banyak spekulasi kuat bahwa Apple hanya akan mengenalkan perangkat terbaru, seperti Apple Watch dan iPad, kemudian detail tentang iOS 14, dan lainnya di acara spesial pada malam ini. Sementara khusus untuk iPhone 12 akan digelar secara terpisah pada Oktober 2020 mendatang.
Jika benar tidak ada iPhone 12, berarti Apple mengubah tradisinya merilis iPhone generasi baru setiap bulan September.
Sebelum acara spesial dimulai, lebih baik mengetahui gadget lain yang kemungkinan besar akan diperkenalkan oleh Apple pada acara Time Flies malam ini.
Apple Bakal Rilis Gadget Baru Malam Ini, Tak Ada iPhone 12? (713649)
CEO Apple Tim Cook berbicara di atas panggung selama acara peluncuran produk di kantor pusat Apple di Cupertino, California pada 10 September 2019. Foto: AFP/JOSH EDELSON

Apple Watch Series 6

Apple Watch Series 6 akan menjadi bintang baru untuk pasar smartwatch. Perangkat ini diharapkan dibangun berdasarkan desain Watch Series 5 tetapi menambahkan sensor Blood Oxygen Saturation (SpO2), pelacakan tidur, dan fitur elektrokardiogram (EKG) yang ditingkatkan.
ADVERTISEMENT
Apple Watch Series 4 dan 5 saat ini menghasilkan pembacaan EKG yang tidak meyakinkan dengan detak jantung antara 100 dan 120 denyut per menit. Apple Watch Series menghilangkan batasan itu dengan versi aplikasi ECG yang ditingkatkan.
Akhirnya, Apple Watch Series 6 diharapkan secara resmi melepaskan dukungan untuk Force Touch. Force Touch memungkinkan pengguna Apple Watch menekan layar perangkat dengan kuat untuk mengakses konten dan kontrol tambahan, seperti mengubah tampilan jam atau menghapus semua pemberitahuan.
Apple Bakal Rilis Gadget Baru Malam Ini, Tak Ada iPhone 12? (713650)
Salah satu eksekutif Apple, Stan Ng, mengatakan Apple Watch 5 Series punya layar Always-On Retina Display. Foto: Reuters/Stephen Lam
Di watchOS 7, Apple menghentikan fitur Force Touch, dan Apple Watch Series 6 kemungkinan juga akan menghapus komponen perangkat keras dari fungsionalitas tersebut. Perubahan ini seharusnya mengosongkan sebagian ruang di dalam Apple Watch Series 6, tetapi tidak jelas bagaimana Apple dapat menggunakan ruang baru itu untuk digunakan fungsi lain.
ADVERTISEMENT

Apple Watch murah

Apple diperkirakan akan terus menjual Watch Series 5 setelah mengumumkan Series 6, tetapi juga diharapkan mengubah Watch Series 3 termurah saat ini menjadi model Apple Watch baru yang lebih terjangkau.
Rumor menunjukkan Apple Watch baru dengan harga murah akan menggunakan desain Series 4 atau 5 dan kemungkinan menampilkan peningkatan ke chipset Apple S3 Series 3 - mungkin S4 atau S5. Apple Watch ramah kantong ini kemungkinan dijual dengan harga mulai dari 199 dolar AS atau Rp 2,9 juta.

iPad Air 4

Salah satu perangkat yang kemungkinan besar bakal hadir adalah generasi terbaru dari iPad Air. Menurut bocoran pada Agustus lalu, Apple telah mengembangkan iPad Air 4 yang sangat mirip dengan iPad Pro.
ADVERTISEMENT
iPad Air terlihat memiliki menampilkan layar bezeless tanpa tombol Home, namun ada tombol Touch ID yang ada di tombol samping perangkat dan akan ada port USB-C. Ide tombol samping Touch ID di produk Apple pertama kali dibocorkan oleh analis Ming-Chi Kuo.
Dengan asumsi kebocoran terbaru itu akan terjadi peningkatan besar untuk iPad Air, yang terlihat agak kuno dibandingkan dengan iPad Pro. Saat ini iPad Air berada di antara iPad level pemula dan iPad Pro, sambil mengusung desain tertua di antara keduanya. Memberikan tampilan yang lebih segar dan bezel yang lebih ramping akan membantu membuatnya jauh lebih kompetitif.

iOS 14, iPadOS 14, watchOS 7, tvOS 14

Apple biasanya merilis Golden Master (final) Beta iOS 14 tepat setelah pengumuman iPhone bulan September. Kemungkinan itu akan dirilis setelah acara 15 September nanti, sambil sekali lagi membahas detail peranti lunak baru. Dari acara tersebut, biasa dibutuhkan satu minggu untuk bisa dicoba oleh masyarakat umum diperbarui ke iOS 14.
ADVERTISEMENT

Langganan Apple One

Akhirnya Apple dapat merinci bundel langganan One barunya yang akan menggabungkan Apple Music, TV+, Arcade, News+ dan layanan premium lainnya. One diharapkan akan menampilkan setidaknya empat paket terpisah - yang termurah diharapkan adalah Music dan TV+ yang dijual dengan harga 5 dolar AS (Rp 74 ribu) untuk siswa.
Bagi Apple fanboy, sebutan untuk penggemar perangkat Apple, yang penasaran dengan produk atau gadget apa saja yang akan diungkap Apple, serta ada atau tidak iPhone 12 di acara spesial itu, kalian bisa menyaksikan acaranya secara langsung dengan streaming di situs web Apple, channel YouTube Apple, dan aplikasi Apple TV.
Apple Bakal Rilis Gadget Baru Malam Ini, Tak Ada iPhone 12? (713651)
Perusahaan teknologi Apple. Foto: Heinz-Peter Bader/Reuters
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white